Selasa, 08 Oktober 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Perilaku Pasar dan Pola Konsumsi Setelah COVID-19 Tidak Akan Berubah

Posted by: 3679 viewer

Perilaku Pasar dan Pola Konsumsi Setelah COVID-19 Tidak Akan Berubah
Retail and Consumer Strategist, Yongky Susilo

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pandemi COVID-19 benar-benar memukul semua sektor industri di tanah air. Dimana perdagangan baik online maupun offline telah mengalami kontraksi secara nasional. Bahkan negara juga mengalami pelemahan konsumsi yang berdampak pada penurunan tingkat inflasi.

Data BPS (Badan Pusat Statistik) melaporkan bahwa pada Q1/2020, pertumbuhan ekonomi telah mengalami penurunan sekitar 2,97% dibanding dengan Q4/2019 yang tercatat minum 2,41%. BPS mencatat, kontribusi pertumbuhan terbesar yaitu Industri dan Perdagangan yang menciut tajam ke 2.06% (3.85%) dan 1.6% (5.21%).

Melihat hal tersebut, Retail and Consumer Strategist, Yongky Susilo menyampaikan bahwa tren melemahnya inflasi ini masih akan terus berlanjut hingga beberapa bulan ke depan. Meski begitu, ia optimis jika PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) secara bertahap dilonggarkan, maka situasi ini akan pulih.

IKLAN INFOBRAND.ID

Karena kata dia, dari hasil survei McKinsey terbaru dan tren negara-negara lain, ternyata pola konsumsi dan perilaku pasar akan kembali seperti sebelum terjadi pandemi. Menurutnya, perilaku pasar dan pola konsumsi setelah COVID-19 tidak akan berubah.

“Mengapa demikian? Karena bagi konsumen, berbelanja adalah sarana refreshing yang menyenangkan dan sekaligus menghibur. Berbelanja membawa perasaan sehat serta dapat mempertemukan antara experience dan emosi konsumen sehingga membawa perasaan yang menggembirakan. Jadi yang berubah bukan pola belanjanya, melainkan daya beli dan cara belanjanya yang tidak sama,” jelas Yongky di acara Indonesia Brand Forum 2020 yang digelar secara virtual pada Selasa (30/6).

Oleh karena itu, Yongky menyarankan kepada para pemilik  merek agar mencermati  perubahan perilaku pasar ini. Pemilik merek  harus bisa mengakomodasi kendala-kendala yang dihadapi konsumen melalui digitalisasi. “Digitalisasi gerai salah satu pilihan yang disarankan,” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Catat, Ini Jadwal Peluncuran realme 13 Series 5G di Indonesia

Catat, Ini Jadwal Peluncuran realme 13 Series 5G di Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - realme tengah bersiap melengkapi rangkaian produk 13 series-nya di Indonesia dengan mempersiapkan peluncuran dari realme 13 se...


TRIV Kantongi Izin Perdagangan Aset Crypto BAPPEBTI

TRIV Kantongi Izin Perdagangan Aset Crypto BAPPEBTI
INFOBRAND.ID - TRIV, salah satu platform perdagangan aset crypto terkemuka di Indonesia yang berdiri sejak 2015, mendapatkan izin penuh Perdagangan Fi...


Lakukan Pembaruan, Durasi Shorts di YouTube Kini bisa 3 Menit

Lakukan Pembaruan, Durasi Shorts di YouTube Kini bisa 3 Menit
INFOBRAND.ID, JAKARTA - YouTube kembali melakukan pembaruan signifikan pada layanan video pendeknya yaitu Shorts dengan memberikan perpanjangan durasi...


Royal Enfield Boyong Motor Custom Phoenix di Kustomfest 2024

Royal Enfield Boyong Motor Custom Phoenix di Kustomfest 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Royal Enfield memperkenalkan Phoenix – sepeda motor kustomisasi pertama yang dibangun bersama AMS Garage pada Kustomfest...