Rabu, 19 Juni 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Sukses Wika Membangun Brand Pemanas Air

Posted by: 12-03-2019 16:16 WIB 140 viewer

Sukses Wika Membangun Brand Pemanas Air
dok. PT Wika Industri Energi

Di bawah unit bisnis konversi energi,  PT. Wika Industri Energi memiliki produk  Water Heater (WH). Solar Water Heater (SWH), HeatPump Water Heater, Aircon Water Heater (AWH), Electric Water Heater (EWH) dan photo voltaic system (PV) yang mengubah energi matahari menjadi energi listrik dengan menggunakan tekhnologi monopoly chrystalin. 

Marketing Manager PT. Wika Industri Energi, Firmansyah mengklaim saat ini produk Wika SWH menguasai sekitar 35% pasar Solar Water Heater di tanah air. “Dari sisi brand, kami sudah cukup mengakar sejak 1987. Saat ini pesaing utama ada tiga merek.  Tapi sampai sekarang kami masih sangat confidence,” imbuh Firmansyah.

Ia menambahkan,  anehnya meski di Jakarta cuacanya panas, tapi pasar terbesar hingga saat ini masih  di Jakarta, disusul  Bandung dan Surabaya. 

Firmansyah melanjutkan, PT. Wika Industri Energi memiliki  3 segmen untuk memasarkan produk-produk konversinya. Yakni membidik segmen perumahan/kapasitas reguler/kecil dan segmen berkapasitas besar (industri dan bangunan) untuk produk SWH, AWH dan EWH.

Di segmen reguler, selain perumahan (ritel) ada segmen komersial kecil seperti hotel, salon, villa, restoran dan tempat fitnes dengan produk SWH Big Capacity, AWH Big Capacity dan Heatpump. Sementara di segmen komersial dengan kapasitas besar, terbagi lagi ke dalam tiga segmen yakni gedung lantai tiga ke atas seperti hotel, rumah sakit dan spa, industri dan kolam renang air hangat dengan produk SWH Big Capacity, AWH Big Capacity dan Heatpump.

Kini, semua  kegiatan  marketing PT. Wika Industri Energi dalam masa transisi untuk go digital.  Selain distributor, agen dan ritel yang berselancar melalui social media, search engine dan website nya,  sebagai  principal, PT. Wika Industri Energi juga memaksimalkan digital marketingnya secara interaktif baik melalui website, social media dan search engine. Dengan menggunakan single image yang sama.  “Kami punya tim digital media khusus dan konten-konten itu menjadi brain storming mereka yang pegang digital media,”ujar Firmansyah.

Setiap  distributor berperan di wilayahnya masing-masing dengan pendekatan kanvasing dan aktifitas promosi below the line.

Dari segi usia, PT. Wika Industri Energi membidik pasar  usia 30-40 tahun melalui digital marketing. Sementara  pasar usia 50 tahun melalui pendekatan lama lewat strategi promosi below the line dan melakukan kanvasing.

Secara prinsip pemilihan medianya yang berbeda dibandingkan beberapa tahun silam. Branding tetap dikuatkan.  Namun, bila  dulu kuat main di majalah, koran dan televisi,  sekarang Wika Pemanas Air dan Wika SWH bergeser ke  ranah digital. “Dari segi biaya lebih murah dan kita buat konten yang bisa sampai dengan cepat dan kami bisa  mengukur aktifitasnya. Dari segi demografi dan segmentasinya lebih cepat terukur,”terang Firmansyah.

Dengan marketing digital menggunakan search engine dan sosial media. “Saat ini komposisi aktifitas digital marketing dengan tradisional marketing  70:30. Sebaliknya distributor dominan aktifitas promosinya melalui  lini below the line 60% dan digital marketing 40%,”tambahnya.

Alhasil, sejumlah penghargaan berhasil diraih PT. Wika Industri Energi di kategori  produk pemanas airnya. Top Brand Award selama 8 tahun berturut-turut (2011-2018), Social Media Award 2018, Top Property Award 2017-2018, Indonesia Best Electricity Awards (IBEA) 2018 dan dua kali Pemanas Air Wika menerima penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDBPA) 2017 - 2018 yang diselenggarakan TRAS N CO Indonesia, INFOBRAND.ID dan IMFocus Certified Google Partner.-Adv


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Vitabumin Berselancar di Blue Ocean

Vitabumin Berselancar di Blue Ocean
Bagi netizen terutama kaum ibu muda,  merek Vitabumin bukanlah hal baru. Brand besutan PT AKSAMALA  Adi Andana ini sangat populer di antara...


TrueMoney Dobrak  Pasar Grassroot

TrueMoney Dobrak Pasar Grassroot
Sesuai dengan positioningnya  sebagai lembaga unbank, TrueMoney menyasar kelas C, D dan E. Mulai dari pembelian pulsa, pembayaran rekening secara...


SWEETY Is A Brand Champion Baby Diaper

SWEETY Is A Brand Champion Baby Diaper
Bermula dari misi sederhana PT  Softex Indonesia lahir di tahun 1974  ingin  menjadi bagian dari keluarga Indonesia dan apa saja kebutu...


SuperSpring, Kuasai Pasar GPS Tracker

SuperSpring, Kuasai Pasar GPS Tracker
Adalah SUPERSPRING ahlinya GPS Tracker Kendaraan. Sekali klik kata SUPERSPRING dari search enginee, dalam hitungan detik anda akan menemukan website :...