Kamis, 23 Mei 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Konsolidasi Guna Penguatan Peran Badan Litbang di Dalam Perumusan Kebijakan Transportasi

Posted by: 12-12-2018 13:52 WIB 242 viewer

Konsolidasi Guna Penguatan Peran Badan Litbang di Dalam Perumusan Kebijakan Transportasi
Foto: Kemenhub

Setiap kementerian atau lembaga diharuskan menyusun sistem perencanaan berjenjang dimulai dari perencanaan jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek, hal ini didasari oleh UU No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan  Pembangunan Nasional. Rencana Strategi (Renstra) Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Perhubungan tahun 2020-2024 merupakan dokumen perencanaan untuk Unit Kerja Eselon I Badan Litbang Perhubungan untuk periode 5 (Lima) tahun.

Background study Renstra Badan Litbang Perhubungan tahun 2020-2024 disusun berdasarkan isu strategis di bidang kelitbangan dan berbagai isu di bidang transportasi, serta berpedoman pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 serta kajian teknokratik Renstra Kementerian Perhubungan Tahun 2020-2024.

“Kementerian Perhubungan memiliki Visi selama 2005-2025 yaitu terwujudkan pelayanan transportasi yang handal, berdaya saing, dan memberikan nilai tambah”, ujar Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Ke depan, saya berharap Badan Litbang Perhubungan mampu menjadi lembaga yang memberikan rekomendasi dalam proses perumusan kebijakan dan rekomendasi pemanfaatan hasil pengembangan teknologi di bidang transportasi, mengoordinasikan pelaksanaan pengkajian kebijakan di Kementerian Perhubungan, melaksanakan pengkajian untuk menetapkan standard teknis, melaksanakan evaluasi kebijakan di bidang transportasi serta menyediakan data hasil kajian kebijakan. Output dan outcome Badan Litbang harus jelas, terukur, dan terarah” di Jakarta Pusat, Hari Rabu (12/12).

Melalui perkembangan Megatrend 2045 dan Revolusi Industri 4.0 serta dengan memperhatikan tantangan ke depan di bidang transportasi, lembaga penelitian dituntut untuk dapat merespon berbagai isu melalui pengkajian dan rekomendasi kebijakan.

“Konektivitas dan interaksi pembangunan dengan dunia digital akan semakin meningkat melalui teknologi informasi dan komunikasi”, lanjut Menhub.

Menurut Menhub, isu rencana perubahan peran Badan Litbang Perhubungan diharapkan mampu memberikan gagasan munculnya inovasi-inovasi pembangunan, strategi dan kebijakan terutama di bidang transportasi. Badan Litbang harus mampu menjadi tim think thank Kementerian, sehingga bukan lagi menjadi supporting bodies tapi masuk ke dalam internal business process dalam pengambilan kebijakan di Kementerian Perhubungan sehingga penguatan organisasi Badan Litbang di Kementerian Perhubungan dapat tercapai dengan baik.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Gandeng Pertamedika, BRIsyariah Berikan Solusi Transaksi Keuangan Syariah

Gandeng Pertamedika, BRIsyariah Berikan Solusi Transaksi Keuangan Syariah
JAKARTA, INFOBRAND.ID - BRIsyariah dan PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) – anak usaha Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang industri...


WIKA Dukung Rencana Pemindahan Ibukota Baru

WIKA Dukung Rencana Pemindahan Ibukota Baru
JAKARTA, INFOBRAND.ID – PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) turut mendukung rencana pemerintah terkait dengan upaya pemindahan Ibukota Negara....


BRIsyariah Bekali Anak Yatim Piatu Ilmu Keuangan Syariah di Halal Park Jakarta

BRIsyariah Bekali Anak Yatim Piatu Ilmu Keuangan Syariah di Halal Park Jakarta
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Bank BRIsyariah Tbk (BRIsyariah) membekali puluhan anak yatim piatu dengan ilmu keuangan syariah dalam acara Kelas Kreatif...


Mulai Hari Ini Tarif MRT Berlaku Normal, Ini Besarannya!

Mulai Hari Ini Tarif MRT Berlaku Normal, Ini Besarannya!
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Setelah memberikan diskon 50% selama kurang lebih satu bulan terakhir, akhirnya mulai hari ini, Senin (13/5/2019) PT Mas...