INFOBRAND.ID - Hadir sejak tahun 1982, toren air dengan merek Penguin dikenal memiliki produk yang inovatif, aman, dan tahan lama sehingga dipercaya sebagai wadah penampungan air untuk kebutuhan sehari-hari. Memiliki beragam ukuran, produknya tidak hanya memenuhi kebutuhan rumah tangga, tapi juga industri. Produknya yang fungsional, membuatnya semakin dikenal masyarakat di manapun.
Di ranah digital, namanya diulas di lebih dari 100 ribu halaman internet, dan didukung oleh 21 ribu lebih pengikut halaman facebook dan 19 ribu lebih followers instagram, membuat namanya semakin dikenal oleh masyarakat. Berkat capaian tersebut, Penguin masuk dalam jajaran Indonesia Digital Popular Brand Award 2023 dari infobrand.id, bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada penelitian dan perkembangan brand di Indonesia.
Indonesia Digital Popular Brand Award adalah Sebuah penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan populer dibandingkan brand lainnya. Penyerahan penghargaan dilakukan dalam awarding ceremony, 31 Maret 2023, di Hotel Sultan, Jakarta.
Susilowati Ningsih, CEO infobrand.id menjelaskan, Indonesia Digital Popular Brand Award 2023 diberikan kepada brand-brand popular di ranah digital berdasarkan riset Indonesia Digital Popular Brand Index, yang mengacu pada tiga parameter penilaian; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based. Riset Indonesia Digital Popular Brand Index dilakukan pada Bulan Desember 2022 – Februari 2023, terhadap 250 kategori produk dengan lebih dari 1.500 brand terriset.
“Penghargaan ini merupakan pengakuan terhadap brand-brand yang telah sukses membangun popularitas di ranah digital, sehingga brand semakin dipercaya oleh calon konsumen,” jelas Susilowati Ningsih.
Popularitas Penguin di ranah digital sendiri tidak lepas dari strategi marketing dan digital activation yang dijalankan, seperti mendistribusikan informasi melalui Website, marketing e-mail, dan social media. Agar dapat menjangkau seluruh audience, informasi yang disampaikan juga disesuaikan dengan algoritma di internet.
Melalui beragam platform digital, Penguin memberikan konten-konten edukatif, informatif yang berguna dan jujur terhadap audiencenya. Penerapan ini tentunya harus sejalan juga dengan strategi digital marketing yang telah dirancang oleh perusahaan.
Beberapa strategi yang dijalankan antara lain; memanfaatkan SEO untuk meningkatkan dan mempertegas posisi di mesin pencari, hingga menjalankan iklan online yang ditargetkan untuk menjangkau potential customer yang lebih luas.
Di website, perusahaan juga meningkatkan User Experience dengan memperbarui tampilan dan navigasi sehingga pelanggan dapat dengan mudah menemukan produk yang mereka cari dan mendapatkan informasi yang sangat lengkap. Sementara di social media, Penguin menampilkan konten yang menarik, interaktif, informatif dan tentunya edukatif, yang bertujuan agar audience mendapatkan solusi dari permasalahan air di rumah.
Agar produknya tetap dapat diterima oleh masyarakat, Penguin juga berinovasi dalam hal produk. Beberapa inovasi produk terbaru Penguin seperti BIOROTECH Septic Tank yang menawarkan sistem pengolahan limbah yang lebih baik, efisien, hemat biaya, minim perawatan, dan ramah lingkungan. Selain itu, Penguin juga menghadirkan 3 pilihan warna baru, agar toren yang dipakai dapat menambah nilai estetik dan mudah disesuaikan dengan konsep hunian.
“Tentunya semua pilihan warna toren Penguin sudah dijamin bebas lumut dan tahan lama,” jelas Mulyadi Salim selaku Marketing Communication Manager PT. Penguin Indonesia.
Dilapisi UV20+ dengan tingkat perlindungan cuaca tertinggi, Penguin berhasil meningkatkan durability produk hingga 3x lebih awet dibandingkan plastik pada umumnya. Oleh karena itu, Penguin menjadi satu-satunya perusahaan toren air yang dapat memberikan jaminan/garansi produk sampai dengan 38 tahun.
Berkat strategi marketing dan inovasi yang dijalankan, bisnis Penguin pun terus mengalami perkembangan. Dalam tiga tahun terakhir, Penguin mendapatkan angka penjualan yang baik dengan profitablitas yang sangat baik. Growth yang baik ini ditunjang dengan recovery ekonomi Indonesia setelah masa pandemi berakhir.
“Hal tersebut menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus menciptakan inovasi-inovasi lainnya agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat,” tutup Mulyadi Salim.