Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Ramadhan 2021, jadi Momentum UMKM Bangkit di Masa Pandemi

Posted by: 2330 viewer

Ramadhan 2021, jadi Momentum UMKM Bangkit di Masa Pandemi
Webinar tren Sajian Idul Fitri 2021 dan strategi berbisnis di bulan Ramadhan bersama UMKM.

JAKARTA - Pandemi covid-19 yang sudah melanda sekitar setahun belakangan memengaruhi banyak kalangan, termasuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah. Momen Ramadhan yang diyakini membawa berkah menjadi kesempatan bagi pelaku UKM untuk bangkit dan memulai bisnis.

Upaya untuk bangkit dari pandemi mendapatkan dukungan dari pemerintah, dengan memberikan berbagai bantuan agar UMKM untuk bangkit. Ini karena kontribusi UMKM terhadap produk domestik bruto sangat besar sekitar 60%.

Salah satu bentuk bantuan pemerintah disalurkan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) Kementerian Koperasi dan UKM. Sepanjang 2020, LPDB-KUMKM menyalurkan pembiayaan dari program Pemulihan Ekonomi Nasional sebesar Rp1,2 triliun.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Pembiayaan itu diserap keseluruhan oleh 100 koperasi di seluruh Indonesia,” ungkap Satria Septiawan, Kepala Subdivisi Bisnis LPDB-KUMKM, saat webinar jagatbisnis.com yang bertema Tren Sajian Idul Fitri 2021 dan Strategi Berbisnis di Bulan Ramadan Bersama UMKM, di Hotel Aston Simatupang Jakarta, Sabtu (10/4/2021).

Satria menjelaskan lebih jauh bahwa kredit macet (nonperforming loan/NPL) terbilang kecil sekitar 1,24%. Salah satu penyebabnya yaitu bunga yang diberikan lebih rendah ketimbang biasanya. Bunga pinjaman bagi koperasi lewat PEN hanya dikenakan sebesar 3%. Di luar PEN, bunga LPDB-KUMKM biasanya sekitar 5%-7%.

Pada triwulan I tahun ini, pihaknya masih menyalurkan pinjaman melalui PEN sebesar Rp487 miliar. Ke depan, lanjutnya, LPDB tidak hanya menjadi penyalur tapi juga melakukan pendampingan dan inkubator sehingga menghasilkan koperasi dan UMKM yang lebih berkualitas. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Koperasi dan UKM Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penyaluran Pinjaman atau Pembiayaan Dana Bergulir oleh Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM).

Di tempat yang sama, Kepala Bagian Layanan UKM Smesco Astika Kasiro mengatakan bahwa penjualan UMKM yang menjadi binaannya selama pandemi turun hingga 60%. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

“Kami bekerja sama dengan Gojek melalui Gostore dengan mengadakan live shopping pada Maret 2021 untuk perdana. Hasilnya produk herbal dan spa UMKM terjual habis karena audiens antusias terhadap acara itu. Produk makanan minuaman juga naik dalam acara itu,” tutur Astika.

Melihat keberhasilan itu, pihaknya akan kembali mengadakan live shopping di Gostore pada bulan puasa nanti. Kali itu, produk yang diangkat yaitu fesyen dan aksesori. Selain dengan Gojek, Smesco juga bekerja sama dengan Kimia Farma yang memiliki 1.300 gerai untuk produk herbal dan spa. Pihaknya juga menggandeng Accor Group untuk perluasan pasar di hotel.

Dalam acara itu, pelaku UMKM diwakili Owner Wintje's Cake Windy Poerwono. Ia menceritakan jatuh bangun mengembangkan bisnis kuenya selama dua tahun.

Awalnya, Windy mengurus perizinan serta mengikuti berbagai pelatihan dan bazaar dari Pemprov DKI Jakarta. Ia berprinsip dalam menjalankan bisnis untuk mencari rezeki yang halal dan tabungan akhirat. Karenanya, ia memikirkan kebahagiaan karyawannya dengan memberikan penghargaan bagi prestasi mereka berupa umrah gratis dan kesempatan bersekolah. Hingga kini usahanya meliputi 65 produk kue untuk melayani seluruh segmen pasar.

Unilever turut berpartisipasi dalam acara webinar itu dengan demo masak. Menurut Digital Marketing Lead Unilever Food Solutions Kahfi Arif, perusahaannya turut peduli dengan pengembangan UMKM yang terkena dampak pandemi. Dalam hal ini Unilever memberikan tips membuat menu yang meningkatkan omzet selama Ramadan atau biaya lebih rendah.

“Untuk lebih jelasnya menu-menu tersebut dapat dilihat di situs web unileverfoodsolutions.co.id dam Instagram @unileverfoodsolutionsid,” kata Kahfi. Bagi yang berminat dapat pula menyaksikan pelatihan untuk UMKM oleh Unilever dan Tokopedia selama Ramadan sebanyak empat kali.

Adapun acara webinar ''Kiat Menjadi UMKM Kuliner dan Cooking Demo'' didukung oleh Mandiri Taspen, Unilever Food Solutions, Le Mineral,  Wintje's Cake, Aston Hotel Simatupang, Kalbe, Drink Beng Beng, Cimory, Bungsari, Kokola Biskuit, Frisian Flag, Samsung,  Shopee, LPDB KUMKM dan Smesco.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Popular di Ranah Digital, Simba Sabet Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Popular di Ranah Digital, Simba Sabet Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand sereal yang berada di bawah naungan PT Simba Indosnack Makmur, Simba, berhasil menyabet penghargaan Indonesia Digi...


Hadirkan Produk Andal, Cosmos Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Hadirkan Produk Andal, Cosmos Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand produk peralatan rumah tangga Cosmos berhasil memperoleh penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA)...


Hadirkan Konten Relevan, Hansaplast Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Hadirkan Konten Relevan, Hansaplast Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand plester luka Hansaplast sukses meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand 2024 dari media INFOBRAND.ID bek...


Untuk ke-32 Kalinya, INFOBRAND.ID Sukses Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Untuk ke-32 Kalinya, INFOBRAND.ID Sukses Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah persaingan yang semakin sengit, tingkat popularitas brand menjadi salah satu kunci sukses penjualan produk seb...