Senin, 03 Agustus 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Omni Channel Jadi Pilihan Branding yang Tepat Saat Ini

Posted by: 02-07-2020 14:40 WIB 194 viewer

Omni Channel Jadi Pilihan Branding yang Tepat Saat Ini
Ilustrasi Omni Channel (Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pandemik yang terjadi selama lebih dari tiga bulan ini telah menimbulkan perubahan maha dahsyat dunia usaha di Tanah Air. Banyak korporasi dan brand yang harus mendesain ulang rancangan model bisnis dan strategi perusahaan/brand karena perubahan dan ketidakpastian yang terjadi. Penyesuaian terjadi di semua lini. Semua perubahan berlangsung cepat dan bertubi-tubi di era pandemi.

Hal ini disampaikan oleh CEO Dentsu One Janoe Arijanto dalam webinar Indonesia Brand Forum 2020 yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (1/7). Menurut Janoe yang juga Ketua PPPI,  omni channel  dan  data analytics  dapat menjadi solusi menghadapi perubahan konsumen yang semakin cepat. Omni Channel memungkinkan  perubahan  desain  branding  lebih adaptif dan dinamis  karena kekuatan otomatisasinya.

Janoe mengatakan,  industri advertising saat ini  sedang  mengalami penyesuaian dan perubahan kanal  yang luar biasa.  Kanal yang dulu dianggap dominan, gara-gara covid-19, kini  tidak terlalu berarti lagi. Seperti kanal billboard atau kanal ATM yang dianggap sebagai kanal  menentukan,  kini   mulai ditinggalkan karena berkurangnya mobilitas masyarakat di masa pandemik. Fenomena social distancing, menyebabkan nilai exposure terhadap kanal tersebut berkurang drastis.

IKLAN INFOBRAND.ID

Mengapa omni channel pilihan tepat untuk solusi branding sekarang? “Omni Channel merupakan sistem pemasaran yang seamless, terintegrasi, dinamis, terotomatisasi dan mengutilisasi data. Ketika kita menggunakan Omni Channel, hampir semua channel bergerak organik merespons pergerakan dengan sendirinya serta merespon dan memberikan konten dinamik yang berbeda-beda, sesuai konteks channel-nya. Berbeda dengan IMC yang tidak menggunakan otomatisasi karena masing-masing jalan sendiri-sendiri,” tegasnya.

Janoe menyarankan, menghadapi era sekarang, pemasar dan pemilik merek harus benar-benar  mencari dan melihat data langsung terkait perubahan yang sangat cepat ini. Perpindahan channel yang bukan terjadi dengan sendirinya atau hanya karena  pandemik tapi, memang ada perubahan pergesran konsumen ke arah sana juga.

“Jadi,  perubahan-perubahan yang terjadi sangat detil dan akurat. Perhitungan-perhitungan konvensional kini agak sulit dilakukan karena semuanya terhitung dan terukur secara tepat,” katanya.   

Harus diingat, setiap kanal punya ciri karakter masing-masing. Pemasar dan pemilik merek harus paham terhadap setiap kanal  tersebut dan strategi pemasaran juga harus customized. Artinya, bahwa kastemisasi berlaku secara otomotis ketika merespon kanal yang berbeda-beda. 

“Meskipun DNA merek  melekat erat, bukan berarti tidak perlu menyesuaikan diri. Brand harus tetap agile,” tandas Janoe meyakinkan.

Dalam hal ini dibutuhkan kerelaan dan keberanian pemasar dan pemilik merek menciptakan daya dukung merek secair mungkin; sehingga setiap saat dapat bergerak aktif menemukan solusi-solusi tepat untuk pengembangan mereknya. Termasuk solusi skenario short term untuk menjawab ketidakpastian.

“Untuk itu, egoisme marketer harus dikikis dahulu, karena marketer sekarang tidak mungkin berjalan sendirian. Marketer sekarang harus siap bergandeng tangan dengan teknologi, logistik, hingga riset pasar,” tutupnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Bersatu Lawan COVID-19, Gree Salurkan Air Purifier ke Berbagai Rumah Sakit dan Instansi Pemerintah

Bersatu Lawan COVID-19, Gree Salurkan Air Purifier ke Berbagai Rumah Sakit dan Instansi Pemerintah
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT. Gree Electric Indonesia (Gree Indonesia) beberapa waktu lalu mendonasikan puluhan Air Purifier atau penjernih udara tipe G...


Ini Rahasia Caladine Bertahan di Usia Setengah Abad

Ini Rahasia Caladine Bertahan di Usia Setengah Abad
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Untuk produk di kategori bedak gatal bayi, nama Caladine boleh dibilang cukup berpengaruh serta menjadi pilihan utama pa...


Punya 1,3 Juta Online Seller di Indonesia, Ini yang Dilakukan SiCepat Ekspres

Punya 1,3 Juta Online Seller di Indonesia, Ini yang Dilakukan SiCepat Ekspres
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Jasa kurir SiCepat Ekspres terus menjadi pilihan para online seller di Indonesia sebagai layanan kirim barang yang murah...


BAF Mobile, Layanan Digital sebagai Solusi di Masa Pandemi

BAF Mobile, Layanan Digital sebagai Solusi di Masa Pandemi
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Merebaknya pandemi COVID-19 melambatkan perekonomian di hampir semua negara yang ada di dunia, tak terkecuali Indonesia. Dari...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI