Selasa, 02 Juni 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?

Posted by: 21-02-2020 16:56 WIB 564 viewer

Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?
dok. TRAS N CO Indonesia

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini media sosial menjadi salah satu sumber utama netizen untuk mencari berita, info produk maupun layanan yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh Public Relation berfikir kreatif untuk memberikan informasi yang menarik dan informatif di dunia digital. Tak terkecuali di industri perbankan.

Berdasarkan hasil Survey Top Digital PR Index yang dilakukan TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan media INFOBRAND.ID, persaingan kinerja Digital PR di kategori Bank Konvensional nyatanya cukup sengit.

Dalam catatan TRAS N CO Indonesia, Bank BNI berhasil menempati posisi teratas dalam dan lolos dalam penilaian, baik dari segi Digital Media Aspect, Social Engagement Aspect maupun Digital Mention Aspect dengan hasil yang memuaskan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dari segi Digital Media Aspect misalnya, bank komersial yang telah berdiri sejak 73 tahun lalu itu telah banyak diulas di media dengan jumlah pemberitaan mencapai 97.200 pemberitaan sepanjang 2019 lalu.

Kemudian dari segi Social Engagement Aspect dan Digital Mention Aspect, Bank BNI memiliki 338.438 penggemar di Facebook yang diikuti 1.204.675 followersnya di Twitter dan 215.018 followersnya di Instagram. Sementara total skor yang berhasil diraih Bank BNI dari hasil survei Top Digital PR Index mencapai 21,40%. Artinya Bank BNI cukup aktif menerapkan strategi digital PR-nya.

Kemudian di posisi kedua ditempati oleh Bank BRI dengan jumlah pemberitaan yang mencapai 88.000 sepanjang tahun 2019 lalu. Bank yang sudah ada sejak 1895 silam ini rupanya memiliki penggemar di Facebook lebih banyak dibanding BNI yaitu mencapai 611.291 penggemar. Sementara jumlah pengikut di Twitter, BRI masih ada di bawah BNI dengan 144.057 pengikut. Kemudian untuk pengikut di Instagram, BRI kembali unggul dengan 248.824 pengikut. Untuk total skor yang berhasil dihimpun Bank BRI sendiri mencapai 14,09%.

Sementara di posisi ketiga atau terakhir ditempati oleh Bank BCA. Dimana bank yang pernah menjadi bagian penting dari Salim Group ini telah diulas media sebanyak 77.700 pemberitaan sepanjang tahun 2019. Di Facebook, BCA berada di bawah BNI dan BRI dengan 226.131 penggemar. Kemudian di Twitter, bank ini memiliki pengikut sebanyak 90.415. Dan di Instagram sendiri, jumlah pengikutnya mencapai 234.780. Sementara untuk total skor yang berhasil dicapai Bank BCA adalah 13,63%.

Sebagai informasi, perusahaan perbankan yang kita bahas di atas tadi adalah mereka yang telah benar-benar berhasil mengubah dan mengolah cara dan fungsi komunikasinya di media sosial seperti Facebook, Twitter maupun Instagram. Selain itu, mereka juga mampu mengolah emosional konsumennya dengan tawaran value yang unik sekaligus memahami kebutuhan konsumennya dengan strategi brand story yang excellent. Oleh karena itu, Digital PR menjadi suatu hal yang sangat penting bagi keberlangsungan sebuah perusahaan di masa kini, tak terkecuali perusahaan perbankan.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Survei Alvara: Perilaku Publik Selama Pandemi Covid-19

Survei Alvara: Perilaku Publik Selama Pandemi Covid-19
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Sejak tanggal 2 Maret 2020, virus corona atau covid-19 telah masuk Indonesia dan telah menyebar ke seluruh Indonesia. An...


8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19

8 DIMENSI PERILAKU Masyarakat di Masa Covid-19
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Konsultan Brand ETNOMARK melakukan riset untuk mengenali gaya perilaku masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19 ini. Sedi...


WFH Karena Corona, 5 Aplikasi Ini Bisa Jadi Rekomendasi Untuk Meeting Online

WFH Karena Corona, 5 Aplikasi Ini Bisa Jadi Rekomendasi Untuk Meeting Online
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Pada pertengahan Maret 2020 lalu, Presiden Joko Widodo telah memberikan instruksi kepada berbagai perusahaan yang ada di...


Perangi Virus Corona, Program CSR Jadi Strategi Jitu Bangun Citra Perusahaan

Perangi Virus Corona, Program CSR Jadi Strategi Jitu Bangun Citra Perusahaan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Bencana wabah virus corona (Covid-19) yang terjadi di Indonesia semakin mengkhawatirkan masyarakat. Dampaknya pun telah dirasa...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index