Sabtu, 28 Maret 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Terus Genjot Mobil Listrik, Kemenperin Siapkan Aturan Turunan Perpres

Posted by: 16-12-2019 12:01 WIB 410 viewer

Terus Genjot Mobil Listrik, Kemenperin Siapkan Aturan Turunan Perpres
Ilustrasi mobil listrik

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Industri mobil listrik terus digenjot Pemerintah, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun menyiapkan aturan turunan atas Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 tahun 2019, yang akan menjadi panduan teknis dari kebijakan percepatan ekosistem mobil listrik.

“Aturan tersebut antara lain terkait roadmap industri kendaraan di dalam negeri serta fasilitas tentang skema CKD, IKD, dan part by part,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin Putu Juli Ardika, Minggu (15/12/2019).

Ditambahkan Putu, empat aturan turunan tersebut segera diterbitkan. Hal itu karena sudah banyak investor yang berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem mobil listrik di Indonesia, termasuk bahan baku baterai.

“Untuk itu, kami akan mempercepat menyusun aturan-aturannya. Kami juga mendorong penggunaan kendaraan listrik untuk transportasi umum,” imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin Harjanto mendorong agar investor Jepang untuk berinvestasi mengembangkan mobil listrik di Tanah Air. Jepang merupakan investor sukses di bidang otomotif di berbagai dunia, termasuk Indonesia.

Pemerintah sejatinya telah menerbitkan Perpres 55/2019 dan PP 73/2019 untuk mengakselerasi program kendaraan listrik. Untuk mendukung hal tersebut, ungkap Harjanto, investor bakal mendapatkan berbagai insentif, termasuk tax holiday sepanjang investasi dalam jumlah besar.

“Kami fokus membidik investasi untuk pembuatan baterai, electric motor, dan power control unit, yang menjadi tiga komponen utamanya. Insentif tersebut diberikan sepanjang investasi mereka sekitar 50 juta dolar AS atau mereka melakukan proses industrialisasi di dalam negeri,” pungkasnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Peluang & Tantangan Brand di Era 4.0

Peluang & Tantangan Brand di Era 4.0
Integrasi penggunaan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi atau dikenal dengan Era 4.0 sejatinya berpusat pada otomatisasi teknologi yang secara l...


Membangun Corporate Image Melalui Media Digital

Membangun Corporate Image Melalui Media Digital
Public Relation (PR) adalah sebuah profesi yang sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu. Hanya bedanya, dulu sebelum internet berkembang pesat seper...


Hasil Survei TRAS N CO Indonesia:  5 Kategori Produk yang Sukses Bangun Reputasi Brand di Digital

Hasil Survei TRAS N CO Indonesia: 5 Kategori Produk yang Sukses Bangun Reputasi Brand di Digital
JAKARTA, INFOBRAND.ID – TRAS N CO Indonesia, sebagai perusahaan consulting terkemuka yang mendedikasikan diri terhadap penelitian, perkembangan...


Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?

Persaingan Kinerja Digital PR di Industri Perbankan, Mana Lebih Top?
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Tak bisa dipungkiri bahwa saat ini media sosial menjadi salah satu sumber utama netizen untuk mencari berita, info produ...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index