Kamis, 26 November 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Menengok Sejarah Panjang Perusahaan Pembiayaan BAF

Posted by: 10-01-2020 11:51 WIB 2677 viewer

Menengok Sejarah Panjang Perusahaan Pembiayaan BAF
Peluncuran logo baru BAF (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.IDPT Bussan Auto Finance (BAF) merupakan salah satu perusahaan leasing ternama di Indonesia yang awalnya hanya melayani pembiayaan untuk sepeda motor baru Yamaha saja. Tapi seiring berjalannya waktu, BAF mulai merambah melayani pembiayaan motor bekas untuk berbagai merek.

Tak hanya itu, kini BAF juga melayani pembiayaan dana syariah yang merupakan produk pembiayaan berbasis syariah, pembiayaan multiproduk yang meliputi peralatan elektronik dan rumah tangga, pembiayaan mesin pertanian serta pembiayaan mobil baru untuk berbagai merek.

Namun jauh sebelum itu, BAF memiliki sejarah perjalanan yang cukup panjang. Seperti apa?

Perjalanan BAF diawali pada tahun 1995 silam dengan nama PT Pembiayaan Getraco Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan. Di tahun 1997, BAF menjadi perusahaan joint venture antara PT Danamon Sanggrahan, Mitsui dan Yamaha yang fokus pada pembiayaan sepeda motor baru.

Di tahun yang sama, tepatnya pada 24 September 1997, nama perseroan berubah menjadi PT Danamon Mits Otomotif Finance. Kemudian di tahun 1998, Mitsui & Co., Ltd. menjadi pemegang saham utama dengan kepemilikan saham sebesar 75%. Sedangkan sisanya dimiliki oleh PT Lenggara Gunasejahtera (15%), Yamaha Co., Ltd. Jepang (7%) dan PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (3%).

“Sebagai akibat dari akuisisi tersebut, nama perseroan diubah menjadi PT Bussan Auto Finance dengan fokus bisnis tetap sebagai perusahaan pembiayaan sepeda motor baru khusus merek Yamaha,” ungkap Presiden Direktur BAF, Lynn Ramli pada INFOBRAND.ID.

Lynn mengungkapkan, pada tahun 2004, seluruh saham milik PT Lenggara Gunasejahtera dijual kepada PT Mitsui Indonesia. Kemudian di tahun 2013, perseroan melakukan peningkatan modal melalui penerbitan saham baru yang seluruhnya diambil bagian oleh PT Ciptadana Capital, salah satu perusahaan afiliasi dari Grup Lippo dan Yamaha.

Kemudian masuk di tahun 2018, Mitsui & Co., Ltd. Menambah kepemilikan sahamnya dengan mengakuisisi seluruh kepemilikan saham PT Ciptadana Capital, sehingga komposisi pemegang saham perseroan menjadi Mitsui & Co., Ltd. sebesar 68,3%, PT Mitsui Indonesia sebesar 11,7%, Yamaha Motor Co., Ltd. sebesar 17,7% dan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebesar 2,3%.

Pada tahun 2019, Mitsui & Co., Ltd. menjual sebagian kepemilikan sahamnya bersamaan dengan PT Mitsui Indonesia yang menjual seluruh kepemilikan sahamnya kepada PT Sinergi Autoindo Abadi sehingga komposisi pemegang saham Perseroan hingga saat ini menjadi Mitsui & Co., Ltd. sebesar 65,0%, Yamaha Motor Co., Ltd. sebesar 17,7%, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebesar 2,3% dan PT Sinergi Autoindo Abadi sebesar 15%.

“Seiring pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan masyarakat, BAF terus berinovasi untuk menjadi solusi pembiayaan bagi kebutuhan masyarakat. BAF tidak hanya menyediakan produk pembiayaan sepeda motor baru merek Yamaha tetapi juga pembiayaan motor bekas untuk berbagai merek, Dana Syariah yang merupakan produk pembiayaan berbasis syariah, pembiayaan multiproduk yang meliputi peralatan elektronik dan rumah tangga, pembiayaan mesin pertanian, serta pembiayaan mobil baru untuk berbagai merek,” jelasnya.

Per 30 September 2019, BAF telah beroperasi di 233 lokasi di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 191 kantor cabang dan 42 point of services (“POS”) yang didukung oleh lebih dari 7.000 karyawan.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Penjualan Mobil Eks Bluebird Meningkat Selama Pandemi

Penjualan Mobil Eks Bluebird Meningkat Selama Pandemi
Jakarta, INFOBRAND.ID – Selama pandemi, penjualan mobil eks Bluebird Group mengalami peningkatan. Bluebird mengatakan penjualan dari mobil eks l...


Pasarkan Smartphone 5G di Indonesia, OPPO Minta Izin Kominfo

Pasarkan Smartphone 5G di Indonesia, OPPO Minta Izin Kominfo
Jakarta INFOBRAND.ID – Sejumlah produsen smartphone telah meluncurkan smartphone dengan tekonologi terbaru yang dilengkapi teknologi 5G. Salah s...


Tren Gowes Makin Ramai, EIGER Luncurkan Produk Cycling Terbaru

Tren Gowes Makin Ramai, EIGER Luncurkan Produk Cycling Terbaru
Jakarta, INFOBRAND.ID – Tren gowes atau menggunakan sepeda sebagai alat olahraga semakin marak. Terutama selama pandemi, penggunaan sepeda...


Nikmat Group Resmikan Outlet Gildak ke-11 di Kawasan Kemang

Nikmat Group Resmikan Outlet Gildak ke-11 di Kawasan Kemang
JAKARTA - Berangkat dari kegemaran menyantap kuliner street food khas Korea, selebritas Ririn Ekawati kembali menjalin kerjasama dengan Nikmat Group d...