Rabu, 24 Juli 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Resmi Diluncurkan, Ini Fitur Baru yang Ada di iOS 15

Posted by: 1872 viewer

Resmi Diluncurkan, Ini Fitur Baru yang Ada di iOS 15
Ilustrasi iOS 15/Istimewa

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Pabrikan teknologi asal Amerika, Apple, baru saja meluncurkan sistem operasi iOS 15 untuk iPhone, dengan berbagai pembaruan dan lebih banyak kontrol privasi bagi pengguna. 

Seperti dikutip dari laman resmi Apple, Selasa (21/9/2021), iOS  terbaru besutan Apple ini menawarkan beragam fitur baru, di anataranya adalah FaceTime, Maps, Focus dan Live Text. Berikut ulasan singkatnya.

1. FaceTime
Fitur baru pertama dari Apple adalah FaceTime, fitur ini memberikan audio spasial untuk suara dan video FaceTime untuk memberi kesan pengguna berhadapan langsung dengan lawan bicaranya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selai itu, mikrofon ponsel juga mengalami pembaruan perangkat lunak, memiliki fitur isolasi suara, Voice Isolation, untuk mengurangi suara di latar belakang agar suara pengguna lebih terdengar.

Apple juga membawa mode potret yang ada di kamera iPhone untuk panggilan video melalui FaceTime, latar belakang pengguna akan terlihat kabur. Fitur-fitur baru ini juga berlaku untuk aplikasi ketiga seperti Zoom dan Webex.

Fitur ini juga bisa digunakan untuk menelepon orang lain yang menggunakan Android dan Windows, melalui peramban. Meski begitu, panggilan melalui web browser akan tetap dilindungi enkripsi end-to-end.

2. Focus
Fitur baru di iOS 15 ini digunakan untuk mengurangi gangguan, pengguna bisa mengatur notifikasi yang muncul pada layar ponselnya. Hebatnya lagi, Apple mengizinkan pengguna membuat sendiri profil Focus, misalnya saat jam kerja, berolahraga dan keperluan pribadi.

Focus hanya akan menampilkan notifikasi dari orang dan aplikasi yang diizinkan. Ketika pengguna sedang menyalakan Focus, akan muncul status di aplikasi Messages dan aplikasi pihak ketiga.

IKLAN INFOBRAND.ID

3. Notifikasi
Fitur anyar lainnyai dari iOS 15 yakni memberikan ikon notifikasi yang lebih besar dan foto kontak agar lebih mudah dikenali. Saat ini, iPhone memiliki ikhtisar notifikasi, yang menggunakan kecerdasan buatan untuk mengatur notifikasi berdasarkan prioritas.

4. Live Text
Fitur terbaru selanjutnya adalah menjadikan teks pada foto menjadi interaktif, bisa mengenali teks yang ada di foto dan mengizinkan pengguna untuk melihat informasi atau menerjemahkan teks tersebut.

5. Apple Maps
Pembaruan selanjutnya ada pada Apple Maps, dalam hal ini Apple memperbarui tampilan untuk aplikasi Peta agar bisa memberikan gambaran lebih rinci tentang sebuah kawasan. Fitur navigasi untuk kota Los Angeles, New York dan San Francisco kini menjadi tiga dimensi agar pengguna bisa lebih memahami kondisi jalan.

6. Notes
Untuk menggunakan fitur ini, pengguna bisa membuat penanda (tag) agar tulisan pada aplikasi Notes lebih tertata. Apple juga memberikan fitur kolaborasi, yaitu dengan menuliskan nama pengguna diawali tanda "@".

7. Kontrol privasi
Pemaruan fitur terakhir di iOS, adalah kontrol privasi, dengan fitur ini Apple menjanjikan lebih banyak transparansi pada iOS 15 agar pengguna memiliki lebih banyak kontrol terhadap data mereka. Fitur Mail Privacy Protection tidak mengizinkan pengirim mengetahui apakah email sudah dibuka dan menyembunyikan alamat IP.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Sinergi Dongkrak Kinerja Positif BUMN

Sinergi Dongkrak Kinerja Positif BUMN
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Dalam rangka mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, BUMN sungguh memiliki potensi besar dan memainkan peran krusial &ldquo...


Catat, Halal Fair Jakarta akan Digelar Agustus Ini

Catat, Halal Fair Jakarta akan Digelar Agustus Ini
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sebagai bentuk komitmen memajukan ekonomi syariah dan gaya hidup halal, WPCitra kembali akan menggelar Halal Fair pada Agustus...


Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka

Hadirkan 500 Perusahaan dari 20 Negara, FHI 2024 Resmi Dibuka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pameran dagang internasional tahunan untuk industri makanan dan minuman, perhotelan dan pariwisata paling komperhensif di Indo...


Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM

Gandeng Jawa Pos, Global CEO Indonesia Gelar Turnamen Golf Pro-AM
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Global CEO Indonesia dan Jawa Pos sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendukung perkembangan olah r...