Ahad, 23 Februari 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Mau Usaha Tapi Kepentok Modal? 3 Lembaga Ini Bisa Jadi Solusi

Posted by: 30-12-2019 10:54 WIB 607 viewer

Mau Usaha Tapi Kepentok Modal? 3 Lembaga Ini Bisa Jadi Solusi
Ilustrasi peminjaman modal usaha

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Menjadi seorang pengusaha adalah impian semua orang. Tapi yang selalu menjadi kendala atau penghambat niat baik tersebut adalah masalah modal. Sehingga terkadang sebuah usaha yang sudah diniatkan menjadi terhambat di tengah jalan.

Tapi jangan khawatir, mengutip dari berbagai sumber, INFOBRAND.ID telah merangkum 3 lembaga pinjaman modal yang mungkin saja bisa menjadi solusi bagi anda yang berencana untuk membuka usaha tahun depan. Apa saja?

Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Program pembiayaan pemerintah ini ditujukan untuk membantu UKM memperoleh akses permodalan dari lembaga keuangan (swasta atau pemerintah). Syaratnya, bisnis tersebut merupakan bisnis berkelanjutan yang belum dapat mengakses layanan perbankan.

Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia No. 11 Tahun 2017, KUR dapat memberikan bantuan permodalan hingga Rp500 juta dengan tiket bunga yang cenderung lebih rendah (7% per tahun).

Selain memberikan pinjaman dengan bunga rendah, KUR juga menyediakan subsidi antara 5,5%-14% dari jumlah pinjaman yang diberikan (sudah termasuk biaya imbal jasa penjaminan dan penagihan).

Pinjaman dari Bank

Selain KUR, pinjaman multiguna atau Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari bank bisa jadi solusi buat anda yang ingin memulai sebuah usaha. KTA dapat menjadi pilihan tepat bagi pelaku bisnis yang tidak memiliki jaminan bisnis tetapi dianggap memenuhi syarat oleh lembaga perbankan.

Adapun modal yang ditawarkan bank bisa mencapai nominal kecil (kurang dari Rp300 juta) dengan tingkat bunga yang lebih tinggi.

Untuk itu, peminjam disarankan mengambil jangka waktu pinjaman yang lebih pendek. Opsi pinjaman ini cocok bagi calon pengusaha yang mencari jumlah pinjaman yang tidak besar dan cukup untuk menopang bisnis atau memulai proyek mereka.

Layanan Peer-to-Peer (P2P) Lending

P2P menjadi solusi lain yang bisa anda pilih. Namun pastikan P2P yang dipilih telah tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Penyedia layanan P2P biasanya memiliki tingkat bunga yang relatif lebih tinggi, mencapai nilai maksimum 0,8% per hari.

P2P bekerja dengan menghubungkan peminjam dan pemberi pinjaman melalui layanan online. OJK juga mendorong perusahaan penyedia layanan P2P mengucurkan 20% dana mereka ke sektor produktif.

Mengingat, jumlah pengeluaran per akun yang tinggi (mencapai Rp2 miliar), layanan ini dapat menjadi opsi yang tepat bagi mereka yang membutuhkan jumlah kredit tinggi tetapi dapat mengembalikannya dalam waktu singkat.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda yang ingin membuka usaha di tahun 2020 nanti.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?

Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini media sosial menjadi salah satu sumber utama netizen untuk mencari berita, info produ...


Survei TRAS N CO Indonesia: Industri Perbankan Paling Aktif di Dunia Digital PR

Survei TRAS N CO Indonesia: Industri Perbankan Paling Aktif di Dunia Digital PR
JAKARTA, INFOBRAND.ID – TRAS N CO Indonesia dan media INFOBRAND.ID sepanjang November 2019 hingga Januari 2020 lalu melakukan survei Top Digital...


Ini Dia Merek Tepung Ayam Goreng Paling Dicari di Internet

Ini Dia Merek Tepung Ayam Goreng Paling Dicari di Internet
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Ayam goreng tepung merupakan salah satu variasi menggoreng ayam yang paling banyak digemari oleh para pecinta kuliner di...


Ini Top 10 Waralaba di Tahun 2020, Berdasarkan Survey TRAS N CO dan FRANCHISEGLOBAL.COM

Ini Top 10 Waralaba di Tahun 2020, Berdasarkan Survey TRAS N CO dan FRANCHISEGLOBAL.COM
INFOBRAND.ID - Tahun 2020, sebagian orang percaya tahun ini adalah tahun tikus logam. Lalu apa pendapat para pelaku bisnis terkait pertumbuhan bisnis...