Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Tetap Membahagiakan Konsumen Setia, #bersamacampina Dirumah Aja

Posted by: 2287 viewer

Masa Sulit bukan hanya dialami pemilik bisnis tapi juga konsumen. Campina mencoba untuk selalu meringankan beban konsumen dengan menghibur memberikan kemudahan-kemudahan.

Tetap Membahagiakan Konsumen Setia, #bersamacampina Dirumah Aja
Mustofa Saadji, Marketing Manager Category Campina

Masa Sulit bukan hanya dialami pemilik bisnis tapi juga konsumen. Campina mencoba untuk selalu meringankan beban konsumen dengan menghibur memberikan kemudahan-kemudahan.

Virus Covid-19 yang menjadi pandemi memberikan dampak yang besar di dunia termasuk Indonesia. Banyak aspek disini yang terpengaruhi terutama di dunia usaha dan bisnis. Himbauan dari pemerintah untuk menerapkan ‘social distancing’ dan mengurangi aktifitas di luar rumah membuat pergerakan dari konsumen terbatas. 

Hal tersebut akan membuat konsumen semakin jarang mengunjungi toko-toko dan gerai offline untuk berbelanja. Perubahan perilaku konsumen tersebut diatas harus bisa dicermati dengan cepat oleh pemilik usaha dan marketer. Karena bisa menurunkan penjualan produk serta omset perusahaan. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Melalui Marketing Category Manager Campina, Mustofa Saadji, menyebut jika konsumen sekarang mempunyai opsi alternatif yaitu untuk berbelanja secara daring. 

Pemberlakuan ‘work from home’ (WFH) oleh beberapa perusahaan ternyata berimbas dengan meningkatnya belanja online terutama untuk pembelian makanan.

“Dalam 2 minggu terakhir ada peningkatan jumlah konsumen yang berbelanja online dan tidak hanya dimonopoli dengan barang saja tapi juga makanan”, ujarnya.

Fenomena tersebut dilihat Mustofa sebagai tanda konsumen tetap ingin kebutuhan pangannya tercukupi. Ia pun tetap melakukan kegiatan pemasaran Campina melalui online.

Ia menambahkan pemasaran dilakukan sedikit berbeda. Kali ini karena situasi, Campina memberikan penjelasan dan informasi terkait keamanan dan kebersihan.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kami akan info mengenai prinsip utama kami yaitu minim sentuhan sehingga bersih dan aman. Aman disini artinya tidak hanya produk tapi juga pengiriman produk yang akan dilengkapi dengan keterangan suhu badan deliveryman kami,”jelasnya.

Beragam informasi tersebut dibuat dalam media seperti video dan pesan dan disebar melalui Whatsapp, email, dan media sosial. Selain informasi, Campina juga akan menggratiskan ongkos kirim dengan syarat dan ketentuan berlaku di Campina home delivery dan e-commerce icreamstore.co.id.

Campaign Campina saat ini menurut Mustofa memang harus memaksimalkan pemasaran digital atau online. Campaign dilakukan di website korporasi, microsite, blog, Facebook, Twitter, Fanpage, 

Untuk aktivitas campaign digital, Campina memiliki ‘dirumah#bersamacampina’. Selain itu juga turut menggandeng KOL dari selebritis yaitu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina.

Digital juga digunakan untuk mempererat kelekatan atau engagement dengan konsumen. Menariknya, konten yang dihadirkan untuk mempererat engagement adalah konten yang menghibur dan memberikan kemudahan bagi konsumen.

IKLAN INFOBRAND.ID

Contohnya seperti memberikan layanan ongkir gratis dan promo menarik untuk pembelian online, lalu ada kontes photo dirumah dan ada juga survey dan feedback kepuasaan pelanggan.

“Masa kritis dan sulit seperti sekarang ini bukan hanya dialamai oleh pelaku bisnis dan produsen tapi juga dialami konsumen. Kami selalu mencoba menghibur dan mempermudah konsumen dengan konten yang humanis dan menyenangkan,” terangnya.

Selain untuk kebutuhan eksternal seperti pemasaran dan komunikasi kepada konsumen, pihak Campina turut memaksimalkan peran digital secara internal. Kegiatan seperti meeting dan koordinasi kini dilakukan dengan menggunakan aplikasi conference call.

Sedangkan untuk pegawai Campina yang menerapkan WFH juga tetap bisa produktif dengan menggunakan aplikasi internal. Bagi Mustofa tidak ada masalah untuk kerja dirumah karena pekerjaan bisa tetap berjalan dan terkontrol karena terpantau setiap hari.

Campina juga turut berperan serta dalam meredam semakin meluasnya pandemic Covid-19. Bantuan kepada tenaga medis menjadi keterlibatan Campina mendukung pemerintah untuk meredam Covid-19.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Melalui Team Corporate secretary, Kami telah memberikan sumbangan ke IDI ikatan dokter indonesia untuk support team medis. Kami juga menyumbang disinfectan untuk penanggulangan Covid ke team BPBD Jawa Timur,” ujarnya.

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...