Senin, 20 Mei 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Pentingnya Menerapkan Elemen SDGs dalam Menjalankan Perusahaan

Posted by: 1535 viewer

Pentingnya Menerapkan Elemen SDGs dalam Menjalankan Perusahaan
SDGs.

INFOBRAND.ID - SDGs yang dirumuskan pada tahun 2015 oleh United Nations General Assembly (UNGA) merupakan bagian dari Post-2015 Development Agenda, sebagai upaya menciptakan kerangka kerja pembangunan global masa depan.

Pada 6 Juli 2017, SDGs telah dibuat lebih mudah untuk dapat diimplementasikan. Perusahaan, perlu untuk menerapkan beberapa elemen SDGs ini dalam program bisnis. Ada beberapa alasan penting mengapa perusahaan perlu menerapkan elemen SDGs, antara lain;

1. Melibatkan karyawan untuk tujuan mulia

IKLAN INFOBRAND.ID

Millennial Employee Engagement Study oleh Cone Communications menunjukkan bahwa karyawan akan lebih setia kepada perusahaan yang membantu mereka berkontribusi terhadap masalah sosial dan lingkungan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa para karyawan percaya bahwa suatu pekerjaan akan lebih memuaskan ketika mereka diberi kesempatan untuk memberikan dampak positif pada masalah sosial dan lingkungan.

Selain generasi muda, umumnya lebih banyak karyawan yang mencari perusahaan dengan tujuan dan keberlanjutan yang jelas. Menerapkan SDG dalam strategi bisnis perusahaan kita adalah cara yang baik untuk mencapai kepuasan karyawan yang lebih tinggi. Karyawan yang bahagia dan puas = hasil kerja yang memuaskan. Dengan itu, perusahaan akan memiliki performa yang lebih baik.

2. Mengelola risiko dan lisensi untuk beroperasi

Perusahaan yang ingin memiliki kinerja yang stabil dan berkelanjutan perlu memastikan bahwa mereka  akan tetap relevan di masa depan. Akan ada semakin banyak juga tekanan dari kebijakan di pasar negara-negara berkembang mengenai transparansi, akuntabilitas, dan tanggung jawab lingkungan. Hal ini secara drastis meningkatkan risiko yang terkait dengan lisensi untuk beroperasi di area tersebut. Dengan menginkorporasikan elemen SDG pada bisnis kita, hal itu akan membantu perusahaan dalam mengelola risiko itu sendiri.

3. Mengoptimalkan sumber daya bisnis dan menciptakan nilai lebih

IKLAN INFOBRAND.ID

Manfaat SDGs lainnya adalah menciptakan potensi optimalisasi bahan baku. Hal ini memungkinkan sebuah perusahaan untuk mematok harga yang lebih tinggi untuk produknya karena pelanggan akan bersedia membayar lebih untuk produk yang ramah lingkungan. Dengan memasarkan karakteristik ‘sustainability’ / berkelanjutan dalam brandnya, perusahaan dapat menambahkan nilai ekstra pada produk mereka sambil memaksimalkan efisiensi produksinya.

4. Stand out dibandingkan dengan para pesaing

SDGs membawa banyak sekali manfaat. Banyak perusahaan yang sudah menyadari hal itu dan sudah mulai mengimplementasikannya untuk masa depan yang lebih baik. Menurut penelitian oleh NYU Stern Center for Sustainable Business yang bermitra dengan IRI, produk yang dipasarkan sebagai ‘sustainable products’ di semua kategori menghasilkan penjualan sebesar $113,9 miliar pada tahun 2018, yang meningkat 29% dibandingkan tahun 2013. Selama 5 tahun tersebut, produk bertemakan ‘sustainability’ telah tumbuh 5,6x lebih cepat daripada produk yang tidak dipasarkan sebagai berkelanjutan.

Salah satu alasan pertumbuhan pesat ini adalah semakin banyak pelanggan yang menuntut perusahaan untuk memiliki produk yang berkelanjutan. Mereka juga menuntut perusahaan untuk selalu bertanggung jawab dengan sumber daya alam, sumber daya manusia yang dipakai, beserta lingkungan.

Menurut laporan “State of the Connected Customer” tahun 2019, di mana Salesforce Research mensurvei lebih dari 8.000 konsumen, 65% pelanggan secara aktif mencari untuk membeli dari perusahaan yang ramah lingkungan dan 73% pelanggan mengatakan bahwa etika perusahaan merupakan hal yang penting. Ini menunjukkan seberapa cepat permintaan terhadap bisnis yang berkelanjutan untuk tumbuh.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand

Mengambil Hati Gen Z, Ini yang Harus Dilakukan Brand
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menghadapi Generasi Z (Gen Z), yang dikenal sebagai digital natives, menjadi tantangan sekaligus peluang besar bagi berbagai b...


Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON

Ini Keandalan Google TV Terbaru dari POLYTRON
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital saat ini, kebutuhan akan hiburan di rumah semakin menjadi prioritas bagi banyak individu. Dengan perkembangan t...


Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z

Wuling Air EV, Mobil Listrik Favorit Gen Z
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Salah satu mobil listri andalan Wuling, yakni Air EV menjadi mobil listrik favorit generasi Z dan berhasil meraih penghargaan...


Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif

Gandeng Rawtype Riot, BFGoodrich Luncurkan Koleksi Fesyen Otomotif
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Produsen ban global untuk lini on-road dan off-road, BFGoodrich Indonesia baru-baru ini meluncurkan kolaborasi dengan brand fe...