Jum'at, 19 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?

Posted by: 3327 viewer

Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?
dok. TRAS N CO Indonesia

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini media sosial menjadi salah satu sumber utama netizen untuk mencari berita, info produk maupun layanan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh Public Relation berfikir kreatif untuk memberikan informasi yang menarik dan informatif di dunia digital. Tak terkecuali di industri perbankan.

Berdasarkan hasil Survey Top Digital PR Index yang dilakukan TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan media INFOBRAND.ID, persaingan kinerja Digital PR di kategori Bank Konvensional nyatanya cukup sengit.

Dalam catatan TRAS N CO Indonesia, Bank BNI berhasil menempati posisi teratas dalam dan lolos dalam penilaian, baik dari segi Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect maupun Digital Mention Aspect dengan hasil yang memuaskan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dari segi Digital Media Aspect misalnya, bank komersial yang telah berdiri sejak 73 tahun lalu itu telah banyak diulas di media dengan jumlah pemberitaan mencapai 97.200 pemberitaan sepanjang 2019 lalu.

Kemudian dari segi Social Engagement Aspect dan Digital Mention Aspect, Bank BNI memiliki 338.438 penggemar di Facebook yang diikuti 1.204.675 followersnya di Twitter dan 215.018 followersnya di Instagram. Sementara total skor yang berhasil diraih Bank BNI dari hasil survei Top Digital PR Index mencapai 21,40%. Artinya Bank BNI cukup aktif menerapkan strategi digital PR-nya.

Kemudian di posisi kedua ditempati oleh Bank BRI dengan jumlah pemberitaan yang mencapai 88.000 sepanjang tahun 2019 lalu. Bank yang sudah ada sejak 1895 silam ini rupanya memiliki penggemar di Facebook lebih banyak dibanding BNI yaitu mencapai 611.291 penggemar. Sementara jumlah pengikut di Twitter, BRI masih ada di bawah BNI dengan 144.057 pengikut. Kemudian untuk pengikut di Instagram, BRI kembali unggul dengan 248.824 pengikut. Untuk total skor yang berhasil dihimpun Bank BRI sendiri mencapai 14,09%.

Sementara di posisi ketiga atau terakhir ditempati oleh Bank BCA. Dimana bank yang pernah menjadi bagian penting dari Salim Group ini telah diulas media sebanyak 77.700 pemberitaan sepanjang tahun 2019. Di Facebook, BCA berada di bawah BNI dan BRI dengan 226.131 penggemar. Kemudian di Twitter, bank ini memiliki pengikut sebanyak 90.415. Dan di Instagram sendiri, jumlah pengikutnya mencapai 234.780. Sementara untuk total skor yang berhasil dicapai Bank BCA adalah 13,63%.

Sebagai informasi, perusahaan perbankan yang kita bahas di atas tadi adalah mereka yang telah benar-benar berhasil mengubah dan mengolah cara dan fungsi komunikasinya di media sosial seperti Facebook, Twitter maupun Instagram. Selain itu, mereka juga mampu mengolah emosional konsumennya dengan tawaran value yang unik sekaligus memahami kebutuhan konsumennya dengan strategi brand story yang excellent. Oleh karena itu, Digital PR menjadi suatu hal yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah perusahaan di masa kini, tak terkecuali perusahaan perbankan.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...


Kimia Farma Dukung Kelancaran Mudik 2024 Melalui Layanan Kesehatan

Kimia Farma Dukung Kelancaran Mudik 2024 Melalui Layanan Kesehatan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Kimia Farma Tbk (KAEF) bersama dengan anak usaha PT Kimia Farma Apotek (KFA) dan PT Kimia Farma Diagnostika (KFD) mendukung...


BNI Hadirkan UMKM Binaan di Pameran Indonesia in SG

BNI Hadirkan UMKM Binaan di Pameran Indonesia in SG
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkolaborasi dengan KBRI Singapura dan Bank Indonesia menyelenggarakan pamera...


Hankook iON Race Tampil Memukau pada Double Header Formula E di Italia

Hankook iON Race Tampil Memukau pada Double Header Formula E di Italia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sirkuit Misano di pesisir Laut Adriatik untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah double-header Kejuaraan Dunia Formula E ABB F...