Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tak Hanya Hiburan, TikTok Bisa Jadi Solusi Pemasaran

Posted by: 2117 viewer

Tak Hanya Hiburan, TikTok Bisa Jadi Solusi Pemasaran
TikTok adakah tantangan #BanggaBuatanIndonesia, untuk mendorong kreativitas UKM dalam memanfaatkan TikTok sebagai platform pemasaran.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kini platform distribusi video singkat itu menawarkan solusi pemasaran TikTok For Business, mendorong kreativitas pengguna TikTok untuk menunjukkan kebanggaannya terhadap produk buatan UKM Indonesia. Bersama dengan Smesco, program ini merupakan bentuk dukungan TikTok terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diwujudkan dalam rangkaian kegiatan seru, mulai dari challenge hingga livestreaming di platform TikTok.

Gernas BBI diharapkan dapat mendukung target pemerintah untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap PDB Negara yaitu sekitar 65% di tahun 2024 nanti, seperti yang disampaikan oleh Kementerian Koperasi dan UMKM. Untuk itulah, diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak, termasuk masyarakat, agar terus mendukung produk buatan Indonesia, khususnya dari UMKM.

Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia mengungkapkan, di tengah meningkatnya penggunaan internet dan platform digital, semakin penting bagi pelaku UMKM untuk menunjukkan eksistensi dirinya di ranah digital. Pihaknya melihat generasi muda yang kreatif di TikTok menjadi suara yang penting untuk menyebarkan semangat Bangga Buatan Indonesia.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kami ingin melibatkan masyarakat secara langsung dalam menunjukkan kecintaannya terhadap produk UMKM. Harapannya, usaha kolaboratif ini dapat menyokong pertumbuhan UMKM ke depannya,” kata Leonard. 

Program kolaborasi TikTok For Business dan Smesco diisi dengan berbagai kegiatan seru, antara lain challenge #BanggaBuatanIndonesia yang mengajak pengguna TikTok untuk mengulas produk lokal yang mereka gunakan, menceritakan pengalaman mereka menggunakan produk tersebut, ataupun memberikan rekomendasi brand lokal kepada pengguna lainnya. Dengan mengikuti challenge yang berlangsung mulai 12 April hingga 30 April ini, pengguna terpilih berkesempatan untuk mendapatkan surprise box berisi berbagai produk lokal berkualitas.

TikTok For Business juga akan mengadakan livestream bersama Smesco di akun resmi Smesco di TikTok smescoindonesia pada 15 April mendatang, yang akan membahas berbagai cara yang bisa dilakukan generasi muda untuk ikut mendukung pertumbuhan produk UMKM lokal. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di aplikasi TikTok.

Pandu Nitiseputro, Head of SMB, TikTok Indonesia mengatakan, sebagai platform yang inklusif, TikTok memberikan kesempatan bagi para UMKM, untuk dapat menjangkau komunitas pengguna TikTok serta memasarkan produk dan brandnya sesuai dengan budget yang fleksibel. Kolaborasi dengan Smesco menurutnya memperkuat usaha dalam mendukung perkembangan produk lokal, sekaligus menunjukkan dukungan TikTok terhadap Gernas BBI.

Sejak diluncurkan pertengahan tahun lalu, TikTok For Business telah mengedukasi lebih dari 30,000 UKM di Indonesia. TikTok For Business menyediakan platform self-serve yang memungkinkan usaha dalam segala ukuran untuk menjalankan kampanye pemasaran, promosi, serta periklanan secara fleksibel sesuai dengan anggaran masing-masing.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Revolusi Brand Digital: Menguasai Owned-Media untuk Hubungan Interaktif

Revolusi Brand Digital: Menguasai Owned-Media untuk Hubungan Interaktif
INFOBRAND.ID-Di tengah gempuran era digital, merek-merek besar kini beralih ke senjata pemasaran terampuh mereka: media milik (owned media). Dengan ke...


Melirik Perkembangan  Pionir Brand Metaverse di Indonesia

Melirik Perkembangan Pionir Brand Metaverse di Indonesia
INFOBRAND.ID-Konvergensi kehidupan nyata dengan realitas virtual kini tidak hanya sebatas pada dunia game, tapi berbagai sektor lain, termasuk bisnis...


Hansaplast Edukasi Penanganan Luka lewat First Aid Conference 2022

Hansaplast Edukasi Penanganan Luka lewat First Aid Conference 2022
INFOBRAND.ID-Hansaplast menyelenggarakan Hansaplast First Aid Conference 2022 yang dihadiri oleh 3.000 peserta secara online dan 500 peserta secara of...


Strategi Starbucks Hadirkan 2 Produk Kemasan Kaleng

Strategi Starbucks Hadirkan 2 Produk Kemasan Kaleng
INFOBRAND.ID- Belakangan ini, media sosial dihebohkan hadirnya Starbucks kemasan atau ready to drink yang dijual di minimarket. Berkolaborasi dengan P...