Selasa, 30 November 2021

Follow us:

infobrand

infobrand

Perilaku Pasar dan Pola Konsumsi Setelah COVID-19 Tidak Akan Berubah

Posted by: 30-06-2020 17:09 WIB 1638 viewer

Perilaku Pasar dan Pola Konsumsi Setelah COVID-19 Tidak Akan Berubah
Retail and Consumer Strategist, Yongky Susilo

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pandemi COVID-19 benar-benar memukul semua sektor industri di tanah air. Dimana perdagangan baik online maupun offline telah mengalami kontraksi secara nasional. Bahkan negara juga mengalami pelemahan konsumsi yang berdampak pada penurunan tingkat inflasi.

Data BPS (Badan Pusat Statistik) melaporkan bahwa pada Q1/2020, pertumbuhan ekonomi telah mengalami penurunan sekitar 2,97% dibanding dengan Q4/2019 yang tercatat minum 2,41%. BPS mencatat, kontribusi pertumbuhan terbesar yaitu Industri dan Perdagangan yang menciut tajam ke 2.06% (3.85%) dan 1.6% (5.21%).

Melihat hal tersebut, Retail and Consumer Strategist, Yongky Susilo menyampaikan bahwa tren melemahnya inflasi ini masih akan terus berlanjut hingga beberapa bulan ke depan. Meski begitu, ia optimis jika PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) secara bertahap dilonggarkan, maka situasi ini akan pulih.

Karena kata dia, dari hasil survei McKinsey terbaru dan tren negara-negara lain, ternyata pola konsumsi dan perilaku pasar akan kembali seperti sebelum terjadi pandemi. Menurutnya, perilaku pasar dan pola konsumsi setelah COVID-19 tidak akan berubah.

“Mengapa demikian? Karena bagi konsumen, berbelanja adalah sarana refreshing yang menyenangkan dan sekaligus menghibur. Berbelanja membawa perasaan sehat serta dapat mempertemukan antara experience dan emosi konsumen sehingga membawa perasaan yang menggembirakan. Jadi yang berubah bukan pola belanjanya, melainkan daya beli dan cara belanjanya yang tidak sama,” jelas Yongky di acara Indonesia Brand Forum 2020 yang digelar secara virtual pada Selasa (30/6).

Oleh karena itu, Yongky menyarankan kepada para pemilik  merek agar mencermati  perubahan perilaku pasar ini. Pemilik merek  harus bisa mengakomodasi kendala-kendala yang dihadapi konsumen melalui digitalisasi. “Digitalisasi gerai salah satu pilihan yang disarankan,” pungkasnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


UOB Indonesia dan Ganara Art luncurkan Creative Digital Pod Untuk Anak Kurang Mampu

UOB Indonesia dan Ganara Art luncurkan Creative Digital Pod Untuk Anak Kurang Mampu
JAKARTA, INFOBRAND.ID – UOB Indonesia dan Ganara Art telah meluncurkan Creative Digital Pod, yakni sebuah program pembelajaran seni visual d...


Peringati Hari Guru Nasional, Zenius untuk Guru Rayakan Perjalanan Setahun

Peringati Hari Guru Nasional, Zenius untuk Guru Rayakan Perjalanan Setahun
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menjalani profesi sebagai seorang guru, artinya dituntut untuk siap menjalani sebuah profesi multi peran, dengan segenap tanta...


Peringati Hari Guru Nasional, Asuransi Astra bersama NgeLESin Berikan Asuransi Perlindungan Diri Bagi Guru

Peringati Hari Guru Nasional, Asuransi Astra bersama NgeLESin Berikan Asuransi Perlindungan Diri Bagi Guru
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Di balik pendidikan berkualitas di Indonesia terdapat sosok guru yang tak henti berjuang untuk mendidik para generasi penerus...


Kinerja ROBOARMS Generali Tembus Lebih dari 40% di atas IHSG

Kinerja ROBOARMS Generali Tembus Lebih dari 40% di atas IHSG
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Menjadi fitur terdepan untuk pengelolaan unit link nasabah, ROBOARMS dari PT Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Generali) terus...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR











Index

BRANDING & CSR






Index

BRAND ACHIEVEMENTS






Index