Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

TIKI Pastikan Jadi yang Terdepan Dalam Pengiriman Barang

Posted by: 3083 viewer

TIKI Pastikan Jadi yang Terdepan Dalam Pengiriman Barang
Ilustrasi peluang usaha jasa kurir TIKI

INFOBRAND.ID - Siapa tak kenal dengan jasa pengiriman barang TIKI, brand ini berdiri sejak tahun 1970 dan pertama kali membuka peluang kemitraan pada tahun 1975. Sebagai perusahaan yang bergerak di jasa kurir, akses dan jaringan pengiriman yang luas sangat lah penting dan menjadi pertimbangan utama konsumen/pelanggan dalam memilih mitra jasa pengirimannya.

Rocky Nagoya, Sales & Marketing Director TIKI mengatakan TIKI selalu memastikan agar selalu terdepan dalam akses dan jaringan pengiriman dengan membuka banyak perwakilan di berbagai daerah hingga ke pelosok negeri dengan modal sendiri maupun dengan program kemitraan waralaba.

“Dengan program kemitraan waralaba ini juga membantu menumbuhkan wirausaha-wirausaha di daerah untuk mengembangkan perekonomian di daerahnya. Hingga saat ini, TIKI memiliki jaringan operasional yang meliputi 65 kota besar di Indonesia, didukung oleh 450+ kantor perwakilan, 3000+ gerai penjualan dan lebih dari 12.000 karyawan di seluruh Indonesia,” katanya seperti dikutip INFOBRAND.ID dari Franchiseglobal.com.

IKLAN INFOBRAND.ID

Dari total 3000+ gerai penjualan, sekitar 15% merupakan milik mitra waralaba TIKI. Sekitar 98% dari total kode pos di Indonesia sudah bisa dilayani TIKI. Tepatnya, dari total 8.259 kode pos di negeri ini, 8.117 kode pos sudah bisa dijangkau TIKI. Perusahaan ini juga sudah bisa melayani 88% dari total 514 wilayah kota/kabupaten di Indonesia, yaitu sebanyak 453 kota/kabupaten. Dan mayoitas dari 82.505 kelurahan/desa di Indonesia juga sudah terlayani oleh TIKI.

Rocky menjelaskan hal yang membedakan TIKI dengan kompetitornya adalah rekam jejak di industri kurir dan jaringan distribusi terluas: TIKI memiliki pengalaman lebih dari 49 tahun dalam industri kurir dengan jaringan pengiriman terluas dimana sekitar 98% dari total kode pos di Indonesia sudah bisa dilayani TIKI. Tepatnya, dari total 8.259 kode pos di negeri ini, 8.117 kode pos sudah bisa dijangkau TIKI. Perusahaan ini juga sudah bisa melayani 88% dari total 514 wilayah kota/kabupaten di Indonesia, yaitu sebanyak 453 kota/kabupaten. Dan mayoitas dari 82.505 kelurahan/desa di Indonesia juga sudah terlayani oleh TIKI.

“TIKI juga memiliki berbagai Inovasi layanan berbasis teknologi: Selama 49 tahun ini, TIKI terus melakukan berbagai inovasi untuk memberikan pelayanan yang prima bagi para pelanggan. Era digital saat ini telah mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan konsumennya termasuk di industri jasa pengiriman,” ujarnya.

TIKI merupakan pionir dalam menyediakan produk dan layanan yang berbasis teknologi yang bertujuan untuk memberikan kemudahan akses bagi konsumen dengan memperbanyak kanal bagi konsumen untuk melakukan pengiriman tanpa perlu terkendala waktu.

Adapun berbagai produk dan layanan berbasis teknologi yang menjadi unggulan TIKI antara lain layanan JEMPOL (Jemput Online) yang memungkinkan pelanggan melakukan pemesanan dimanapun dan kurir TIKI akan datang menjemput barang kiriman di lokasi yang ditetapkan pelanggan tanpa dikenakan biaya tambahan; mobile app TIKI dimana konsumen dapat mengetahui besaran biaya kiriman, mengetahui kode pos, melakukan pemesanan dan melakukan pelacakan secara real time status barang kiriman dalam satu aplikasi; TIKI Online Booking (TOB) memungkinkan pelanggan melakukan pemesanaan melalui website; dan SMS Notification dimana TIKI secara proaktif mengirimkan notifikasi secara otomatis terkait status kiriman kepada pengirim dan penerima. E-Signature dimana pelanggan dapat mengetahui siapa penerima barang dan kapan barang diterima yang diakses secara online dan real time. TIKI juga memiliki layanan drive thru 24 jam dan drop-off 24 jam yang memberikan fleksibilitas waktu kepada pelanggan dalam mengirimkan barang atau dokumen.

IKLAN INFOBRAND.ID

TIKI memiliki delapan (8) jenis layanan pengiriman mulai dari Economy Service (ECO), International Service (INT), Over Night Service (ONS), Same Day Service (SDS), Holiday Service (HS), Regular Service (REG), Two Days Service (TDS) dan Trucking Service (TRC).

“Produk dan pelayanan TIKI telah diakui dan meraih berbagai penghargaan. Januari 2019 ini, TIKI memperoleh penghargaan 2nd Millennial Choice untuk kategori Courier Services di ajang Indonesia Millennial’s Top Brand Award 2019 yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi,” katanya.

TIKI juga menjadi brand kurir pilihan di ajang “Better Brands Awards 2018” sebagai perusahaan yang konsisten berinovasi memberikan layanan yang lebih baik kepada konsumen. Penghargaan tersebut diperoleh berdasarkan hasil survei lapangan yang dilakukan oleh Info Bank dan Marketing Research Indonesia kepada konsumen di enam kota besar.

Pada tahun 2018 lalu, TIKI juga meraih beberapa penghargaan yang mencakup Penghargaan “Indonesia Business Development Award 2018” kategori “The Best Freight Forwarding Company in Service and Customer Satisfaction of the Year 2018” oleh Indonesia Development Achievement Foundation, pada Oktober 2018; Top Brand Category : Courier Service “ in recognition of outstanding achievement in building the top brand“; dan SQ Category : Courier “ For achieving excellent total service quality satisfaction based on customer perception survey SQIndex 2018“.

Tanggung jawab perusahaan TIKI percaya bahwa eksistensi bisnisnya tidak terlepas dari dukungan dan kepercayaan dari konsumen/pelaku bisnis dan Masyarakat sekitar. Untuk itu, TIKI juga turut mengembangkan kapabilitas pelaku bisnis terutama UMKM dengan berbagi pengalaman terkait pengelolaan sistem distribusi. TIKI berkolaborasi dengan berbagai mitra untuk memberikan pembekalan bagi UMKM terkait aspek-aspek penting dalam pengiriman dan membuka dialog untuk memahami kendala-kendala yang sering mereka alami dan bagaimana jasa pengiriman dapat membantu memberikan solusi.

IKLAN INFOBRAND.ID

“TIKI juga memiliki komitmen untuk menjalankan tanggung jawab perusahaan yang difokuskan pada dua area yaitu pendidikan dan bidang sosial. Dalam menjalankan komitmennya, TIKI bekerjasama dengan berbagai mitra seperti Yayasan Pengembang Perpustakaan Indonesia, 1001 Buku dan santunan regular untuk anak yatim, tuna netra dan para janda,” tutupnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...


November Mendatang, Perhumas akan Luncurkan Kode Etik kehumasan Terkait AI

November Mendatang, Perhumas akan Luncurkan Kode Etik kehumasan Terkait AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) akan meluncurkan kode etik kehumasan berkenaan dengan teknologi kecerdasa...


Segera Beroperasi, Starlink Siap Ikuti Aturan Indonesia

Segera Beroperasi, Starlink Siap Ikuti Aturan Indonesia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi memastikan Satelit Starlink milik Elon Musk dapat mengikuti...