Kamis, 25 April 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

Trade Expo Indonesia 2018 Sukses Bukukan Rp126, 77 Triliun

Posted by: 29-10-2018 09:42 WIB 159 viewer

Trade Expo Indonesia 2018 Sukses Bukukan Rp126, 77 Triliun
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

Penyelenggaraan Trade Expo Indonesia (TEI) 2018 sukses meraih perolehan fantastis hingga mencapai Rp126,77 triliun. Jumlah ini berdasarkan penghitungan transaksi, Minggu (28/10). Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita pada penutupan TEI 2018 di ICE BSD City, Minggu (28/10).

“Transaksi TEI tahun 2018 ini sukses mencapai USD 8,45 miliar atau setara Rp126,77 triliun. Nilai ini meningkat lima kali lipat dari target yang kita tetapkan sebelumnya. Transaksi setelah penghitungan masih terus berjalan dan dipastikan hasilnya akan bertambah ,” ujar Enggar bangga.

Enggar menjelaskan, total nilai transaksi TEI 2018 terdiri dari transaksi investasi sebesar USD 5,55 miliar, transaksi pariwisata sebesar USD 170,5 juta, dan transaksi produk dengan total USD 2,73 miliar.

Adapun rincian transaksi produk tersebut terdiri atas transaksi produk barang dan jasa masing-masing sebesar USD 1,42 miliar dan USD 1,31 miliar. Transaksi produk barang berasal dari transaksi MoU misi pembelian produk sebesar USD 811 juta, transaksi langsung saat pameran USD 470,65 juta, misi dagang lokal USD 85,6 juta, business matching USD 51,29 juta, dan Pameran Kuliner dan Pangan Nusantara USD 680 ribu.

“Kita patut berbangga dengan capaian transaksi tahun ini karena jauh melampaui target awal sebesar USD 1,5 miliar. Tentunya capaian ini juga berkat peran dan kerja keras para perwakilan di luar negeri, antara lain Kedutaan Besar RI, Konsulat Jenderal RI, Atase Perdagangan, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), dan Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI), yang telah mendatangkan buyers dan kontak dagang potensial,” ujar Enggar.

Enggar mengungkapkan, produk-produk yang banyak diminati para buyers pada TEI kali ini yaitu produkproduk informasi dan teknologi, makanan olahan, produk-produk kimia, minyak kelapa sawit mentah (CPO), produk-produk perikanan, serta kertas dan produk kertas. Sedangkan, negara-negara dengan nilai transaksi perdagangan keseluruhan tertinggi yaitu Arab Saudi, Jepang, Inggris, Mesir, dan Amerika Serikat.

“Perolehan transaksi ini membuktikan bahwa produk-produk nasional kita semakin diakui kualitasnya secara luas dan disegani sesuai selera pasar ekspor. Ini sesuai dengan tema yang diusung TEI tahun ini yaitu ‘Creating Products for Global Opportunities’,” tegas Enggar.

Seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan Pameran Pangan Nusa juga sekaligus dilangsungkan di arena TEI dan sukses menarik animo pengunjung. Tahun ini Pameran Kuliner dan Pangan Nusantara mencatatkan transaksi yang signifikan sebesar USD 680 ribu, termasuk MoU pembelian wine Bali senilai USD 10 ribu.

Adapun misi dagang lokal Provinsi Jawa Timur yang dilaksanakan pada 26 Oktober 2018 sukses mencatatkan transaksi USD 85,6 juta dengan 10 besar produk-produk unggulan yaitu gula semut, kunyit basah, bawang putih, manggis, lada putih, jambu merah, beras jagung, telur, arang batok kelapa, dan tepung tapioka.

“Capaian TEI 2018 merupakan sinyalemen positif dari para buyers terhadap produk-produk Indonesia di tengah ketidakpastian ekonomi global,” tegas Enggar.

Dari segi jumlah peserta pameran, tahun ini ada sebanyak 1.160 perusahaan yang berpartisipasi. Jumlah ini lebih tinggi dari target yang ditetapkan sebanyak 1.100 peserta atau naik 5 persen dibanding peserta tahun lalu yang sebanyak 1.108 peserta.

Sedangkan, TEI tahun ini juga mencatatkan jumlah pengunjung sebanyak 28.155 orang dari 132 negara. Jumlah ini meningkat sebesar 1,6 persen dibandingkan tahun lalu yang sebanyak 27.711 orang dari 117 negara.

Dari jumlah tersebut, pengunjung mancanegara mencapai 5.183 orang dengan jumlah terbanyak berasal dari Malaysia (371 pengunjung), Arab Saudi (312 pengunjung), Afghanistan (276 pengunjung), China (273 pengunjung), dan Jepang (239 pengunjung). Beberapa tamu kenegaraan yang hadir melihat-lihat arena TEI 2018 yaitu Wakil Presiden Panama Isabel Saint Malo, serta Delegasi asal Serawak, Malaysia, Mesir, dan Maroko.

Pada TEI 2018 yang berlangsung pada 24—28 Oktober 2018 telah terlaksana sejumlah kegiatan yang mendukung kesuksesan bisnis dan perdagangan. Kegiatan tersebut yaitu Forum Trade, Tourism, Investment (TTI), Diskusi Regional, gelar wicara, kompetisi usaha rintisan berorientasi ekspor, business matching, dan forum bisnis terpadu.

Hadir pula pada penutupan TEI 2018 perwakilan dari para sponsor penyelenggaraan TEI 2018, yaitu BPDP Kelapa Sawit, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia, dan Garuda Indonesia. Mendag Enggar memberikan apresiasi yang tinggi kepada para sponsor, pihak penyelenggara yang berperan besar untuk pelaksanaan TEI 2018 sehingga sukses terselenggara tanpa pendanaan dari APBN.

“Pada penyelenggaraan TEI untuk yang kedua kalinya di ICE BSD City ini, kami bersyukur sejumlah perbaikan dapat dirasakan para buyers dan pengunjung, terutama dalam aspek kenyamanan tempat dan logistik. Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pihak yang telah berkontribusi, termasuk Debindo sebagai pihak jasa penyelenggara,” ujar Enggar.

Kehadiran para buyers pada TEI 2018 akan dilanjutkan dengan kunjungan ke daerah-daerah untuk melihat produk-produk yang potensial dan meninjau pabrik-pabrik secara langsung. “Dengan kegiatan lanjutan dari para buyers tersebut, diharapkan juga dapat memberikan potensi kerja sama lanjutan yang dapat meningkatkan kinerja ekspor nasional sehingga target ekspor 11 persen dapat tercapai,” jelas Enggar.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Melacak Rezeki dari Bisnis GPS Tracker Super Spring

Melacak Rezeki dari Bisnis GPS Tracker Super Spring
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Banyaknya kasus pencurian mobil yang terus meningkat setiap tahunnya membuat para pemilik mobil harus ekstra hati-hati. Berbag...


Kalahkan China, Indonesia Jadi Produsen Boneka Barbie Terbesar di Dunia

Kalahkan China, Indonesia Jadi Produsen Boneka Barbie Terbesar di Dunia
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Boneka merek Barbie yang diproduksi oleh PT Mattel Indonesia berhasil mengalahkan produksi China dengan torehan sebesar...


Rayakan Hari Kartini, Pertamina Kasih Diskon Pembelian Bright Gas Family

Rayakan Hari Kartini, Pertamina Kasih Diskon Pembelian Bright Gas Family
JAKARTA, INFOBRAND.ID – PT Pertamina turut merayakan Hari Kartini yang jatuh pada 21 April 2019 kemarin. Program yang ditawarkan adalah promo di...


IIS 2019, Implementasi Making Indonesia 4.0 Menuju Negara 10 Besar Ekonomi Dunia

IIS 2019, Implementasi Making Indonesia 4.0 Menuju Negara 10 Besar Ekonomi Dunia
INFOBRAND.ID - Kementerian Perindustrian telah menggelar Indonesia Industrial Summit (IIS) 2019 pada tanggal 15-16 April 2019 di ICE BSD, Tangerang, B...


Mampu Tingkatkan Produktivitas Petani, Mobil Desa Banyak Dilirik Peminat!

Mampu Tingkatkan Produktivitas Petani, Mobil Desa Banyak Dilirik Peminat!
INFOBRAND.ID – Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) atau yang akrab disebut dengan mobil desa diklaim mampu meningkatkan produktivitas pet...


OK OCE Wakaf Luncurkan Program Pembiayaan UMKM

OK OCE Wakaf Luncurkan Program Pembiayaan UMKM
SUMENEP, INFOBRAND.ID - Salah satu kendala utama yang dihadapi pengusaha kecil adalah terbatasnya modal usaha.  Padahal banyak sekali potensi usa...


Indonesia Siap Ramaikan Pameran Franchise di Arab Saudi

Indonesia Siap Ramaikan Pameran Franchise di Arab Saudi
INFOBRAND.ID – Pameran franchise berskala internasional, World Franchise Exhibition 2019 dipastikan akan digelar pada 27-29 April 2019 mendatang...


Kemenperin Targetkan Industri Kosmetik Tumbuh 9 Persen Tahun Ini

Kemenperin Targetkan Industri Kosmetik Tumbuh 9 Persen Tahun Ini
INFOBRAND.ID – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) optimis industri kosmetik di Indonesia akan tumbuh mencapai 9 persen tahun ini. Apalagi, I...


Innovating Jogja 2019, Mendorong Inovasi Produk Lokal Berdaya Saing Global

Innovating Jogja 2019, Mendorong Inovasi Produk Lokal Berdaya Saing Global
INFOBRAND.ID - Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin Ngakan Timur Antara menjelaskan, saat ini pemerintah tengah gencar...


Tingkatkan Kualitas Layanan Jasa, Roto Rooter Raih 2 Sertifikat ISO Sekaligus

Tingkatkan Kualitas Layanan Jasa, Roto Rooter Raih 2 Sertifikat ISO Sekaligus
INFOBRAND.ID - Salah satu bisnis waralaba di bidang jasa plumbing dan drain cleaning service, Roto Rooter terus berupaya meningkatkan kualitas layanan...


Selama Puasa, Rene Baby Shop Akan Jual Baju Muslim Anak

Selama Puasa, Rene Baby Shop Akan Jual Baju Muslim Anak
INFOBRAND.ID – Bulan Ramadhan menjadi momen penting bagi para pelaku usaha untuk meraup pundi-pundi rupiah. Salah satunya adalah Rene Baby Shop....


Pamerkan Ribuan Startup Anak Negeri, Kemenristekdikti Gelar Indonesian Startup Summit

Pamerkan Ribuan Startup Anak Negeri, Kemenristekdikti Gelar Indonesian Startup Summit
INFOBRAND.ID - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan menggelar Indonesian Startup Summit (ISS) pada Rabu (10/4/2...


Mendag: Generasi Muda Harus Tumbuhkan Konsep Kewirausahaan

Mendag: Generasi Muda Harus Tumbuhkan Konsep Kewirausahaan
INFOBRAND.ID - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengajak kalangan akademisi, khususnya mahasiswa, menumbuhkembangkan konsep kewirausahaan agar...


Klinik Kecantikan Ghanisa Resmikan Cabang Ketujuh di Pasaman

Klinik Kecantikan Ghanisa Resmikan Cabang Ketujuh di Pasaman
INFOBRAND.ID – Setelah hadir Malang, Banjarmasin, Riau dan Padang, kini klinik kecantikan Ghanisa Aesthetic resmi membuka cabang barunya di Kabu...


HUT ke-118, Pegadaian Siap Luncurkan Produk Inovatif Berbasis Digital

HUT ke-118, Pegadaian Siap Luncurkan Produk Inovatif Berbasis Digital
INFOBRAND.ID – PT Pegadaian (Persero) akan terus memenuhi kebutuhan para nasabahnya dengan meluncurkan produk-produk baru yang inovatif dan sist...


Sign In
VIP Members

BRAND UPDATES








Index

EDITOR NOTES




Index

OPINIONS







Index