Sabtu, 28 Maret 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Laporan UNDP: Indeks Pembangunan Manusia RI Masuk Kategori Tinggi

Posted by: 12-12-2019 10:07 WIB 423 viewer

Laporan UNDP: Indeks Pembangunan Manusia RI Masuk Kategori Tinggi
Rima Prama Artha, Ekonom UNDP Indonesia; Valerie Cliff, Wakil Direktur UNDP Asia dan Pasifik; Christophe Bahuet, Kepala Perwakilan UNDP Indonesia; Tomi Soetjipto, Kepala Komunikasi UNDP Indonesia

JAKARTA, INFOBRAND.ID - United Nations Development Program (UNDP) merilis laporan indeks pembangunan manusia (IPM) Indonesia yang mencapai 0,707 pada tahun 2018 lalu. Nilai tersebut membuat Indonesia masuk dalam kategori kelompok negara dengan IPM tinggi untuk pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir sekaligus memposisikannya di peringkat 111 dari 189 negara dan wilayah.

“Masuk kelompok negara dengan status pembangunan tinggi adalah tonggak bersejarah bagi Indonesia. Prestasi ini adalah hasil dari komitmen nasional yang kuat untuk pembangunan manusia, yang tidak hanya mencakup pertumbuhan ekonomi tetapi juga kesejahteraan masyarakat, khususnya kesehatan dan pendidikan yang diukur oleh IPM,” kata Kepala Perwakilan UNDP Indonesia Christophe Bahuet dalam keterangan tertulisnya.

Laporan UNDP menyebutkan, sepanjang tahun 1990 sampai 2018 lalu, nilai IPM Indonesia meningkat dari 0,525 menjadi 0,707 atau meningkat 34,6 persen. Selama periode yang sama, harapan hidup saat lahir meningkat 9,2 tahun menjadi 71,5 tahun, rata-rata lama sekolah meningkat 4,7 tahun menjadi 8 tahun dan harapan lama sekolah meningkat 2,8 tahun menjadi 12,9 tahun.

Di sisi lain, Gross National Income (GNI) meningkat sekitar 155,9 persen, dari 4,399 dollar AS (1990) menjadi 11,256 dollar AS (2019).

Selain itu, laporan UNDP juga mengingatkan pentingnya upaya-upaya yang lebih maksimal dalam pencegahan ketimpangan di Indonesia. Menurut UNDP, bila ketimpangan dimasukkan dalam pengukuran, maka nilai IPM Indonesia bisa anjlok sampai 17,4 persen.

“UNDP akan terus menjadi mitra Indonesia untuk kemajuan lebih lanjut dalam pembangunan manusia,” pungkasnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Peluang & Tantangan Brand di Era 4.0

Peluang & Tantangan Brand di Era 4.0
Integrasi penggunaan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi atau dikenal dengan Era 4.0 sejatinya berpusat pada otomatisasi teknologi yang secara l...


Membangun Corporate Image Melalui Media Digital

Membangun Corporate Image Melalui Media Digital
Public Relation (PR) adalah sebuah profesi yang sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Hanya bedanya, dulu sebelum internet berkembang pesat seper...


Hasil Survei TRAS N CO Indonesia:  5 Kategori Produk yang Sukses Bangun Reputasi Brand di Digital

Hasil Survei TRAS N CO Indonesia: 5 Kategori Produk yang Sukses Bangun Reputasi Brand di Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID – TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting terkemuka yang mendedikasikan diri terhadap penelitian, perkembangan...


Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?

Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini media sosial menjadi salah satu sumber utama netizen untuk mencari berita, info produ...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index