Selasa, 31 Januari 2023

Follow us:

infobrand

infobrand

Syarat 7C Dalam Proses Komunikasi Penjualan Yang Efektif

Posted by: 24-07-2018 15:10 WIB 14221 viewer

Syarat 7C Dalam Proses Komunikasi Penjualan Yang Efektif
Mindiarto Djugorahardjo

Berhasil atau gagalnya sebuah proses presentasi penjualan sangat dipengaruhi oleh keterampilan berkomunikasi ketika proses tersebut berlangsung. Karena saat inilah merupakan waktu yang paling rawan/kritis, sehingga diharapkan tingkat keberhasilan menutup penjualan menjadi momen yang tidak boleh terlewatkan. Keberhasilan menutup penjualan adalah sebuah kebahagiaan juga saat ini dan seterusnya, karena akan memotivasi proses penjualan ke prospek maupun pelanggan selanjutnya. Penulis ingin berbagi tentang syarat 7C di dalam proses komunikasi penjualan yang efektif mengingat ini merupakan hal yang perlu diketahui dan dimiliki secara baik oleh semua jajaran penjualan, dari seorang salesman hingga pimpinan tertinggi sekalipun. Adapun ketujuh “C” dimaksud adalah sebagai berikut.

Pertama, completeness (lengkap). Dalam proses komunikasi penjualan, salah satu komponen yang perlu disampaikan adalah informasi yang lengkap, sehingga menghindari kesalahpahaman maupun ketidaktahuan yang berlebihan. Karena kekurangan informasi yang penting akan berakibat fatal; bisa kehilangan kesempatan, merasa kurang baik produknya, salesman tidak professional, atau lebih ekstrem lagi produk yang dijual berkualitas buruk, bukan yang dicari konsumen.

Kedua, conciseness (singkat). Walaupun perlu memberikan informasi yang lengkap, bukan berarti bertele-tele membosankan, over sold atau over talk. Prinsipnya: Singkat, Padat, Jelas, dan Mengerti.

IKLAN INFOBRAND.ID

Ketiga, consideration (pertimbangan). Komunikasi penjualan yang baik perlu juga memberikan pertimbangan yang matang, pertimbangan yang bijak, dan pertimbangan yang bersifat win-win solution, sehingga peranan filter komunikasi penjualan tetap diperlukan. Memberikan yang terbaik serta memahami dan mencoba melihat dari sisi atau berada di posisi pelanggan menjadi sangat penting agar kita mampu melakukan pertimbangan lebih bijak.

Keempat, concreteness (kongkret). Komunikasi yang baik bukan semata-mata dapat menciptakan persepsi positif saja, tapi juga harus mampu membuktikan bahwa jasa dan produk yang dijual adalah sebuah kebenaran, fakta, bukan ilusi. Dengan begitu semua fitur dan manfaat yang ada di dalam produk dan jasa dapat dirasakan oleh pelanggan kita.

Kelima, clarity (kejelasan). Sering sekali dalam komunikasi penjualan maupun fitur dan manfaat yang ditawarkan memiliki multitafsir atau keragu-raguan. Untuk itu diperlukan suatu proses pengulangan dan konfirmasi, sehingga proses pembelajaran dan penjelasan yang disampaikan dapat diterima secara baik, lengkap, serta memiliki pemahaman yang sama.

Keenam, courtesy (kesopanan). Selain kelima C di atas, maka komunikasi penjualan yang baik tetap perlu dibungkus oleh kesopanan. Hal tersebut dikarenakan etika komunikasi akan memberikan nilai lebih dalam proses presentasi penjualan, pelanggan pun merasa nyaman, serta profesionalisme tetap terjaga.

Ketujuh, correctness (ketelitian). Yang terakhir adalah pentingnya melakukan sesuatu secara teliti, mulai penyebutan nama, alamat, nama perusahaan, spesifikasi produk, tanggal kirim/instalasi, harga, diskon, janji-janji yang akan diberikan pasca penjualan, dan sebagainya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Demikian “Resep 7C” yang perlu dipahami dan dilaksanakan bagi setiap jajaran penjualan agar memperoleh hasil yang optimal. Selamat mencoba!

 

Mindiarto Djugorahardjo

Selling Therapist

AQ Business Coach

IKLAN INFOBRAND.ID

mindiarto@gmail.com

0816 1314 488


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


BFI Finance Berikan Layanan Kesehatan untuk Kaum Perempuan Pedagang Pasar

BFI Finance Berikan Layanan Kesehatan untuk Kaum Perempuan Pedagang Pasar
INFOBRAND.ID-Sebagai perusahaan pembiayaan yang memiliki visi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat, PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) me...


Bukit Asam Gelar Pelatihan Budidaya Perikanan untuk Masyarakat Sekitar Tambang

Bukit Asam Gelar Pelatihan Budidaya Perikanan untuk Masyarakat Sekitar Tambang
INFOBRAND.ID-PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bekerja sama dengan Rumah BUMN Bukit Asam, TUK PROFISH, Mbah Kidjo Farm mengadakan pelatihan dan sertifikasi kom...


PT Timah Tbk Bedah 14 Rumah di Provinsi Kepri dan Babel

PT Timah Tbk Bedah 14 Rumah di Provinsi Kepri dan Babel
INFOBRAND.ID-Sepanjang tahun 2022 PT Timah Tbk telah melakukan bedah rumah layak huni sebanyak 14 unit di wilayah provinsi Kepulauan Riau dan Bangka B...


Blackmores Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Lewat “ Tuker Botol”

Blackmores Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan Lewat “ Tuker Botol”
INFOBRAND.ID-PT. Kalbe Blackmores Nutrition (“Blackmores Indonesia”) melalui produk Blackmores Odourless Fish Oil berhasil mengajak masyar...


Sign In
VIP Members

MOST POPULAR






Index

BRANDING & CSR




Index Index Konsultan Internet Marketing - IMFocus