Brand Marcks dan Venus Cosmetic milik PT. Kimia Farma yang telah berdiri sejak puluhan tahun lamanya serta telah banyak mengeluarkan produk-produk yang selalu menjadi andalan masyarakat hingga saat ini, menunjukan bahwa Marcks dan Venus Cosmetic selalu aktif dalam perkembangan zaman, termasuk di era digital seperti saat ini.
Tri Tunggala Hariyanti selaku Marketing Manager Kosmetik PT.Kimia Farma mengaku, “ Kimia Farma telah aktif didunia digital untuk brand kosmetik kimia farma seperti Marcks dan Venus, sudah sejak awal tahun 2016,” ujar Tri kepada INFOBRAND.ID.
Meskipun begitu Tri juga mengungkapkan jika efektifitas hasil digital marketing bagi Marcks dan Venus cukup signifikan, walaupun secara data research belum Kimia Farma lakukan, khusus untuk brand Marcks dampaknya sangat signifikan baik untuk pertumbuhan sales maupun awarness.
Marcks dan Venus juga menggunakan beberapa media sosial yang dipergunakan sebagai media untuk melakukan promosi digital marketing.
“Platform yang saat ini kami lakukan di sosmed Instagram, Facebook, dan Twitter. Pertumbuhan followers maupun engagementnya baik di Marcks dan Venus sangat signifikan, kami juga menggunakan platform Google Ads, Endorsement Selebgram, Beauty Blogger, Sosmed Ads,” terang Tri.
Benar saja saat ini Marcks dan Venus Cosmetic telah banyak memiliki Fans media sosial yang patut untuk diperhitungkan, bayangkan saja saat ini Marcks Venus Cosmetic telah memiliki ribuan fans, yang dibagi di berbagai akun media sosial setiap produk Kimia Farma.
“Saat ini followers Instagram Marcks sebanyak 40.600 Followers, Twitter 1.950 Followers, Instagram Venus sebanyak 24.703 followers, Facebook 24.703 Followers, dan Twitter 2.025 Followers,” terang Tri.
Angka-angka tersebut tentunya akan dijadikan motivasi bagi Marcks dan Venus sendiri untuk terus gencar dalam melakukan branding produk-produknya di dunia digital.
Tri juga ungkapkan beberapa strategi digital marketing yang saat ini tengah Marcks dan Venus Cosmetic lakukan.
“Kita memiliki 3 strategi dalam strategi marketing, yaitu: pertama Content Life style, Info produk, games/kuis, endorsement, video, life story, life consultation, Kedua SEO, dan terakhir Engagement secara offair maupun online,” ungkap Tri.
Kedepan target Marcks dan Venus Cosmetic melalui digital promotion ini adalah mampu achieve target sosmed di masing-masing platform.
“Target 2018 kami mampu mencapai 100 ribu followers dari masing-masing media sosial yang dimiliki oleh produk-produk kami, dan memiliki engagement yang baik, selain itu engagement melalui Website & channel Youtube serta E-commerse,” tutup Tri.