Ahad, 31 Mei 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Menjadi Brand Champion di Hati Konsumen

Posted by: 02-04-2020 12:43 WIB 592 viewer

Menjadi Brand Champion di Hati Konsumen
Sumber : Istimewa

Brand yang sukses adalah brand yang memiliki tingkat popularitas tinggi, penjualan produk tinggi dan review yang baik dari konsumen dibandingkan kompetitor. Berangkat dari hal tersebut, pelaku brand Indonesia dapat mendorong produknya masuk di level peringkat tiga teratas di kategorinya dengan tiga tolak ukur di atas.

Pertanyaan yang timbul, bagaimana menentukan langkah-langkah yang tepat itu agar mendulang kesuksesan yang diinginkan. Jawabannya sederhana. Antara lain, brand yang sukses berarti memiliki kemampuan mapping kompetisi. Selanjutnya, memiliki strategi yang detail serta dieksekusi secara maksimal. Terakhir mereviewnya, catatannya ketika pelaku brand membuat tahapan tersebut maka harus dipastikan dapat tepat sasaran.

Langkah penting selanjutnya adalah memiliki kemampuan dalam menjalankan dan mempertahankan ekosistem bisnisnya. Dalam dialek Inggris, kemampuan berkesinambungan bisnis lebih jamak disebut sustainability. Disisi lain, semua tahapan itu tentu tergantung pada produknya. Sehingga inovasi menjadi salah satu kunci sustainability suatu brand.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebab ketika konsumen membeli suatu produk tidak ada suatu updating, kreatifitas atau inovasi maka konsumen akan berada pada tahap jenuh. Seketika, saat kompetitor mengeluarkan inovasi yang lebih menarik dengan kualitas baik dan harga yang tepat, maka konsumen dengan mudahnya pindah. Sehingga penting mempertahankan brand kita di hati masyarakat. Hal inilah yang juga dilakukan oleh brand-brand established, mereka akan continue melakukan inovasi. Upaya tersebut mereka lakukan dalam rangka menjaga pasar dan menumbuhkan pasar.

Hal yang menjadi menarik, ketika brand kita merupakan pemain baru di sebuah kategori. Tantangannya tentu akan ada banyak kompetitor. Tahapan yang bisa dilakukan, pertama adalah mengukur kemampuan. Jika dinilai sulit memenangkan persaingan, sudah pasti langkah yang diambil adalah membuat new category atau new innovation yang belum dilakukan oleh kompetitor sebelumnya. Hal inilah yang dapat memungkinkan pelaku brand memenangkan persaingan di tiga teratas.

Jika dinilai semua upaya menjadi brand champion telah optimal. Maka dalam menyongsong tahun 2020, saya mengajak para pelaku brand melakukan review sepanjang 2019. Atau dalam satu tahun terakhir melakukan program apa dan hasilnya apa? Biasanya program di 2020 tidak jauh berbeda dari tahun 2019, katakanlah 70% melanjutkan program di 2019 adapun 30% sebagai upaya improvement program untuk pengembangan pasar yang lebih luas.

Akhir kata, Saya ucapkan selamat kepada para pelaku brand yang telah sukses menjajaki era digital. Bahkan apresiasi juga bagi brand yang telah menjajaki pasar ASEAN atau global untuk membuka pasarpasar baru.

 

Tri Raharjo

Chairman TRAS N CO INDONESIA & Indonesia Brand Network (IBN)


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Survei Alvara: Perilaku Publik Selama Pandemi Covid-19

Survei Alvara: Perilaku Publik Selama Pandemi Covid-19
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Sejak tanggal 2 Maret 2020, virus corona atau covid-19 telah masuk Indonesia dan telah menyebar ke seluruh Indonesia. An...


8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19

8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Konsultan Brand ETNOMARK melakukan riset untuk mengenali gaya perilaku masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini. Sedi...


WFH Karena Corona, 5 Aplikasi Ini Bisa Jadi Rekomendasi Untuk Meeting Online

WFH Karena Corona, 5 Aplikasi Ini Bisa Jadi Rekomendasi Untuk Meeting Online
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pada pertengahan Maret 2020 lalu, Presiden Joko Widodo telah memberikan instruksi kepada berbagai perusahaan yang ada di...


Perangi Virus Corona, Program CSR Jadi Strategi Jitu Bangun Citra Perusahaan

Perangi Virus Corona, Program CSR Jadi Strategi Jitu Bangun Citra Perusahaan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bencana wabah virus corona (Covid-19) yang terjadi di Indonesia semakin mengkhawatirkan masyarakat. Dampaknya pun telah dirasa...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index