Dalam membangun image atau citra perusahaan di mata publik, peran Public Relations (PR) dituntut jeli dalam menerapkan strategi komunikasinya. Beragam penyampaian yang sifatnya informatif, edukasi dan hiburan tentu menjadi poin penting. Hal itu yang dilakukan PR GS Astra dalam membangun citra perusahaan untuk dapat lebih dekat dengan publik.
GS Astra memang menyajikan konten-konten yang beragam sepanjang tahunnya. Itu dilakukan dengan menyesuaikan trend yang sedang digemari oleh netizen. Konten yang diberikan adalah konten-konten yang informatif, interaktif, dan berguna bagi netizen, serta viralable dalam balutan infografis dan video. Tentu tak ketinggalan PR GS Astra juga memposting trivia, tips & trick, quiz dan cerita-cerita humor.
Afendy Tjahyadi selaku perwakilan GS Astra mengatakan, PR perusahaan menjadi salah satu pilar penting perusahaan dalam membangun relasi yang baik terhadap publik. Untuk itu, PR harus memiliki strategi yang jitu dalam menjalankan perannya.
“PR di suatu perusahaan itu mempunyai peran yang strategis dan penting, karena PR dapat membangun hubungan timbal balik yang positif antara perusahaan dan masyarakat dan semua stakeholder lainnya,” ujarnya.
“Secara garis besar, pertama PR harus mempunyai program yang baik dan bermanfaat bagi semua stakeholder perusahaan, sehingga dari waktu ke waktu dapat membangun citra dan reputasi baik untuk perusahaan maupun brand. Kedua, melakukan aktivitas marketing PR, yang ditujukan untuk keperluan marketing seperti advertorial, on ground activation, dan lain sebagainya. Ketiga, social PR, melalui Corporate Social Responsibility PR memunculkan sisi humanis perusahaan, maupun brand. Keempat, media relations, menjaga dan membangun hubungan perusahaan dengan rekan-rekan media. Yang terakhir adalah mempunyai owned media untuk menampilkan berbagai informasi terkait perusahaan maupun brand yang dapat diakses dengan mudah,” jelasnya.
Terkait pergeseran pola PR dari PR konvensional ke PR digital, GS Astra memang telah menyiasatinya. Dalam teknis pelaksanaannya, PR GS Astra melakukan kombinasi dan variasi dalam penyampaian informasi ke publik.
“Memang saat ini opini masyarakat menunjukan bahwa kanal digital dapat lebih memberikan dampak yang lebih besar daripada aktivitas marketing konvensional. Pergeseran pola ini menjadi menantang untuk dilakukan baik bagi perusahaan maupun brand. Strategi yang kami lakukan sehubungan dengan pergeseran pola tersebut ialah dengan mengubah pola komunikasi dengan membangun percakapan dan persepsi yang multi arah, multi channel dan kreativitas konten melalui social media dan search engine,” ungkapnya.