Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Perilaku Pasar dan Pola Konsumsi Setelah COVID-19 Tidak Akan Berubah

Posted by: 3326 viewer

Perilaku Pasar dan Pola Konsumsi Setelah COVID-19 Tidak Akan Berubah
Retail and Consumer Strategist, Yongky Susilo

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pandemi COVID-19 benar-benar memukul semua sektor industri di tanah air. Dimana perdagangan baik online maupun offline telah mengalami kontraksi secara nasional. Bahkan negara juga mengalami pelemahan konsumsi yang berdampak pada penurunan tingkat inflasi.

Data BPS (Badan Pusat Statistik) melaporkan bahwa pada Q1/2020, pertumbuhan ekonomi telah mengalami penurunan sekitar 2,97% dibanding dengan Q4/2019 yang tercatat minum 2,41%. BPS mencatat, kontribusi pertumbuhan terbesar yaitu Industri dan Perdagangan yang menciut tajam ke 2.06% (3.85%) dan 1.6% (5.21%).

Melihat hal tersebut, Retail and Consumer Strategist, Yongky Susilo menyampaikan bahwa tren melemahnya inflasi ini masih akan terus berlanjut hingga beberapa bulan ke depan. Meski begitu, ia optimis jika PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) secara bertahap dilonggarkan, maka situasi ini akan pulih.

IKLAN INFOBRAND.ID

Karena kata dia, dari hasil survei McKinsey terbaru dan tren negara-negara lain, ternyata pola konsumsi dan perilaku pasar akan kembali seperti sebelum terjadi pandemi. Menurutnya, perilaku pasar dan pola konsumsi setelah COVID-19 tidak akan berubah.

“Mengapa demikian? Karena bagi konsumen, berbelanja adalah sarana refreshing yang menyenangkan dan sekaligus menghibur. Berbelanja membawa perasaan sehat serta dapat mempertemukan antara experience dan emosi konsumen sehingga membawa perasaan yang menggembirakan. Jadi yang berubah bukan pola belanjanya, melainkan daya beli dan cara belanjanya yang tidak sama,” jelas Yongky di acara Indonesia Brand Forum 2020 yang digelar secara virtual pada Selasa (30/6).

Oleh karena itu, Yongky menyarankan kepada para pemilik  merek agar mencermati  perubahan perilaku pasar ini. Pemilik merek  harus bisa mengakomodasi kendala-kendala yang dihadapi konsumen melalui digitalisasi. “Digitalisasi gerai salah satu pilihan yang disarankan,” pungkasnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen

Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen
INFOBRAND.ID, JAKARTA – PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Catur Dharma Hall, Menara...


Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI

Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital seperti sekarang ini, insan kehumasan (public relations) harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi...


Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan

Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT Indodana Multi Finance (Indodana Finance) bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam ra...


Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda

Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Momentum akhir bulan menjadi kesempatan terbaik bagi para anak muda untuk beralih ke smartphone baru, terlebih jika smartphone...