Jum'at, 19 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Masuki Tren AI, Apple Luncurkan Chip M4

Posted by: 340 viewer

Masuki Tren AI, Apple Luncurkan Chip M4
Chip M4 dari Apple/Istimewa

INFOBRAND.ID, JAKARTA - Apple baru-baru ini mengumumkan secara resmi memperkenalkan kehadiran chip M4 sebagai chip yang dapat mendukung kinerja kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Hal ini menandakan Apple resmi mengikuti tren AI dalam perangkatnya, layaknya para pesaing di industri teknologi masa kini. Chip M4 hadir dengan Neural Engine tercepat yang bisa dikembangkan Apple dan mampu melakukan hingga 38 triliun operasi per detik.

Apple mengklaim kemampuan itu lebih cepat daripada unit pemrosesan saraf AI pada perangkat mana pun saat ini. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Dikatakan SVP of Hardware Technologies Apple Johnny Srouji, hadirnya M4 di perangkat terbaru Apple, yakni iPad Pro menjadi contoh perangkat dengan dukungan AI paling efisien saat ini.

“Kinerja M4 yang hemat daya, dengan mesin tampilan barunya, memungkinkan desain tipis dan tampilan inovatif pada iPad Pro, sementara peningkatan mendasar pada CPU, GPU, Neural Engine, dan sistem memori menjadikannya sangat cocok untuk digunakan pada aplikasi terbaru yang memanfaatkan AI," kata dia dalam keterangan resminya dikutip Rabu (8/5/2024).

Secara lebih rinci, Srouji menambahkan, chip M4 memiliki hingga 10 inti Central Processor Unit (CPU), 4 inti di antaranya adalah inti kinerja dan 6 adalah inti efisiensi.

CPU ini diklaim 1,5x lebih cepat dibandingkan M2 di iPad Pro sebelumnya yang rilis di 2022, namun secara mencolok tidak ada perbandingannya dengan M3. Chip ini dibangun pada proses 3nm generasi kedua, dan telah mendukung kinerja optimal pada layar OLED lewat ProMotion 10Hz-120Hz.

Sementara di bagian Graphic Processor Unit (GPU) memiliki 10 inti dan ray tracing yang dipercepat perangkat keras. M4 juga dikatakan memberikan performa yang sama dengan M2 hanya dengan menggunakan separuh daya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Apalagi, M4 memiliki dukungan untuk akselerasi perangkat keras codec AV1, selain H.264, HEVC, dan ProRes. Untuk Debutnya, chipset ini terasa lengkap karena langsung dihadirkan melalui gawai iPAd Pro 2024.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Huawei FreeBuds 6i, TWS di Bawah Rp1 Juta dengan Fitur Flagship

Huawei FreeBuds 6i, TWS di Bawah Rp1 Juta dengan Fitur Flagship
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Huawei Device Indonesia turut menghadirkan perangkat audio terbarunya Huawei Freebuds 6i sebagai True Wireless Stereo (TWS) ya...


Rayakan Ulang Tahun, Wuling Hadirkan Kendaraan Edisi Khusus

Rayakan Ulang Tahun, Wuling Hadirkan Kendaraan Edisi Khusus
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Wuling Motors menghadirkan kendaraan edisi khusus untuk merayakan ulang tahun ketujuh kehadirannya di pasar otomotif Indonesia...


BCA Digital Luncurkan Akun Rekening untuk Anak dan Remaja

BCA Digital Luncurkan Akun Rekening untuk Anak dan Remaja
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Digital BCA (BCA Digital) meluncurkan akun rekening untuk calon nasabah anak dan remaja yang berusia antara 12 hingga...


Mitsubishi FUSO Luncurkan eCanter dan Inovasi Unggulan di GIIAS 2024

Mitsubishi FUSO Luncurkan eCanter dan Inovasi Unggulan di GIIAS 2024
INFOBRAND.ID - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia, baru-baru ini memperkenalkan...