Rayakan Usia ke-40, HokBen Luncurkan Irodori Bento dan Promo Spesial
Posted by: Alvin Pratama | 23-04-2025 17:05 WIB | 671 views

INFOBRAND.ID-Tahun ini, tepatnya pada 18 April 2025, HokBen sebagai brand makanan bergaya Jepang di Indonesia, memasuki usia ke-40 tahun dengan tema "40 Years Together, Made It Better". Sebuah perjalanan panjang yang penuh tantangan telah dilalui dengan semangat, inovasi, dan kebersamaan. Berkat dukungan pelanggan setia, HokBen terus tumbuh dan berkembang hingga saat ini.
Irma Wulansari, Public Relation Marketing Manager PT Eka Bogainti, perusahaan pengelola jaringan HokBen, menjelaskan, tahun ini HokBen akan ekspansi membuka 5-10 outlet baru.
Dibandingkan tahun 2024 dan 2023 yang agresif, tahun ini langkah HokBen cenderung moderat. Sebagai gambaran, sepanjang 2024 HokBen membuka 20 cabang baru dan tahun 2023 meresmikan 85 outlet anyar. Kini, total outlet HokBen ada 394 cabang di seluruh Tanah Air, dari Aceh hingga Lombok NTB.
“Strategi tahun 2025, HokBen sebagai perusahaan asli Indonesia akan lebih banyak melakukan pembenahan toko, peningkatan layanan pelanggan, perbaikan menu dan lainnya. Ini pengetatan budget karena dampak kondisi perekonomian global dan nasional yang cenderung menantang,” jelasnya (22/4/2025).
Konsep outlet HokBen ada lima: Hokben Plus, stand alone, di dalam mall, di ruko, dan Hokben Kitchen (didirikan saat pandemi Covid-19, khusus melayani ojol dan take away) yang kini jumlahnya mencapai 90 outlet. HokBen Plus pertama kali hadir pada 18 Oktober 2024 di Grand Kota Bintang Bekasi, dilanjutkan HokBen Plus Flavor Bliss Alam Sutera tahun 2025.
Menurut Irma, kunci HokBen masih survive 40 tahun dengan 394 outlet milik sendiri yang akan terus bertambah adalah konsisten menjaga kualitas dan meningkatkan pelayanan pelanggan.
“Kami rutin memberikan training kepada karyawan baru atau lama untuk refresh skill agar mampu melayani konsumen dengan hati,” tuturnya seraya menyebut total karyawan mencapai 7.000 orang.
HokBen hadir pertama kali di Jakarta pada 18 April 1985, di bawah manajemen PT Eka Bogainti, sebagai restoran siap saji bergaya Jepang di Indonesia. Sebagai merek asli Indonesia dan 100% milik Indonesia, HokBen memulai perjalanannya dari satu store di Kebon Kacang, Jakarta, kemudian tumbuh dan berkembang hingga memiliki lebih dari 394 gerai (data per Maret 2025) di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi
Restoran HokBen tersebar di Jabodetabek, Serang, Cilegon, Karawang, Bandung, Cimahi, Tasikmalaya, Cianjur, Sukabumi, Purwakarta, Cirebon, Tegal, Semarang, Klaten, Purwokerto, Pekalongan, Salatiga, Cilacap, Yogyakarta, Solo, Kudus, Surabaya, Gresik, Jember, Malang, Denpasar, Lombok, Bandar Lampung, Palembang, Prabumulih, Medan, Binjai, Dumai, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Padang, Bukittinggi, Pontianak, Banjarmasin, Banjarbaru, Samarinda, Bontang, Balikpapan, Makasar, Palangkaraya, Batam, Pangkal Pinang, Banda Aceh, Lhoksuemawe, Manado.
Layanan HokBen terdiri dari makan di tempat (dine-in), pesanan dibawa pulang (take away), HokBen Delivery melalui 1 500 505 atau melalui pesan online di website resmi dan HokBenApps yang tersedia di Google Playstore & Apple Store, pesanan melalui kendaraan lewat (drive thru), acara ulang tahun (Birthday Party), serta pesanan dalam jumlah besar.
Sebagai bagian dari perayaan 40 tahun dan upaya memperkuat brand HokBen di benak pelanggan, diluncurkan menu terbaru bernama Irodori Bento — bento eksklusif dengan 9 sekat yang menyajikan pengalaman baru menikmati aneka menu khas HokBen dalam satu kotak.
Irodori Bento hadir dalam tiga varian: Irodori Bento 1 – Chicken Teriyaki, Irodori Bento 2 – Beef Yakiniku dan Irodori Bento 3 – Chicken Curryaki. Setiap kotak Irodori Bento terdiri dari 2 porsi nasi, mi ramen dengan saus pasta, serta berbagai lauk lengkap khas HokBen. Harga menu baru ini 50 ribu - 54 ribu per porsi.
“Peluncuran menu baru ini perdana di cabang HokBen Plus Alam Sutra,Tangerang dan selanjutnya dilakukan secara bertahap di seluruh cabang di Indonesia,” kata Irma.
Hingga kini, HokBen memiliki lebih dari 50 menu. Setiap tahun meluncurkan 3-4 menu baru. Sebelum peluncuran, tiap menu baru melalui proses internal HokBen tentang makanan apa saja yang sedang tren di masyarakat, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.
Adapun menu favorit yang best seller adalah Bento Spesial, karena isi menu lebih lengkap dan porsi lebih banyak, sehingga disukai konsumen. Sebaliknya, ada juga menu yang diluncurkan, tapi kurang bagus respons pasar. Salah satunya menu Steak Salmon. Alasannya harga menu lebih mahal karena memang harga bahan baku salmon juga mahal.
Dalam rangka merayakan hari jadi yang ke-40, HokBen menghadirkan berbagai penawaran spesial sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia. Promo-promo menarik tersebut meliputi: Oishi Lucky Fest, yaitu kesempatan memenangkan berbagai hadiah menarik, termasuk hadiah utama mobil listrik Wuling Air EV, dengan transaksi minimum Rp140.000. Promo berlaku pada periode 18 April – 18 Juli 2025.
Kedua, Bounce Back Coupon. Dengan transaksi minimum Rp 140.000 mendapatkan kupon potongan harga untuk menu tertentu (Irodori Bento 3, Paket HokBen Fried Chicken 2 pcs, dan 2 Hoka Hemat + 2 Sosro, semuanya seharga Rp40.000 dan berlaku hanya untuk dine-in. Periode penukaran 18 April – 18 Juli 2025.
Ketiga, Gebyar Promo Diskon 40%. Diskon 40% untuk menu pilihan Gebyar 1–4, cocok untuk dinikmati sendiri hingga berempat. Promo berlaku pada 18–24 April 2025. Hanya berlaku untuk dine-in. HokBen juga bekerja sama dengan mitra strategis dari berbagai sektor seperti perbankan, fintech, layanan antar online, hingga FMCG.
Mitra yang terlibat antara lain Bank Mega, BSI, BNI, BRI, BCA Syariah, Panin, KB Bank, ShopeePay, Shopee PayLater, Yup, ShopeeFood, GoFood, Qpon, dan Nestlé. Setiap kerja sama menghadirkan keuntungan berbeda seperti diskon, cashback, dan tebus murah, sesuai dengan syarat dan ketentuan masing-masing.
Baca berita lainnya di Google News