Kamis, 25 April 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Pentingnya Marketing Bagi Bisnis Untuk Eksis Dan Maju

Posted by: 05-08-2018 21:57 WIB 258 viewer

Pentingnya Marketing Bagi Bisnis Untuk Eksis Dan Maju
Suherman Widjaja Dosen Universitas Prasetiya Mulya

Sepanjang tahun 2017, berita tentang perusahaan tutup menjadi topic aktual yang menarik dibicarakan, walau sebelumnya cukup banyak usaha yang tutup, hentakan yang mengejutkan dunia bisnis dimulai sejak 30 juni 2017, yaitu 7-eleven menutup seluruh gerai ritelnya di Indonesia.

Setelah 7-eleven menutup seluruh gerai ritelnya di Indonesia, setelah 7-eleven kemudia Matahari Departement Store menutup beberapa gerainya karena sales turn over yang rendah. Lalu menjelang akhir 2017, PT Mitra Adiperkasa menutup gerai Lotus Department Store serta Debenhams.

Peritel lain juga bernasib serupa, Ramayana menutup 8 outlet, Hypermart menutup 2 gerai dan mem-PHK karyawan. Clarks Indonesia juga kena imbas serupa dan menutup gerainya di Indonesia.

Kondisi ini tidak eksklusif hanya dialami oleh perusahaan raksasa, tapi juga perusahaan dagang perorangan, para pedagang di glodok dan Tanah Abang pun mengalami nasib serupa. Beberapa alasan dikemukakan oleh pihak manajemen, mulai dari menyelamatkan lini bisnis lain, keterbatasan sumber daya untuk menunjang biaya oprasional, hingga factor regulasi pemerintah.

Jika dicermati, ada benang merah dari tutupnya semua perusahaan tersebut, yaitu revenue yang menyusut karena persaingan market. Problem adalah hal biasa yang selalu ada di setiap perusahaan, mulai dari problem dari ketenagakerjaan, operasional, akunting, bahkan sampai peralatan kantor juga biasa terjadi.

Biaya operasioanal yang membesar juga sering kali dialami oleh banyak perusahaan, tapi tidak berarti membuat perusahaan yang mengalami harus tutup dan bangkrut. Semua problem termasuk membengkaknya biaya operasional, masih bisa diatasi selama pendapatan perusahaan memadai untuk menutup biaya dan berbagai permasalahan operasional bukanlah suatu bencana fatal bagi perusahaan.

Biaya yang membesar bahkan menggembirakan, jika hal tersebut disebabkan oleh pertumbuhan pasar. Ini berarti kemajuan bagi suatu perusahaan, karena biaya yang muncul merupakan dampak dari bertambahnya akivitas marketing.

Selama perusahaan punya revenue yang memadai untuk mendanai biaya operasi, maka perusahaan akan mampu terus melangsungkan bisnisnya. Berbagi macam persoalan yang dialami baik kecil ataupun besar akan bisa diatasi, sepanjang perusahaan memiliki dana yang cukup untuk menyediakan sumber daya guna mengatasinya.

Ini terlihat sederhana, namun dalam kondisi banyak perusahaan tutup sebagaimana diulas diatas, semua bermuara pada menurunnya arus konsumen yang berkelanjutan sehingga pendapat perusahaan tidak cukup membiayai kebutuhan operasi rutin.

Melalui transaksi penjualan dengan konsumen, perusahaan mendapatkan dana operasi, maupun untuk berbagi investasi guna membesarkan perusahaan. Dari fenomena ini bisa dilihat begitu pentingnya aspek marketing bagi setiap perusahaan.

Tanpa marketing yang baik, maka perusahaan akan kehilanga konsumen yang berarti juga akhir dari kontinuitas usahanya. Dengan marketing, perusahaan bisa terus menjadi penyedia kebuuhan dan memenuhi keinginan konsumen, konsumen akan teru mencari perusahaan untuk mendapat jawaban keinginan dan kebutuhannya melalui produk barang dan layanan yang diharapkan.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Yuswohady : Inovasi Bukan Semata Kebutuhan, Tetapi Survivalnya Setiap Perusahaan

Yuswohady : Inovasi Bukan Semata Kebutuhan, Tetapi Survivalnya Setiap Perusahaan
INFOBRAND.ID – Yuswohady selaku Managing Partner, Inventure mengatakan inovasi bukan hanya menjadi kebutuhan melainkan sudah menjadi upaya survi...


Terkait Inovasi, Dosen Unair: Pilihannya 'Change or Be Changed'

Terkait Inovasi, Dosen Unair: Pilihannya 'Change or Be Changed'
INFOBRAND.ID – Kata-kata inovasi saat ini menjadi salah satu tema sentral, terutama di era revolusi industry 4.0 ini. Dimana semua jenis organis...


Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital

Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital
Satu dekade terakhir terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam...


Millennials  & Creativity

Millennials & Creativity
Memang tak mudah untuk mendapat gelar Startup Unicorn.   Tapi Indonesia punya anak-anak muda kreatif yang menggawangi perusahaan rintisan&nb...


Fenomena Dual Screen

Fenomena Dual Screen
PT The  Nielsen  Company Indonesia (Nielsen) cukup adaptif melihat  perkembangan media di Indonesia.  Kami  punya  layan...


Membangun Marketing Channel di Media Digital

Membangun Marketing Channel di Media Digital
Sejatinya media digital bisa menjadi sarana yang powerfull untuk melakukan serangkaian aktifitas marketing. Namun, hingga saat ini media digital baru...


Strategic Branding Management

Strategic Branding Management
Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang t...


Membidik Pasar Milenial

Membidik Pasar Milenial
Berbicara digital dan milenial  itu dua hal yang saling berhubungan.   Enabler atau teknologi nya adalah digital, customernya  ada...


Menjadi Digital Brand Champion

Menjadi Digital Brand Champion
Tak dipungkiri bila marketing digital mempengaruhi market offline. Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengungkapkan, sebagian bes...


Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta sampai akhir 2019. Selama 4 tahun target  kunj...


Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital

Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital
Perkembangan teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat...


Digital Branding Atau Tergerus?

Digital Branding Atau Tergerus?
Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era...


Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis fra...


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Sign In
VIP Members

BRAND UPDATES








Index

EDITOR NOTES




Index

OPINIONS







Index