Ahad, 21 April 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Terkait Inovasi, Dosen Unair: Pilihannya 'Change or Be Changed'

Posted by: 08-04-2019 11:59 WIB 483 viewer

Terkait Inovasi, Dosen Unair: Pilihannya 'Change or Be Changed'
Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA

INFOBRAND.ID – Kata-kata inovasi saat ini menjadi salah satu tema sentral, terutama di era revolusi industry 4.0 ini. Dimana semua jenis organisasi, baik profit maupun non-profit, institusi swasta maupun negeri, jasa maupun manufaktur, besar maupun kecil diharapkan melakukan perubahan melalui inovasi tersebut. Hal ini dilakukan agar lebih unggul dibanding kompetitor.

Pengamat ekonomi sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Dr. Gancar Candra Premananto, MSi., CMA mengatakan, inovasi menjadi salah satu cara untuk mendiferensiasikan diri dibandingkan dengan produk pesaing. Kendati demikian, memasarkan produk yang inovatif tidaklah mudah, butuh timing dan penyampaian pesan yang tepat yang sifatnya sulit diprediksi.

“Pilihannya adalah ‘Change or Be Changed’. Berubah dan menjadi agen perubahan ataukah dipaksa berubah oleh keadaan,” ujar pria yang akrab disapa Gancar ini pada wartawan INFOBRAND.ID dalam pesan singkatnya, Senin (8/4/2019).

“Dengan kata lain, inovasi menjadi salah satu strategi dalam bersaing. Bahkan dikatakan oleh Michael Porter, ‘Today, innovation is the only way to maintain a competitive advantage’,” sambungnya.

Dalam menciptakan suatu inovasi, lanjut Gancar, perusahaan tidak bisa hanya mengandalkan divisi RnD (Research & Development) saja, melainkan dari semua elemen organisasi yang memiliki semangat untuk melakukan manajemen Kaizen.

“Semangat ini yang nantinya dapat membakar munculnya inovasi-inovasi dalam berbagai aspek. Semangat ini kemudian dapat menjadi budaya bagi perusahaan, yakni untuk siap melakukan self disruption. Mendisrupsi diri sendiri sebelum didisrupsi atau terdisrupsi oleh kekuatan eksternal termasuk pesaing,” jelas pria kelahiran Surabaya 22 Juli 1974 lalu ini.

Bila hal tersebut telah terjadi maka tim RnD merupakan bagian dari sistem yag terkoordinasi, baik dengan bagian pemasaran untuk lebih sesuai dengan target pasar, dengan bagian produksi untuk mendiskusikan proses produksi, dengan bagian SDM untuk mempersiapkan tenaga yang memiliki product knowledge, dan bagian keuangan untuk penganggarannya.

Gancar menambahkan, proses peluncuran produk inovasi juga memerlukan pemahaman terhadap tahapan produk baru. Hal ini mengingat banyaknya produk baru yang gagal di pasaran yakni sekitar 80 persen berdasarkan laporan data dari Harvard business School. Penyebabnya adalah karena perusahaan belum atau tidak mampu memberikan manfaat dan value lebih dibanding produk sebelumnya. Sehingga konsumen tidak memiliki alasan kuat untuk membeli produk baru tersebut.

“Selain itu perusahaan juga kurang memahami target pasar atau mungkin produknya masih belum sempurna. Dengan alasan agar tidak didahului pesaing dan ingin mengklaim sebagai produk atau merek inovatif, seringkali produk prototype pun sudah harus launching,” kata dia.

Agar sebuah inovasi bisa sukses di pasaran, khususnya di era digital ini, perusahaan harus melibatkan opinion leader di bidang yang relevan di area media sosial. Selain itu, riset konsumen juga diharapkan dapat melibatkan opinion leader tersebut. Kemudian dilibatkan juga dalam aktivitas co-creation dan co-production dan seterusnya hingga menjadi brand ambassador.

“Membuat sesuatu yang inovatif juga harus dilakukan dalam mengkomunikasikan produk. Dimana perusahaan harus dapat menyampaikan pesan dengan cara yang menarik namun tetap relevan, agar memunculkan pemasaran viral,” pungkasnya. [ded]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Yuswohady : Inovasi Bukan Semata Kebutuhan, Tetapi Survivalnya Setiap Perusahaan

Yuswohady : Inovasi Bukan Semata Kebutuhan, Tetapi Survivalnya Setiap Perusahaan
INFOBRAND.ID – Yuswohady selaku Managing Partner, Inventure mengatakan inovasi bukan hanya menjadi kebutuhan melainkan sudah menjadi upaya survi...


Terkait Inovasi, Dosen Unair: Pilihannya 'Change or Be Changed'

Terkait Inovasi, Dosen Unair: Pilihannya 'Change or Be Changed'
INFOBRAND.ID – Kata-kata inovasi saat ini menjadi salah satu tema sentral, terutama di era revolusi industry 4.0 ini. Dimana semua jenis organis...


Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital

Siasat Sukses Membangun Brand di Era Digital
Satu dekade terakhir terjadi perubahan perilaku masyarakat dalam mencari informasi. Media digital belakangan ini menjadi source utama masyarakat dalam...


Millennials  & Creativity

Millennials & Creativity
Memang tak mudah untuk mendapat gelar Startup Unicorn.   Tapi Indonesia punya anak-anak muda kreatif yang menggawangi perusahaan rintisan&nb...


Fenomena Dual Screen

Fenomena Dual Screen
PT The  Nielsen  Company Indonesia (Nielsen) cukup adaptif melihat  perkembangan media di Indonesia.  Kami  punya  layan...


Membangun Marketing Channel di Media Digital

Membangun Marketing Channel di Media Digital
Sejatinya media digital bisa menjadi sarana yang powerfull untuk melakukan serangkaian aktifitas marketing. Namun, hingga saat ini media digital baru...


Strategic Branding Management

Strategic Branding Management
Mengembangkan brand dibutuhkan alokasi resources yang  tepat. Tak hanya pada alokasi budget marcom, tak kalah penting adalah memilih orang yang t...


Membidik Pasar Milenial

Membidik Pasar Milenial
Berbicara digital dan milenial  itu dua hal yang saling berhubungan.   Enabler atau teknologi nya adalah digital, customernya  ada...


Menjadi Digital Brand Champion

Menjadi Digital Brand Champion
Tak dipungkiri bila marketing digital mempengaruhi market offline. Founder & Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo mengungkapkan, sebagian bes...


Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata

Perspektif Membangun Brand di Sektor Pariwisata
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebesar 20 juta sampai akhir 2019. Selama 4 tahun target  kunj...


Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital

Keniscayaan Membangun Brand Lewat Digital
Perkembangan teknologi informasi merubah peradaban manusia. Bila dulu untuk mendapat informasi peristiwa hari ini, baru esok harinya masyarakat dapat...


Digital Branding Atau Tergerus?

Digital Branding Atau Tergerus?
Membangun merk di dunia digital menjadi kewajiban bagi pemilik brand yang ingin eksis menjaga market sharenya. Pasalnya, tren perilaku konsumen di era...


Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?

Usaha Sendiri Atau Franchise, Mana Lebih Untung?
Ada banyak strategi yang bisa dipilih saat baru akan mulai merintis sebuah usaha, bisa dengan membuka usaha sendiri atau pun dengan membeli bisnis fra...


Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD

Edukasi Digital Branding bagi Decision Makers yang masih Zaman OLD
Membangun citra sebuah brand menjadi salah satu hal penting dalam dunia bisnis untuk keluar dari kerumunan pilihan brand yang begitu banyak bagi konsu...


Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia

Kenaikan Dolar Tidak Berpengaruh Pada Bisnis Franchise di Indonesia
INFOBRAND.ID - Kondisi nilai tukar rupiah saat ini terus tergerus terhadap Dolar Amerika Serikat (AS). Dimana nilainya per hari ini (28/9/2018) mencap...


Sign In
VIP Members

BRAND UPDATES








Index

EDITOR NOTES




Index

OPINIONS







Index