Menciptakan konten yang edukatif, relevan dan bermanfaat bagi konsumen seputar tips kesehatan, serta membuat campaign yang menarik seusai objective per produk merupakan salah satu cara Hemaviton dalam membangun loyalitas konsumen melalui digital. Hal itu terbukti ampuh lantaran respon positif yang diberikan konsumen terhadap brand dari PT Tempo Scan Pacific.
Widodo Prasetio selaku Head of Brand Investment & Consumer Engagement - Adult VMS, Hemaviton, memandang media digital adalah bagian dari mix sebagai evolusi dari media konvensional sehingga objective branding yang sebelumnya dilakukan di media konvensional harus di adjust agar fit dengan karakteristik di media digital. Objective yang diharapkan secara garis besar sama yaitu untuk membangun awareness dan product trial (purchase intent).
Dalam melakukan treatment konsumen enggagement, Hemaviton memiliki taktik jitu dalam teknis pelaksanaannya, yaitu dengan cara menyajikan beragam konten menarik dan variatif yang telah dikonsepkan secara matang sebelum dikonsumsi para customernya.
“Consumer engagement di media digital dilakukan melalui channel youtube, socmed seperti Facebook dan IG, support KOL serta thematic campaign yang disesuaikan dengan brand objective,” ujar Widodo kepada INFOBRAND.ID, Kamis (21/03/2019).
“Mulai dari campaign plan digital campaign sudah disiapkan konsep campaign yang terintegrated sehingga minimalisir issue yang sensitive yang dapat memancing komentar negative netizen terhadap brand. Mempelajari track recod talent yang dipakai sebagai brand ambassador dengan melihat jejak digital talent,” jelasnya.
Lebih lanjut Widodo menjelaskan bahwa merek yang dipersepsikan positif oleh konsumen di sosial media harus memenuhi beberapa kriteria dengan cara meninjau beberapa aspek penting yang berkaitan langsung dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.
“Positive brand image dibangun melalui experience positif yang dibangun untuk setiap brand contact point di digital baik berupa branding, pesan yang disampaikan maupun activity yang dijalankan. Kriteria merek dengan brand image positif dimedia social sbb :Komentar positif dari konsumen di social medial lebih dominan dibandingkan komentar negative. Postingan pesan bermanfaat dan relevan sehingga netizen sukarela merespon pesan tersebut seperti like dan share pesan tersebut. Campaign yang menginspirasi netizen sehingga netizen ikut mendukung campaign yang dilakukan,” ujarnya.