Produsen kosmetik dan peralatan kecantikan Mustika Ratu mengusung citra Puteri Indonesia dalam pembangunan konten digital sekaligus media edukasi serta promosi kepada para konsumennya.
General Manager Marketing Mustika Ratu Ingga Gloriana mengatakan bahwa image Puteri Indonesia yang cantik, pintar, dan terawat membuat pihaknya lebih mudah untuk menyebarkan informasi produk perusahaan.
“Puteri Indonesia ini identik dengan Mustika Ratu, karena memang Puteri Indonesia cikal bakalnya lahir dari Mustika Ratu itu sendiri. Terlebih, Puteri Indonesia berasal dari seluruh provinsi di Indonesia, ini memudahkan kami dalam melakukan campaign kebaikan, khususnya diranah digital” tuturnya di Jakarta, Selasa (16/7).
Ingga mengaku, pihaknya memanfaatkan berbagai saluran di dunia maya untuk mengekspos promosi maupun edukasi produk. Namun, dia menjelaskan bahwa fokus perusahaan saat ini tertuju pada platform Instagram sebagai sarana penyebarluasan informasi.
“Kami memilih Instagram dengan pertimbangan konsumen akan lebih mudah dalam mengaksesnya. Berbeda dengan Youtube yang memerlukan koneksi yang relatif besar dan juga memakan waktu yang lama,” ujarnya.
Mustika Ratu sadar betul bahwa eksistensinya dalam industri kosmetik selama puluhan tahun membawa pendekatan yang berbeda untuk setiap target market pada eranya masing-masing. Untuk saat ini, perusahaan yang telah go public tersebut menargetkan kalangan milenial sebagai salah satu konsumen loyalnya.
“Dari survei yang kami lakukan, kalangan milenial ini cenderung menyukai konten-konten digital yang bersifat original. Maksudnya adalah materi informasi yang relevan dengan isu-isu terkini dan tidak dibuat-buat,” jelasnya.
Dia memberikan contoh, beberapa waktu lalu Jakarta sempat diterpa kabar miring soal tingginya tingkat pencemaran udara. Dari sana, Mustika Ratu kemudian membuat materi digital untuk mempromosikan produk-produk yang bisa menangkal polutan tersebut.
“Selain itu, Mustika Ratu juga mendapat kehormatan dari pemerintah dalam hal ini adalah BPOM sebagai duta kosmetik aman dengan Puteri Indonesia sebagai icon-nya,” sebutnya.
Keberhasilan Mustika Ratu dalam merangkul segmen pasar generasi muda dibuktikan melalui salah satu Instagram resmi perusahaan yang mempromposikan produk teh diet dengan 100% follower kalangan milenial.
“Semua pengelolaan maupun produksi materi-materi digital dilakukan sendiri oleh tim internal dari Mustika Ratu,” imbuhnya.
Dari sisi terget penjualan, Ingga menyebut bahwa media digital ditargetkan bisa memberikan kontribusi yang cukup signifikan pada sepanjang tahun ini. Ingga menyebut, pertumbuhan penjualan pada platform digital dipatok naik tiga kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan tahun lalu.
“Itu kami target karena kami juga ada penjualan di market place, kami sendiri menyebutnya online channel. Nah online ini salah satu yang kami fokuskan untuk growth paling besar,” tutupnya.