Senin, 21 Juni 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Menjadi Brand Champion di Hati Konsumen

Posted by: 02-04-2020 12:43 WIB 1584 viewer

Menjadi Brand Champion di Hati Konsumen
Sumber : Istimewa

Brand yang sukses adalah brand yang memiliki tingkat popularitas tinggi, penjualan produk tinggi dan review yang baik dari konsumen dibandingkan kompetitor. Berangkat dari hal tersebut, pelaku brand Indonesia dapat mendorong produknya masuk di level peringkat tiga teratas di kategorinya dengan tiga tolak ukur di atas.

Pertanyaan yang timbul, bagaimana menentukan langkah-langkah yang tepat itu agar mendulang kesuksesan yang diinginkan. Jawabannya sederhana. Antara lain, brand yang sukses berarti memiliki kemampuan mapping kompetisi. Selanjutnya, memiliki strategi yang detail serta dieksekusi secara maksimal. Terakhir mereviewnya, catatannya ketika pelaku brand membuat tahapan tersebut maka harus dipastikan dapat tepat sasaran.

Langkah penting selanjutnya adalah memiliki kemampuan dalam menjalankan dan mempertahankan ekosistem bisnisnya. Dalam dialek Inggris, kemampuan berkesinambungan bisnis lebih jamak disebut sustainability. Disisi lain, semua tahapan itu tentu tergantung pada produknya. Sehingga inovasi menjadi salah satu kunci sustainability suatu brand.

Sebab ketika konsumen membeli suatu produk tidak ada suatu updating, kreatifitas atau inovasi maka konsumen akan berada pada tahap jenuh. Seketika, saat kompetitor mengeluarkan inovasi yang lebih menarik dengan kualitas baik dan harga yang tepat, maka konsumen dengan mudahnya pindah. Sehingga penting mempertahankan brand kita di hati masyarakat. Hal inilah yang juga dilakukan oleh brand-brand established, mereka akan continue melakukan inovasi. Upaya tersebut mereka lakukan dalam rangka menjaga pasar dan menumbuhkan pasar.

Hal yang menjadi menarik, ketika brand kita merupakan pemain baru di sebuah kategori. Tantangannya tentu akan ada banyak kompetitor. Tahapan yang bisa dilakukan, pertama adalah mengukur kemampuan. Jika dinilai sulit memenangkan persaingan, sudah pasti langkah yang diambil adalah membuat new category atau new innovation yang belum dilakukan oleh kompetitor sebelumnya. Hal inilah yang dapat memungkinkan pelaku brand memenangkan persaingan di tiga teratas.

Jika dinilai semua upaya menjadi brand champion telah optimal. Maka dalam menyongsong tahun 2020, saya mengajak para pelaku brand melakukan review sepanjang 2019. Atau dalam satu tahun terakhir melakukan program apa dan hasilnya apa? Biasanya program di 2020 tidak jauh berbeda dari tahun 2019, katakanlah 70% melanjutkan program di 2019 adapun 30% sebagai upaya improvement program untuk pengembangan pasar yang lebih luas.

Akhir kata, Saya ucapkan selamat kepada para pelaku brand yang telah sukses menjajaki era digital. Bahkan apresiasi juga bagi brand yang telah menjajaki pasar ASEAN atau global untuk membuka pasarpasar baru.

 

Tri Raharjo

Chairman TRAS N CO INDONESIA & Indonesia Brand Network (IBN)


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Mie Instan Jadi Makanan Paling Dicari di Kala Pandemi

Mie Instan Jadi Makanan Paling Dicari di Kala Pandemi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Mie instan, biskuit, kopi instan, deterjen dan penyedap rasa menjadi produk paling dicari oleh konsumen Indonesia selama masa...


Ikuti Google Trends Pengrajin Perak Temukan Desain Baru yang Disukai Konsumen

Ikuti Google Trends Pengrajin Perak Temukan Desain Baru yang Disukai Konsumen
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi COVID-19 telah berlangsung di Indonesia selama lebih dari satu tahun. Tidak hanya menjadi tantangan dalam kesehatan, p...


Kisah Rumah Anggrek Vita Orchids, Sukses Manfaatkan YouTube untuk Dekat dengan Pelanggan

Kisah Rumah Anggrek Vita Orchids, Sukses Manfaatkan YouTube untuk Dekat dengan Pelanggan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi COVID-19 telah berlangsung di Indonesia selama lebih dari satu tahun. Tidak hanya menjadi tantangan dalam kesehatan, p...


Solusi Maskapai Penerbangan Bangkit di Tengah Pandemi  

Solusi Maskapai Penerbangan Bangkit di Tengah Pandemi  
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung satu tahun lebih telah berdampak pada perkembagan bisnis di dunia. Salah satu industri...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

OPINIONS




Index