Sabtu, 15 Februari 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

Sneaker Lokal ini Bagikan Kiat Agar Bisa Fokus Inovasi Bisnis

Posted by: Alvin Pratama | 14-01-2025 14:11 WIB | 280 views

Sneaker Lokal ini Bagikan Kiat Agar Bisa Fokus Inovasi Bisnis Geoff Maxx

INFOBRAND.ID-Sneaker lokal belakangan ini sedang menjadi tren fesyen di kalangan anak muda di tanah air. Walhasil, fenomena ini pun ikut mendorong pertumbuhan bisnis sepatu lokal, khususnya di Bandung, Jawa Barat.

Salah satu merek sepatu lokal asal Bandung yang saat ini banyak diminati adalah Geoff Maxx. Merek sepatu lokal yang didirikan oleh dua sahabat, Yusuf Ramdhani dan Fauzan Efwanda pada 2012 ini terkenal di kalangan pencinta musik dan olahraga ekstrem. 

Geoff Maxx lahir dari keprihatinan terhadap banyaknya anak muda yang menyukai sepatu buatan luar negeri hingga membeli jenis replikanya. 

IKLAN INFOBRAND.ID

“Saat itu kami ingin membuat sepatu buatan lokal yang tidak kalah dengan kualitas produk dari luar negeri. Jadi jika ada produk lokal yang bagus, kenapa harus memilih imitasi brand luar. Kami memulai berbisnis sepatu dengan kemampuan pengetahuan seadanya, membuat desain sendiri hingga proses pembuatan. Meski dengan modal kecil, kami tetap berusaha menghadirkan sepatu dengan bahan yang cukup berkualitas,” ungkap Yusuf. 

Untuk bisa bertahan hingga sekarang, Yusuf mengakui jika mereka terus lakukan inovasi dan beradaptasi dengan tren pasar. Misalnya dengan encar berpromosi melalui kerja sama dengan band-band tanah air dan internasional. 

Yusuf dan Fauzan tak hanya mengandalkan penjualan secara offline saja, namun juga masuk ke dunia penjualan online. “Pada tahun 2018 kami mulai masuk ke penjualan online untuk mendukung penjualan offline kami. Salah satunya membuka toko di marketplace seperti Lazada,” tutur Yusuf.  

Saat pandemi, Geoff Maxx juga sempat terdampak. Namun penjualannya secara online, menurut Yusuf, justru mampu mencapai ratusan ribu produk per bulannya. 

Di sinilah Yusuf dan Fauzan menyadari pentingnya pengelolaan logistik yang lebih baik sehingga memudahkan operasional toko dan memastikan pelanggan bisa menerima produknya dengan cepat dan aman.  

IKLAN INFOBRAND.ID

“Seiring pertumbuhan bisnis Geoff Max, kami juga menghadapi tantangan dalam pengelolaan operasional logistik kami. Apalagi dengan meningkatnya pesanan secara online, kami harus memastikan setiap pesanan ditangani dengan baik dan dikirim hingga sampai ke tangan pelanggan,” kata Yusuf.  

Sebagai solusinya, Geoff Maxx memanfaatkan layanan Multi Channel Logistics (MCL) dari Lazada logistic untuk pengelolaan logistiknya. Sebagai informasi, Lazada Logistics merupakan unit usaha logistik Lazada Indonesia.

Layanan MCL adalah solusi logistik yang menyederhanakan dan merampingkan seluruh proses. Lazada Logistics mengatur pemenuhan pesanan mulai dari pengambilan produk hingga pengiriman. 

“Dengan menggunakan layanan ini, kami bisa mengoptimalkan proses pemenuhan pesanan sehingga pelanggan bisa menerima produk dengan lebih cepat dan aman,” jelas Yusuf.  

Ia menjelaskan, layanan MCL yang menyeluruh memberi Geoff Maxx kesempatan untuk fokus berinovasi dan mengembangkan produk serta brand-nya tanpa harus khawatir tentang kompleksitas operasional. 

IKLAN INFOBRAND.ID

“Lazada Logistics berkomitmen untuk memberikan solusi logistik terbaik dengan memberikan kesempatan bagi penjual dan brand untuk fokus memikirkan strategi bisnis mereka untuk terus bertumbuh. Karena itulah, kami siap membantu mengelola operasional logistik mereka melalui infrastruktur dan jaringan logistik kami yang luas dan tersebar di seluruh Indonesia,” ujar Adiputra Wiharja, SVP, Logistics, Lazada Indonesia.  

“Dengan menggunakan layanan ini, kami bisa mengoptimalkan proses pemenuhan pesanan sehingga pelanggan bisa menerima produk dengan lebih cepat dan aman,” jelas Yusuf.  

Ia menjelaskan, layanan MCL yang menyeluruh memberi Geoff Maxx kesempatan untuk fokus berinovasi dan mengembangkan produk serta brand-nya tanpa harus khawatir tentang kompleksitas operasional. 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!