Ahad, 09 Agustus 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Perhimpunan WALI Ingin Bisnis Franchise Indonesia Go Internasional

Posted by: 16-10-2019 13:50 WIB 930 viewer

Perhimpunan WALI Ingin Bisnis Franchise Indonesia Go Internasional
Ketua Umum Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI), Levita Supit (Kedua dari kiri)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Berdiri sejak 20 tahun lalu, Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) masih menjadi asosiasi andalan yang menjadi rujukan bagi para pelaku usaha franchise di Indonesia. Sampai saat ini, kurang lebih sudah ada 300 member yang sudah bergabung dengan asosiasi yang dinahkodai oleh Levita Ginting Supit ini.

“Sekitar 40 persen member kita (Perhimpunan WALI) dari sektor Food & Beverage (F&B). Sementara sisanya dari jasa, retail dan sektor lainnya,” ujar perempuan yang akrab disapa Ita ini pada Franchiseglobal.com.

Levita menuturkan, pihaknya telah melakukan berbagai kegiatan atau aktivitas untuk menumbuhkembangkan bisnis franchise di Indonesia. Misalnya seperti mengadakan pelatihan kepada para member, FGD (Focus Group Discussion), gathering, sharing dan aktivitas bermanfaat lainnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dalam setahun, kata Ita, Perhimpunan WALI bisa mengadakan kegiatan sebanyak empat kali. Hal ini dilakukan untuk mengetahui lebih jauh perkembangan bisnis franchise di Indonesia, terutama untuk para membernya.

“Karena kan untuk pengembangan bisnis franchise itu butuh masukan-masukan. Apa sih yang harus dilakukan? Karena dari tahun ke tahun itu kan pasti polanya berbeda terus. Seperti menghadapi era yang berubah, menghadapi kompetitor, market. Itu yang harus kita diskusikan lebih lanjut,” jelasnya.

Selain itu, Perhimpunan WALI juga turut memfasilitasi member-membernya yang ingin mengembangkan bisnisnya sampai ke luar negeri melalui pameran franchise. Hal ini dilakukan agar mata dunia bisa melihat kalau bisnis franchise di Indonesia bisa growing, sebagaimana franchise asing yang buka di Indonesia.

“Ini juga merupakan salah satu bentuk perhatian WALI kepada member-member kami yang ingin mengembangkan bisnis franchise mereka sampai ke luar negeri. Tentunya mereka harus siap dulu, sehingga nanti kita bisa mempertemukan mereka dengan pelaku-pelaku usaha yang ada di luar,” katanya.

Menurut Ita, saat ini bisnis franchise yang sudah go internasional belum terlalu banyak, meskipun ada beberapa yang di Asia. Oleh karenanya, ini menjadi konsentrasi penuh Perhimpunan WALI sebagai asosiasi franchise di Indonesia untuk mendorong pertumbuhan bisnis franchise Indonesia untuk go internasional.

“Kalau tahun-tahun sebelumnya kan kita lebih fokus mengembangkan bisnis franchise lokal. Tapi beberapa tahun terakhir ini kita sedang berusaha untuk meng-go internasional-kan bisnis franchise Indonesia. Selain itu, yang juga menjadi fokus kita adalah kita ingin bisnis franchise Indonesia bisa menjadi tuan rumah di negara sendiri,” tuturnya.

Di Indonesia sendiri, menurut Ita, franchise lokal masih lebih banyak ketimbang franchise asing. Kendati demikian, cabang daripada franchise asing masih lebih banyak ketimbang franchise lokal.

“Saya kasih contoh, misalnya kayak MCD. MCD kan cuma ada satu, tapi cabang mereka ada banyak. Jadi kalau secara brand, masih lebih banyak brand lokal. Tapi kalau secara outlet, mereka masih lebih banyak dari kita,” kata Ita.

Ita berharap, kedepannya bisnis franchise di Indonesia akan terus bertumbuh. Apalagi, kata dia, saat ini pelaku bisnis di Indonesia didominasi oleh para milenial yang dinilai lebih kreatif dan inovatif dalam berwirausaha. Sehingga dia yakin bisnis Indonesia mampu untuk bersaing di kancah internasional.

“Harapan saya sih bisnis ini bisa semakin tumbuh dan bisa bersaing di kancah internasional,” pungkasnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


4 Jurus Digital Branding Hingga Trending

4 Jurus Digital Branding Hingga Trending
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Bagi para pelaku bisnis, brand menjadi sesuatu yang mutlak untuk dimiliki. Kenapa demikian? Karena brand dapat meningkat...


Merek Dagang Perlu Didaftarkan, Kalau Tidak…

Merek Dagang Perlu Didaftarkan, Kalau Tidak…
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Sebuah merek dagang tentunya menjadi poin utama bagi seluruh pelaku brand. Tidak hanya di tanah air saja, tapi juga di s...


Rebranding, Seberapa Penting?

Rebranding, Seberapa Penting?
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Bagi para marketers, tentunya istilah Rebranding sudah tak asing lagi di telinga mereka. Meski begitu, tak sedikit juga...


Catat, Ini 5 Langkah Membangun Brand yang Kuat

Catat, Ini 5 Langkah Membangun Brand yang Kuat
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Membangun sebuah brand yang kuat tentu bukanlah hal yang mudah bagi para pelaku bisnis di tanah air. Apalagi, saat ini p...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI