Ahad, 23 Februari 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Pentingnya Memanfaatkan Kekuatan Cerita Untuk Branding

Posted by: 26-06-2019 12:04 WIB 835 viewer

Pentingnya Memanfaatkan Kekuatan Cerita Untuk Branding
Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA (Kanan)

SURABAYA, INFOBRAND.ID - Metode bercerita atau story telling merupakan metode yang cukup efektif dalam menarik perhatian audiens. Dimana melalui sebuah cerita, ikatan emosional dengan audience pun akan terbentuk.

Di dunia bisnis sendiri, metode bercerita bisa digunakan pemasar untuk menarik perhatian konsumen dan pelanggannya. Tidak hanya itu, metode bercerita juga bisa menjadi media sebuah merek untuk memenangkan sebuah kompetisi dengan kompetitor.

Hal ini yang disampaikan oleh Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA dalam kegiatan seminar bertajuk “The Power of Storytelling For Branding” di Universitas Unair Surabaya, Selasa (25/6/2019) kemarin.

“Jadi intinya kita sebagai makhluk sosial yang butuh dan suka terhadap cerita. Nah itu kita bisa manfaatkan untuk aktifitas pemasaran. Jadi story telling itu adalah bagian dari keterampilan yang harus dikuasai oleh pemasar bahwa dalam memasarkan produknya, mereka harus bisa membuat cerita dan menceritakan sesuatu yang menarik di balik mereknya,” kata Gancar dalam seminarnya.

Menurutnya, setiap brand pasti punya kisah yang menarik untuk bisa diceritakan. Hal ini juga yang bisa membangun positioning atau diferensiasi dari produk lainnya bahwa cerita akan memunculkan perbedaan dari suatu produk.

"Story telling merupakan materi yang harus dikuasai oleh pemasar, untuk membangun emotion, involvement serta enggagement pada merk. Kreativitas dan inovasi harus selalu diasah dalam internal perusahaan," kata dia.

Selain itu, Gancar juga mengatakan bahwa untuk membuat cerita menarik, pemasar harus mengetahui beberapa poin terlebih dahulu secara jelas. Kesan apa yang ingin kamu berikan setelah calon pengguna melihat ceritamu? Tindakan apa yang semestinya mereka lakukan setelah melihat cerita yang kamu buat? Sehingga pertanyaan tersebut dapat terjawab.

“Jadi saya sebut sebagai 5S yang bisa memunculkan sebuah cerita. Pertama, Sensitivity to find the unique stories; kedua, Scriptwriting; ketiga, Salience aspects for framing; keempat, Share to the right target (consumer and influencer); dan terakhir Survey the results,” tutup Gancar.

Bagaimana dengan merek Anda? Apa ada cerita menarik didalamnya?


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Mengukur Kekuatan Marketing di Media sosial

Mengukur Kekuatan Marketing di Media sosial
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Harus diakui kalau pengguna media sosial saat ini cukup tinggi, tak terkecuali di Indonesia. Dalam laporan digital yang dirili...


Marketing Harus Bisa Memanfaatkan Big Data

Marketing Harus Bisa Memanfaatkan Big Data
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Memanfaatkan data besar atau big data untuk melihat perilaku konsumen merupakan salah satu kunci manajemen pemasaran di era di...


Pentingnya Dukungan Komunitas Untuk Branding

Pentingnya Dukungan Komunitas Untuk Branding
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Komunitas sepertinya telah berhasil menjadi senjata ampuh untuk membangun strategi bisnis pada sebuah perusahaan di era digita...


3 Kunci Manajemen Pemasaran di Era Digital

3 Kunci Manajemen Pemasaran di Era Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Digitalisasi telah menimbulkan suatu fenomena yang disebut dengan Digital Darwinism, yaitu ketika perkembangan teknologi lebih...