Rabu, 20 Maret 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata

Posted by: 13-03-2019 15:46 WIB 24 viewer

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata
Arief Yahya, Menteri Pariwisata

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta sampai akhir 2019. Selama 4 tahun target  kunjungan wisman ke Indonesia sudah sesuai rencana atau on the track. Namun, munculnya musibah bencana alam dalam dua tahun berturut-turut; yakni erupsi Gunung Agung di Bali  pada September 2017 dan gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB)  pada Agustus 2018 berdampak pada menurunnya kunjungan wisman ke Indonesia. Meski demikian, untuk target devisa dalam dua tahun itu tercapai. Tahun 2018 devisa pariwisata meningkat  sebesar US$17 milyar meningkat dari tahun sebelumnya.

Upaya untuk mencapai target 17 juta kunjungan wisman di 2018, Kemenpar melakukan  tiga program strategis. Pertama, Hot Deal ViWI 2018 dengan target 2,5 juta wisman. Kedua, program insentif bagimaskapai penerbangan (airlines)  untuk melakukan bundling ticket dengan target 1,5 juta wisman, dan program ketiga digital marketing platform competing destination model (CDM).

Kementerian Pariwisata dalam membangun brand Pesona Indonesia menawarkan agar korporasi memanfaatkan posisi tawar Brand Wonderful Indonesia yang  saat ini menempati peringkat 47 dalam Country Branding Index,  jauh mengungguli Malaysia dan Thailand.

Kemenpar mentargetkan program  co-branding Wonderful Indonesia (WI) dan Pesona Indonesia (PI) dengan 100 mitra (brand) untuk melakukan PKS (Perjanjian Kerja sama),  sebagai wujud in action Co-Branding Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dalam mempercepat tercapainya target kunjungan 17 juta wisatawan mancanegara (wisman) tahun 2018 dan 20 juta wisman hingga akhir 2019.

Saat ini sudah ada 130  brand dari berbagai kategori produk seperti fast moving consumer goods (FMCG), banking, kuliner, digital, hingga selebritis endorser yang melakukan co-branding.  Sebagai action konkrit co-branding WI/PI dengan mitra sudah diwujudkan yang masing-masing brand mendapat benefit. Misalnya, memasang logo WI di kendaraan taksi dan bus. Serta  Training for the Trainer Program Wonderful Indonesia Service Ambassador (WISA) kepada para pengemudinya.

Bicara kombinasi strategis penggunaan media, antara media konvensional dengan penggunaan media berbasis internet, sekitar tahun 2014-2015 strategi promosi Kemenpar menggunakan komposisi 60% offline dan 40% online. Namun  belakangan ini komposisi ini dibalik;  40% offline  dan 60% online berbasis internet.

Kemenpar melakukan co-branding dengan para mitra (brand mitra) dari kalangan korporasi; consumer goods (FMCG), banking, kuliner, digital, hingga selebritis endorser. Selain itu membangun komunikasi bersama Generasi Pesona Indonesia (GenPi), Generasi Wonderful Indonesia (GenWi) di mancanegara. Saat ini GenPI sudah menyebar di 24 provinsi di Indonesia, sedangkan GenWi di 10 negara. []


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital

Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital
Satu dekade terakhir terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam...


Millennials  & Creativity

Millennials & Creativity
Memang tak mudah untuk mendapat gelar Startup Unicorn.   Tapi Indonesia punya anak-anak muda kreatif yang menggawangi perusahaan rintisan&nb...


Fenomena Dual Screen

Fenomena Dual Screen
PT The  Nielsen  Company Indonesia (Nielsen) cukup adaptif melihat  perkembangan media di Indonesia.  Kami  punya  layan...


Membangun Marketing Channel di Media Digital

Membangun Marketing Channel di Media Digital
Sejatinya media digital bisa menjadi sarana yang powerfull untuk melakukan serangkaian aktifitas marketing. Namun, hingga saat ini media digital baru...


Strategic Branding Management

Strategic Branding Management
Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang t...


Membidik Pasar Milenial

Membidik Pasar Milenial
Berbicara digital dan milenial  itu dua hal yang saling berhubungan.   Enabler atau teknologi nya adalah digital, customernya  ada...


Menjadi Digital Brand Champion

Menjadi Digital Brand Champion
Tak dipungkiri bila marketing digital mempengaruhi market offline. Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengungkapkan, sebagian bes...


Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta sampai akhir 2019. Selama 4 tahun target  kunj...


Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital

Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital
Perkembangan teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat...


Digital Branding Atau Tergerus?

Digital Branding Atau Tergerus?
Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era...


Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis fra...


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan

Strategi Autentik Untuk Brand, Produk Dan Layanan
Banyak pembelajaran menarik bisa dipetik saat mengamati berbagai bisnis. Kali ini kita bahsa aspek yang dikaitkan dengan preferensi konsumen.  Me...


Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???

Adakah Yang Mau Membeli Barang Semahal Itu???
Kalimat diatas seringkali kita dengar dari beberapa orang terhadap barang yang sangat mahal. Tentunya akan lebih berbahaya jika diucapkan bagi tenaga...