Kamis, 21 Februari 2019

infobrand




Trade Expo Indonesia 2018 Sukses Bukukan Rp126, 77 Triliun

Posted by: 29-10-2018 09:42 WIB 119 viewer

Trade Expo Indonesia 2018 Sukses Bukukan Rp126, 77 Triliun
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

Penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 sukses meraih perolehan fantastis hingga mencapai Rp126,77 triliun. Jumlah ini berdasarkan penghitungan transaksi, Minggu (28/10). Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada penutupan TEI 2018 di ICE BSD City, Minggu (28/10).

“Transaksi TEI tahun 2018 ini sukses mencapai USD 8,45 miliar atau setara Rp126,77 triliun. Nilai ini meningkat lima kali lipat dari target yang kita tetapkan sebelumnya. Transaksi setelah penghitungan masih terus berjalan dan dipastikan hasilnya akan bertambah ,” ujar Enggar bangga.

Enggar menjelaskan, total nilai transaksi TEI 2018 terdiri dari transaksi investasi sebesar USD 5,55 miliar, transaksi pariwisata sebesar USD 170,5 juta, dan transaksi produk dengan total USD 2,73 miliar.

Adapun rincian transaksi produk tersebut terdiri atas transaksi produk barang dan jasa masing-masing sebesar USD 1,42 miliar dan USD 1,31 miliar. Transaksi produk barang berasal dari transaksi MoU misi pembelian produk sebesar USD 811 juta, transaksi langsung saat pameran USD 470,65 juta, misi dagang lokal USD 85,6 juta, business matching USD 51,29 juta, dan Pameran Kuliner dan Pangan Nusantara USD 680 ribu.

“Kita patut berbangga dengan capaian transaksi tahun ini karena jauh melampaui target awal sebesar USD 1,5 miliar. Tentunya capaian ini juga berkat peran dan kerja keras para perwakilan di luar negeri, antara lain Kedutaan Besar RI, Konsulat Jenderal RI, Atase Perdagangan, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), dan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI), yang telah mendatangkan buyers dan kontak dagang potensial,” ujar Enggar.

Enggar mengungkapkan, produk-produk yang banyak diminati para buyers pada TEI kali ini yaitu produkproduk informasi dan teknologi, makanan olahan, produk-produk kimia, minyak kelapa sawit mentah (CPO), produk-produk perikanan, serta kertas dan produk kertas. Sedangkan, negara-negara dengan nilai transaksi perdagangan keseluruhan tertinggi yaitu Arab Saudi, Jepang, Inggris, Mesir, dan Amerika Serikat.

“Perolehan transaksi ini membuktikan bahwa produk-produk nasional kita semakin diakui kualitasnya secara luas dan disegani sesuai selera pasar ekspor. Ini sesuai dengan tema yang diusung TEI tahun ini yaitu ‘Creating Products for Global Opportunities’,” tegas Enggar.

Seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan Pameran Pangan Nusa juga sekaligus dilangsungkan di arena TEI dan sukses menarik animo pengunjung. Tahun ini Pameran Kuliner dan Pangan Nusantara mencatatkan transaksi yang signifikan sebesar USD 680 ribu, termasuk MoU pembelian wine Bali senilai USD 10 ribu.

Adapun misi dagang lokal Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan pada 26 Oktober 2018 sukses mencatatkan transaksi USD 85,6 juta dengan 10 besar produk-produk unggulan yaitu gula semut, kunyit basah, bawang putih, manggis, lada putih, jambu merah, beras jagung, telur, arang batok kelapa, dan tepung tapioka.

“Capaian TEI 2018 merupakan sinyalemen positif dari para buyers terhadap produk-produk Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global,” tegas Enggar.

Dari segi jumlah peserta pameran, tahun ini ada sebanyak 1.160 perusahaan yang berpartisipasi. Jumlah ini lebih tinggi dari target yang ditetapkan sebanyak 1.100 peserta atau naik 5 persen dibanding peserta tahun lalu yang sebanyak 1.108 peserta.

Sedangkan, TEI tahun ini juga mencatatkan jumlah pengunjung sebanyak 28.155 orang dari 132 negara. Jumlah ini meningkat sebesar 1,6 persen dibandingkan tahun lalu yang sebanyak 27.711 orang dari 117 negara.

Dari jumlah tersebut, pengunjung mancanegara mencapai 5.183 orang dengan jumlah terbanyak berasal dari Malaysia (371 pengunjung), Arab Saudi (312 pengunjung), Afghanistan (276 pengunjung), China (273 pengunjung), dan Jepang (239 pengunjung). Beberapa tamu kenegaraan yang hadir melihat-lihat arena TEI 2018 yaitu Wakil Presiden Panama Isabel Saint Malo, serta Delegasi asal Serawak, Malaysia, Mesir, dan Maroko.

Pada TEI 2018 yang berlangsung pada 24—28 Oktober 2018 telah terlaksana sejumlah kegiatan yang mendukung kesuksesan bisnis dan perdagangan. Kegiatan tersebut yaitu Forum Trade, Tourism, Investment (TTI), Diskusi Regional, gelar wicara, kompetisi usaha rintisan berorientasi ekspor, business matching, dan forum bisnis terpadu.

Hadir pula pada penutupan TEI 2018 perwakilan dari para sponsor penyelenggaraan TEI 2018, yaitu BPDP Kelapa Sawit, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, dan Garuda Indonesia. Mendag Enggar memberikan apresiasi yang tinggi kepada para sponsor, pihak penyelenggara yang berperan besar untuk pelaksanaan TEI 2018 sehingga sukses terselenggara tanpa pendanaan dari APBN.

“Pada penyelenggaraan TEI untuk yang kedua kalinya di ICE BSD City ini, kami bersyukur sejumlah perbaikan dapat dirasakan para buyers dan pengunjung, terutama dalam aspek kenyamanan tempat dan logistik. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pihak yang telah berkontribusi, termasuk Debindo sebagai pihak jasa penyelenggara,” ujar Enggar.

Kehadiran para buyers pada TEI 2018 akan dilanjutkan dengan kunjungan ke daerah-daerah untuk melihat produk-produk yang potensial dan meninjau pabrik-pabrik secara langsung. “Dengan kegiatan lanjutan dari para buyers tersebut, diharapkan juga dapat memberikan potensi kerja sama lanjutan yang dapat meningkatkan kinerja ekspor nasional sehingga target ekspor 11 persen dapat tercapai,” jelas Enggar.


Kementerian Perdagangan TEI 2018 Enggartiasto Lukita

Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


PACT Centre: Bukti Panasonic dalam Memberikan Pelayanan Maksimal

PACT Centre: Bukti Panasonic dalam Memberikan Pelayanan Maksimal
PT Panasonic Gobel Indonesia, salah satu usaha terbesar di Indonesia resmi menjalin kerjasama dengan Tana Shop selaku penjual produk khusus Panasonic...


UMKM Indonesia Masih Belum Maksimal Garap Peluang Go Digital, Kenapa?

UMKM Indonesia Masih Belum Maksimal Garap Peluang Go Digital, Kenapa?
INFOBRAND.ID – Di era digital ini, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perlu mendapat dukungan maksimal dari pemerintah. Hal ini sejalan deng...


Kemendag Dukung Pelaksanaan BUMN-UKM Great Sale 2019 di Solo

Kemendag Dukung Pelaksanaan BUMN-UKM Great Sale 2019 di Solo
Kementerian Perdagangan berkomitmen terus meningkatkan pemasaran produk usaha kecil menengah (UKM), salah satunya melalui keikutsertaan dalam pameran....


Kemenperin Dorong Industri Daur Ulang di Sektor Otomotif

Kemenperin Dorong Industri Daur Ulang di Sektor Otomotif
Kementerian Perindustrian mendorong implementasi industri daur ulang atau recycle industry untuk sektor otomotif. Konsep tersebut dinilai mampu mendon...


Terra Drone Berinvestasi di Perusahaan Jasa Drone AeroGeosurvey Indonesia

Terra Drone Berinvestasi di Perusahaan Jasa Drone AeroGeosurvey Indonesia
Pada Januari 2019, telah dilakukan kolaborasi antara Terra Drone dengan AeroGeosurvey Indonesia melalui investasi berupa modal dan teknologi. Sebagai...


GOJEK Bersama Bank Indonesia Sulawesi Utara Beri Pelatihan Wirausaha untuk 200 UMKM

GOJEK Bersama Bank Indonesia Sulawesi Utara Beri Pelatihan Wirausaha untuk 200 UMKM
Guna mendukung inisiatif Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulawesi Utara, GOJEK, perusahaan penyedia layanan mobile on-demand dan pembayaran berbasis...


Indonesia Properti Expo 2019 Siap Digelar

Indonesia Properti Expo 2019 Siap Digelar
PT Adhouse Clarion Events didukung DPD REI DKI Jakarta, dan PT Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Tbk resmi menggelar pameran Indonesia Properti Expo...


Aqua dan Bluebird Resmi Jalin Kerjasama

Aqua dan Bluebird Resmi Jalin Kerjasama
Bluebird group resmi mengumumkan kerjasama dengan Danone-Aqua sebagai pemenuhan hidrasi para pengemudi di seluruh anak usaha Bluebird Group yang melip...


BNI & PNM Salurkan Kur Melalui Program Mekaar Naik Kelas

BNI & PNM Salurkan Kur Melalui Program Mekaar Naik Kelas
Menginjak usia ke-12 tahun kerja sama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM,...


Gandeng Lazada, Huawei Pasang Harga Mengejutkan untuk Huawei Y7 Pro 2019

Gandeng Lazada, Huawei Pasang Harga Mengejutkan untuk Huawei Y7 Pro 2019
Memasuki tahun baru 2019 Huawei langsung menggebrak dengan menghadirkan smartphone kelas entry-level terbaru Huawei Y7 Pro 2019. Dengan menggandeng ma...


Bantu Pulihkan Palu, PT Bank BRIsyariah Tbk Laksanakan CSR

Bantu Pulihkan Palu, PT Bank BRIsyariah Tbk Laksanakan CSR
PT Bank BRIsyariah Tbk terus berupaya dekat dengan masyarakat. Terbaru, BRIsyariah melakukan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate...


Indosat Ooredoo Business Connect Medan 2019 Membangun Mata Rantai Ekonomi Melalui Digitalisasi

Indosat Ooredoo Business Connect Medan 2019 Membangun Mata Rantai Ekonomi Melalui Digitalisasi
Indosat Ooredoo dengan strategi akselerasi B2B sebagai mesin pertumbuhan baru, kembali menggelar roadshow event business connect di Kota Medan. Indosa...


Bank Mandiri dan PT Pos Indonesia Perluas Layanan Top Up

Bank Mandiri dan PT Pos Indonesia Perluas Layanan Top Up
Bank Mandiri resmi jalin kerjasama dengan PT Pos Indonesia (Persero) guna memperluas layanan top up Mandiri e-money untuk mengakselerasi gerakan non-t...


Gandakan Kapasitas, Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia

Gandakan Kapasitas, Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia
Alibaba Cloud, perusahaan komputasi awan milik Alibaba Group, hari ini meluncurkan data center keduanya di Indonesia untuk menjawab permintaan pelangg...


Kemenperin Gelar IID Awards Tahun Depan, IKM Perlu Inovasi Desain Kemasan

Kemenperin Gelar IID Awards Tahun Depan, IKM Perlu Inovasi Desain Kemasan
Industri kecil dan menengah (IKM) perlu memperhatikan desain kemasan dan merek produknya yang lebih menarik dan kekinian sehingga bisa diminati konsum...


Sign In
VIP Members

OPINIONS








Index