Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Merek Laptop Paling Dicari Netizen di Masa Pandemi

Posted by: 3373 viewer

Merek Laptop Paling Dicari Netizen di Masa Pandemi
Predator, salah satu varian laptop gaming dari brand acer.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemi Covid-19 memaksa banyak pihak, seperti pekerja kantor, mahasiswa, hingga pelajar untuk bekerja dan belajar di rumah (Work From Home/WFH). Tuntutan tersebut rupanya mendorong pertumbuhan penjualan salah satu perangkat pendukung kerja seperti laptop.

Data terbaru dari International Data Center (IDC), menaksir permintaan perangkat IT, termasuk data inteligence dan aplikasi akan tumbuh 12,3% tahun ini, dibanding tahun 2019. Adapun sampai kuartal II-2020, telah terjadi kenaikan permintaan komputer dan laptop sebesar 18,6% dengan jumlah pengiriman 38,6 juta unit.

Tingginya permintaan komputer dan laptop tersebut telah mendorong pencarian brand-brand terkenal di ranah internet. Hasil penelusuran Tim Riset TRAS N CO Indonesia, sepanjang bulan Juli dengan kata kunci laptop, terdapat 165 ribu pencarian, dengan hasil temuan 26,8 juta temuan halaman yang mengulas.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dari delapan brand yang dimasukkan, setidaknya ada 5 brand paling dicari (Top Five). Brand tersebut adalah, HP dengan persentase 33,26%, ASUS 18,82%, Lenovo 16,59%, DELL 10,06^, dan ACER 9,69%. Berikut ulasan 5 brand laptop paling dicari netizen selama pandemi:

1. HP

Brand HP menduduki peringkat pertama di halaman mesin pencari Google Indonesia dengan pencarian 246 ribu dan hasil temuan 33 ribu lebih halaman yang mengulas. Untuk menunjang aktivitas WFH, di pertengahan bulan Juli, brand ini meluncurkan 5 varian, Spectre x360 15, EliteBook x360 1040 G5 2-in-1, Pavilion 15, Envy 13 (2019), dan Elite Dragonfly, yang diklaim siap bekerja berat karena memiliki spesifikasi yang tinggi, . Sementara untuk mendukung kegiatan pelajar, brand ini juga meluncurkan laptop 14-CF2019TU dengan harga Rp4 jutaan. Tak hanya itu, pandemi covid-19 ternyata juga tidak menyurutkan minat akan kebutuhan laptop gaming, dimana brand ini juga meluncurkan Omen 15 untuk menyasar segmen ini.  

2. ASUS

Di peringkat kedua ada brand ASUS dengan pencarian mencapai 110 ribu dan temuan 28 ribu halaman yang mengulas brand tersebut. Brand ini membuka awal bulan dengan meluncurkan varian terbaru laptpp gaming ROG Zephyrus G14 yang dibanderol dengan harga Rp18 juta. Selain itu, Asus juga meluncurkan laptop yang memiliki performa kencang namun tetap terjangkau melalui VivoBook A412, seharga Rp8 jutaan. Hingga akhir bulan Juli, setidaknya brand ini memiliki 20 varian untuk memenuhi kebutuhan pasar yang cukup tinggi selama masa pandemi. Variasi harga yang ditawarkan boleh dibilang lengkap, mulai dari harga murah Rp3 jutaan, hingga belasan juta rupiah.

IKLAN INFOBRAND.ID

3. Lenovo

Brand laptop ketiga paling dicari netizen adalah Lenovo, dengan pencarian mencapai 74 ribu dan halaman ulasan mencapai 32 ribu temuan. Memasuki bulan Juli banyak usalan terkait update produk terbaru dari brand Lenovi dengan harga mulai dari Rp3 juta hingga Rp12 jutaan, untuk berbagai varian seperti notebook,  IdeaPad, ThinkBook dan ThinkPad, yang memang didesain dan dipersiapkan untuk segmen pekerja dan pelajar atau mahasiswa. Tidak hanya dikenal sebagai penyedia laptop untuk kebutuhan kantor, Lenovi juga memperkenalkan laptop gaming berupa IdeaPad Gaming 3i, yang dibanderol dengan harga Rp13 jutaan.

4. DELL

Brand yang satu ini berada di peringkat keempat paling dicari netizen, dengan pencarian mencapai 18 ribu lebih dan ulasan mencapai 27 ribu lebih halaman. Ulasan menarik darin brand yang satu ini adalah beberapa nama varian yang dimiliki seperti Dell Inspiron yang dirancang menyasar pelajar, Dell XPS yang memiliki spek lebih tinggi dibanding tipe Inspiron, Dell Vostro yang menyasar segmen pebisnis, dan Dell Alienware yang dilengkapi spesifikasi kelas atas. Beberapa produk terbaru dari varian tersebut dilengkapi dengan Core i7, seperti Inspiron 15-3567, XPS 13-9360, Vostro 5471, Inspiron 15-7567 dan Inspiron 15-7577. Selain itu, tidak sedikit pula yang mengulas varian low-end yang dibekali dengan prosesor AMD Celeron yang dibanderol dengan harga Rp3-4 juta saja.  

5. ACER

IKLAN INFOBRAND.ID

Merek terakhir dalam peringkat Top Five sebagai brand laptop paling dicari adalah Acer, dengan pencarian mencapai 33 ribu kali, dan hasil temuan 21 ribu lebih halaman yang mengulas brand ini. Brand yang satu ini dikenal dengan varian produknya yang ramah kantong. Hingga bulan Juli, beberapa varian yang masih beredar di pasaran seperti Aspire 3 yang dibanderol dengan harga Rp3 jutaan, Aspire Z476 dengan harga Rp5 jutaan, Aspire Spin 1 dengan harga Rp6 jutaan, dan Aspire Swift 3 dengan harga Rp8 jutaan. Selain itu, brand ini juga menyasar para gamer dengan produk laptop gaming, antara lain Predator, Triton 500, Helios 300, dan Nitro 5.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


OMG Luncurkan Matte Last Lip Cream dengan 18 Warna, Ini Kelebihannya

OMG Luncurkan Matte Last Lip Cream dengan 18 Warna, Ini Kelebihannya
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen lipstik lokal merek Oh My Glam (OMG) resmi meluncurkan OMG Matte Last Lip Cream yang tersedia dalam 18 warna (shades)...


Traveloka Hadirkan Flight Academy di KidZania

Traveloka Hadirkan Flight Academy di KidZania
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Traveloka secara resmi menghadirkan flight academy di KidZania Jakarta, untuk membawa pengalaman baru dari dunia penerbangan y...


Meluncur di Indonesia, Ini Banderol Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Meluncur di Indonesia, Ini Banderol Samsung Galaxy Tab S6 Lite
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Samsung Electronics Indonesia melengkapi jajaran tabletnya dengan meluncurkan produk terbaru, Samsung Galaxy Tab S6 Lite (2024...


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...