PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk. membukukan laba pada triwulan kedua 2019 sebesar Rp816,42 miliar atau tumbuh 7,67% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Bank kebanggaan masyarakat Jatim tersebut juga mencatatkan tren positif dari sisi aset dengan peningkatan 15,81% menjadi Rp68,95 triliun
Berdasarkan keterangan pers yang diterima INFOBRAND.ID pada Rabu (24/7), kinerja moncer Bank Jatim ditopang oleh pertumbuhan kredit yang sebesar Rp. 34,77 triliun atau tumbuh 8,25 % (YoY). Adapun, kredit sektor konsumsi menjadi penyumbang tertinggi dengan Rp 21,37 triliun atau tumbuh 4,33 % (YoY).
Kemudian, dana pihak ketiga (DPK) Bank Jatim juga mencatatkan kenaikan 17 % (YoY) yaitu menjadi Rp. 57,93 triliun.
“Pertumbuhan dana pihak ketiga yang signifikan tersebut menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat kepada bankjatim meningkat. Selain itu pencapaian DPK tersebut diperkuat dengan CASA rasio bankjatim sebesar 69,62 %,” tulis rilis tersebut.
Lalu, komposisi rasio keuangan Bank Jatim selama enam bulan pertama 2019 antara lain Return on Equity (ROE) sebesar 21,30 %, Net Interest Margin (NIM) sebesar 6,30 %, dan Return On Asset (ROA) 3,5 %. Sedangkan Biaya Operasional dibanding Pendapatan Operasional (BOPO) masih tetap terjaga di angka 63,46 %.
“Selama semester I/2019, berbagai aksi korporasi telah dilakukan perseroan untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat khususnya nasabah, seperti peluncuran portal e-form kredit,” tuturnya.
Bank Jatim mengklaim portal tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan pengajuan kredit. Secara teknis calon nasabah cukup melakukan registrasi pada portal e-form kredit dan selanjutnya calon nasabah akan mendapatkan notifikasi berupa persyaratan yang harus dibawa ke kantor bankjatim terdekat.
Selain aksi korporasi, berbagai penghargaan juga mewarnai pencapaian kinerja Bank Jatim selama semester pertama 2019. Kurang lebih terdapat 12 penghargaan dari lima ajang penghargaan berhasil diraih oleh bankjatim.
Diawali dengan ajang penghargaan TOP BUMD Award, Bank Jatim berhasil meraih empat kategori sekaligus. Selang satu bulan kemudian, Bank Jatim kembali meraih penghargaan prestisius dalam ajang Digital Brand Banking Award 2019.
Penghargaan tersebut sekaligus penegasan bahwa brand Bank Jatim sangat terkenal di mata masyarakat Indonesia.