Sabtu, 28 Maret 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Pentingnya Kepemilikan STPW Untuk Usaha Waralaba

Posted by: 27-09-2019 10:52 WIB 354 viewer

Pentingnya Kepemilikan STPW Untuk Usaha Waralaba
Ilustrasi STPW dari Kemendag

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bisnis waralaba di Indonesia pastinya tidak terlepas dari perkembangan ekonomi nasional. Dan kita patut bersyukur bahwa ditengah perlambatan ekonomi global, pertumbuhan ekonomi kita justru telah menunjukan capaian yang menggembirakan. Di mana dalam lima tahun terakhir, pertumbuhan ekonomi kita trennya telah meningkat dari 4,88 persen di tahun 2015 menjadi 5,17 persen di tahun 2018.

Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Dr. I Gusti Ketut Astawa mengatakan bahwa sektor waralaba di Indonesia terus berkembang positif, didukung oleh tingkat permintaan yang tinggi terutama dari golongan masyarakat menengah Indonesia dan berusia muda yang membutuhkan ruang sosialisasi dan bergaul sehingga mendorong sektor waralaba di bidang jasa terutama makanan-minuman (rumah makan/restoran/kafe/bar) yang saat ini semakin menjamur.

“Daya tarik pasar Indonesia juga turut mengundang pelaku waralaba internasional melakukan investasinya di Indonesia sehingga menggairahkan tingkat persaingan usaha sekaligus memberikan inspirasi tumbuhnya usaha waralaba lokal. Kuatnya daya tarik pasar Indonesia inilah yang menjadi modal bagi pelaku waralaba untuk terus melakukan ekspansi,” papar Ketut Astawa.

Meski begitu, kata dia, pewaralaba harus mempunyai Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW) untuk menjalankan usaha waralabanya. Karena menurutnya, STPW merupakan identitas bagi pewaralaba yang legal dan diakui oleh negara. Sementara dari sisi bisnis, STPW dapat dijadikan sebagai salah satu kriteria bonafiditas bagi calon penerima waralaba dalam memilih entitas waralaba yang diyakini akan memberikan keuntungan.

“Dengan adanya STPW dapat dibangun lebih mudah kepercayaan yang menjadi dasar terjadi sebuah kesepakatan bisnis antara pemberi dan penerima waralaba. Kesimpulannya, kepemilikan STPW sangat penting dan menguntungkan bagi kedua belah pihak,” ujarnya.

Berdasarkan trend pewaralaba yang melakukan pendaftaran setiap tahunnya, jumlah pemilik STPW, kata dia, telah mengalami peningkatan mencapai 10 persen setiap tahunnya. Berdasarkan data penerbitan STPW 10 tahun terakhir terdapat 160 Pemberi Waralaba Luar Negeri dan 90 Pemberi Waralaba Dalam Negeri yang telah terdaftar.

Dia menambahkan, saat ini yang menjadi prioritas utamanya adalah kemudahan untuk mendapatkan STPW dari pemerintah. Karena dengan adanya pengakuan dari pemerintah, kata dia, maka akan tercipta kepastian hukum, transparansi dan timbulnya trust yang juga menjadi faktor mendasar dari keberhasilan sebuah bisnis.

“Secara berkala kami menyelenggarakan kegiatan pembinaan seperti pendampingan waralaba kepada pekerja migran Indonesia dan diaspora Indonesia di Hong Kong, Jepang, dan Korea, agar ketika kembali ke Indonesia dapat menjadi pelaku usaha waralaba, serta business matching pelaku waralaba Indonesia dengan investor asing,” pungkasnya. [ded]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Kunci Utama Branding . Understanding Customer

Kunci Utama Branding . Understanding Customer
Berbicara tentang branding, maka hal pertama yang menjadi sangat berpengaruh adalah kesadaran dari masyarakat sebagai konsumen dalam mengenali sebuah...


Added Value, Kunci Memenangkan Persaingan Global

Added Value, Kunci Memenangkan Persaingan Global
Persaingan global adalah keniscayaan yang tidak terelakkan. Oleh karenanya, menanamkan "nilai" ke dalam produk atau jasa untuk dapat menjawa...


Tingkatkan Daya Saing & Inovasi Produk

Tingkatkan Daya Saing & Inovasi Produk
Meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2019 tidak cukup memuaskan, dan diperkirakan hanya mencapai 5%, disertai indikasi lambatnya growth konsumsi...


Persaingan Global Menuntut Dunia Usaha Indonesia Bergerak Cepat

Persaingan Global Menuntut Dunia Usaha Indonesia Bergerak Cepat
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perdagangan terus menggenjot neraca perdagangan Indonesia. Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Agus Supar...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index