Rabu, 29 Januari 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Menperin Targetkan Pertumbuhan Industri di 2020 Sentuh 5,3%

Posted by: 08-01-2020 14:30 WIB 360 viewer

Menperin Targetkan Pertumbuhan Industri di 2020 Sentuh 5,3%
Ilustrasi industri manufaktur. ( AFP/BAY ISMOYO)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan pertumbuhan industri dapat menyentuh angka 4,80% - 5,30% di tahun 2020. Hal ini disampaikannya pada saat menggelar jumpa pers Kementerian Perindustrian mengenai ‘Kinerja Tahun 2019 dan Outlook Pembangunan Industri Tahun 2020’ di Jakarta, Senin (6/1) kemarin.

“Untuk itu kami terus mendorong terkait jaminan ketersediaan bahan baku sehingga adanya keberlanjutan produktivitas. Hal ini menjadi salah satu upaya menciptakan iklim usaha yang kondusif,” kata Menperin Agus.

Menperin menambahkan, kontribusi PDB industri pengolahan nonmigas terhadap total PDB pada tahun 2019 diperkirakan 17,58 – 17,70%. Pada tahun 2020, kontribusi tersebut bakal menanjak menjadi 17,80 – 17,95% seiring dengan pertumbuhan PDB industri pengolahan nonmigas yang semakin membaik.

“Selama ini, sektor industri memiliki peranan yang strategis karena konsisten memberikan kontribusi terbesar pada perekonomian nasional. Apalagi, aktivitas industri membawa efek ganda yang luas bagi peningkatan nilai tambah bahan baku dalam negeri, penyerapan tenaga kerja lokal, dan penerimaan devisa dari ekspor,” paparnya.

Oleh karena itu, pemerintah gencar menarik investasi, khususnya bagi sektor industri yang berorientasi ekspor, menghasilkan produk substitusi impor, berbasis teknologi tinggi, dan sektor padat karya. Pada periode Januari-September 2019, nilai investasi sektor industri menembus Rp147,3 triliun, dengan nilai kumulatif sejak tahun 2015 sebesar Rp1.216,2 triliun.

“Kami memproyeksi, nilai investasi di akhir 2019 tercatat sebesar Rp188,8 – 204,6 triliun. Sedangkan pada tahun 2020, investasi sektor industri ditargetkan menyentuh Rp307 – 351 triliun.

Guna memfasilitasi investasi yang masuk di Tanah Air, Pemerintah tetap memprioritaskan penyebaran industri ke luar Pulau Jawa, salah satunya melalui pengembangan kawasan industri prioritas. Pada tahun 2020-2024, ada 27 kawasan industri prioritas yang direncanakan, yaitu 14 di Pulau Sumatera, enam di Kalimantan, satu di Madura, satu di Jawa, tiga di Sulawesi dan Kepulauan Maluku, satu di Papua, serta satu di Nusa Tenggara Barat.

“Pemerintah tengah mengawal beberapa investasi besar sektor industri dari Taiwan dan Amerika Serikat, antara lain CPC Corporation (Taiwan) di sektor industri petrokimia, LiteMax (Taiwan) di sektor industri elektronika dan Smart City, Taiwan Sugar Corp (Taiwan) di sektor industri gula, dan UNICAL (AS) di sektor industri dirgantara,” tutupnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Menperin Optimistis Kinerja Industri Manufaktur Bakal Melambung

Menperin Optimistis Kinerja Industri Manufaktur Bakal Melambung
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita optimistis kinerja industri pengolahan nonmigas masih fase ekspansi pada tr...


Dorong Ekspor Produk UMKM Indonesia ke Timur Tengah, Mendag Kunjungi Lulu Hypermarket Abu Dhabi

Dorong Ekspor Produk UMKM Indonesia ke Timur Tengah, Mendag Kunjungi Lulu Hypermarket Abu Dhabi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menteri Perdagangan mengunjungi retail modern Lulu Hypermarket di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada Senin (13/1). Dalam ku...


Survei BI: Kegiatan Dunia Usaha Tetap Tumbuh Positif

Survei BI: Kegiatan Dunia Usaha Tetap Tumbuh Positif
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa Hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) mengindikasikan ekspansi kegiatan dunia usah...


Menperin: Pentingnya Peran Dubes Genjot Ekspor Produk Industri

Menperin: Pentingnya Peran Dubes Genjot Ekspor Produk Industri
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menilai para duta besar sebagai Kepala Perwakilan Republik Indonesia memiliki...