Sabtu, 28 Maret 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Temui Wapres, Bukalapak Ingin Majukan Ekonomi Syariah di Indonesia

Posted by: 03-12-2019 09:46 WIB 164 viewer

Temui Wapres, Bukalapak Ingin Majukan Ekonomi Syariah di Indonesia
Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin saat menerima rombongan manajemen Bukalapak (dok. Istimewa)

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Co-Founder and President Bukalapak Fajrin Rasyid mengadakan pertemuan dengan Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma’ruf Amin untuk membahas program Bukalapak yang dapat menciptakan ekosistem kewirausahaan digital berbasis ekonomi umat.

Dalam diskusi yang terjalin, Wapres mengapresiasi atas upaya Bukalapak yang telah menaikkelaskan UMKM sejak awal Bukalapak berdiri. Wapres juga menilai berbagai program yang diinisiasi Bukalapak akan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi syariah Indonesia di masa mendatang

“Harapannya, semakin banyak yang berinisiatif dalam menciptakan inovasi di bidang ekonomi syariah seperti Bukalapak, semakin kuat pula pengembangan ekonomi berbasis umat ini,” ujar Wapres.

Berdasarkan data Kementerian Agama, Indonesia memiliki lebih dari 28.000 pesantren dan dan 4 juta santri yang tersebar di seluruh wilayah. Sementara itu, 80% dari pesantren tersebut telah mengelola UMKM yang produknya dihasilkan langsung oleh para santri.

Hal inilah, ungkap Fajrin, yang mendorong Bukalapak untuk aktif membuka jalan kemitraan dan mengimplementasikan arahan pemerintah dalam peningkatan kapasitas wirausaha santri

“Kami baru saja memulai pelatihan digital bagi para santri di Pusat Layanan Usaha Terpadu Kabupaten Tasikmalaya pada bulan November kemarin. Selanjutnya, kami akan berkeliling Indonesia bersama dengan Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Agama dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian untuk meningkatkan Kapasitas Kewirausahaan Digital terintegrasi Bagi UMKM Berbasis Pesantren,” kata Fajrin.

Selain itu, menurut Fajrin, dari sisi penyediaan produk keuangan syariah, Bukalapak menjawab dengan penyediaan 7 produk syariah dengan total pertumbuhan AUM sebesar 168%. “Hingga Juli 2019, produk BukaReksa mendominasi 60% total dana kelolaan. Sedangkan, BukaModal syariah mampu menarik pengajuan aplikasi pinjaman hingga lebih dari tiga kali lipat dibandingkan dengan versi konvensional.”

Inisiatif ini diharapkan dapat mendukung Indonesia dalam mempertahankan prestasi di mata dunia dalam hal keuangan syariah. Global Islamic Finance Report 2019 menempatkan Indonesia di peringkat tertinggi dalam hal kepemimpinan di perbankan dan keuangan Islam global, dengan skor angka capaian 81,93.

Untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam memberikan pelayanan sosial berbasis zakat, infaq, shadaqah dan wakaf. “Sejak tahun 2017, Bukalapak juga telah berhasil mengumpulkan bantuan melalui fitur BukaDonasi, BukaZakat, dan BukaQurban yang secara konsisten menyalurkan bantuan dengan tepat guna, transparan dan mudah diakses,” tutup Fajrin. Tidak hanya itu, Bukalapak juga secara aktif terus menyediakan kenyamanan berbelanja produk halal dengan mengembangkan halal marketplace di platform aplikasi Bukalapak.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Peluang & Tantangan Brand di Era 4.0

Peluang & Tantangan Brand di Era 4.0
Integrasi penggunaan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi atau dikenal dengan Era 4.0 sejatinya berpusat pada otomatisasi teknologi yang secara l...


Membangun Corporate Image Melalui Media Digital

Membangun Corporate Image Melalui Media Digital
Public Relation (PR) adalah sebuah profesi yang sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Hanya bedanya, dulu sebelum internet berkembang pesat seper...


Hasil Survei TRAS N CO Indonesia:  5 Kategori Produk yang Sukses Bangun Reputasi Brand di Digital

Hasil Survei TRAS N CO Indonesia: 5 Kategori Produk yang Sukses Bangun Reputasi Brand di Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID – TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting terkemuka yang mendedikasikan diri terhadap penelitian, perkembangan...


Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?

Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini media sosial menjadi salah satu sumber utama netizen untuk mencari berita, info produ...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index