Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pegadaian dan ISEI Jakarta Kembali Gelar Program HOKI 2022

Posted by: 1589 viewer

Pegadaian dan ISEI Jakarta Kembali Gelar Program HOKI 2022
Pegadaian dan ISEI Jakarta dalam Program HOKI 2022

INFOBRAND.ID- Sukses menggelar kompetisi kewirausahaan pada 2021 lalu, PT Pegadaian bersama Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Jakarta kembali menggelar program "HOKI" (Hibah Kompetisi Kewirausahaan) season 2.

 Kick-Off dan sosialisasi program HOKI resmi dibuka oleh Staf Ali Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, Ketua ISEI Jakarta Inarno Djajadi, dan Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan, di Panggung Karya Sarinah-Jakarta.

Dituturkan Loto, sebagai pilot project, program HOKI sudah dimulai sejak tahun lalu. Program ini merupakan kolaborasi ISEI Jakarta dan Pegadaian. "Antusiasmenya tercatat baik. Oleh karena itu, tahun ini, kami menggelar lagi program HOKI untuk tiga sektor usaha, Makanan dan Minuman (Mamin), fashion, dan kriya. Sektor ini kami pilih karena saat ini jumlahnya paling besar untuk UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Indonesia," ucapnya, yang menyebutkan bahwa bukan hanya Pegadaian yang telah mendukung UMKM, tetapi BUMN lainnya juga mendukung UMKM.

IKLAN INFOBRAND.ID

Lebih jauh Loto menjelaskan, melalui program HOKI, harapannya mahasiswa akan semakin percaya diri untuk melanjutkan masa depannya untuk menjadi entrepreneur serta dapat memperoleh latihan yang nyata untuk menjadi entrepreneur. "Selanjutnya, program HOKI ini akan dievaluasi kembali, apakah ke depannya perlu penyempurnaan," ucap Loto.

Sementara itu, dikatakan Direktur Utama PT Pegadaian Damar Latri Setiawan, program HOKI akan memberi kesempatan bagi anak-anak muda yang mau berkompetisi dan berjuang untuk memiliki sebuah usaha, dengan menyiapkan sebuah konsep atau ide usaha yang unik dan menarik, untuk diajukan ke program HOKI.

"HOKI adalah program yang patut kita banggakan. Karena saat ini, kewirausahaan memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi kita, mulai dari membuka lapangan pekerjaan, mengurangi angka pengangguran, pengentasan kemiskinan, hingga membuat umkm naik kelas," terang Damar.

Sementara itu, Ketua ISEI Jakarta Inarno Djajadi menambahkan, program HOKI merupakan salah satu upaya dan peran serta ISEI bersama pelaku industri untuk ikut mengakselerasi peningkatan kewirausahaan, seta menumbuhkembangkan UMKM di Indonesia khususnya yang dimotori olen kaum muda.

"Kami berharap, program HOKI yang dijalankan pada tahun ini dapat menciptakan ekosistem kewirausahaan baru yang kondusif, agar bisnis yang nantinya akan dijalankan oleh dari para calonpeserta dapat berkembang dan berhasil," harap Inarno.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ketua Pelaksana HOKI Winang Budoyo menjelaskan, HOKI merupakan program yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester 5-8, dari Perguruan Tinggi yang memiliki kurikulum inovasi dan kewirausahaan, atau Perguruan Tinggi yang memiliki unit inkubasi bisnis yang aktif.

Para peserta HOKI dituntut untuk mampu menciptakan konsep berupa ide bisnis yang inovatif dan komprehensif dengan didukung ragam produk yang siap diuji pasar.

"Syaratnya, peserta merupakan mahasiswa semester 5-8 dari Perguruan Tinggi di Jakarta. Tim terdiri dari 2 hingga 3 anggota dan harus dari Perguruan Tinggi yang sama," urainya.

Dari seluruh proposal yang terkumpul, lanjutnya, akan dipilih 20 zemifinalis. Kemudian, akan dipilih 10 pemenang yang akan mendapatkan uang hibah masing-masing sebesar Rp 30 juta, pembinaan bisnis, plakat, dan sertifikat penghargaan. "Peserta HOKI juga wajib menyusun laporan berita kemajuan project setiap bulannya," tandasnya.

Pada kegiatan sosialisasi, turut hadir Ilham Pinastiko, Chief & Director Research and Development at Pala Nusantara. Dia berbagi pengalaman tentang bagaimana cara mengelola dan mengembangkan sebuah usaha dari nol hingga besar.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...