Kamis, 28 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Transaksi Hingga Rp 2,6 Miliar, Produk Kerajinan & Dekorasi Rumah Indonesia Laku di Italia

Posted by: 1348 viewer

Transaksi Hingga Rp 2,6 Miliar, Produk Kerajinan & Dekorasi Rumah Indonesia Laku di Italia
Produk Kerajinan dari Indonesia

JAKARTA, INFOBRAND.ID – Indonesia kembali memikat pasar internasional dengan produk andalannya. Indonesia berhasil meraup potensi transaksi sekitar Rp2,6 miliar dengan jumlah kontak buyer potensial mencapai 50 perusahaan di pameran produk kerajinan dan dekorasi rumah HOMI 2021, di Milan, Italia.

Keikutsertaan Indonesia di HOMI 2021 yang berlangsung pada 5—8 September 2021 merupakan sinergi Kementerian Perdagangan melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Milan bekerja sama dengan Atase Perdagangan Roma dengan menggandeng distributor dekorasi rumah terkemuka Italia Aladdin Srl.

“Dalam pameran ini Indonesia menampilkan ukiran kayu dan batu, dekorasi rumah, aromaterapi seperti resin dan lilin, serta kerajinan dari bambu dan rotan. Dengan memiliki kualitas yang baik, produk-produk tersebut berhasil menarik perhatian dan minat buyer yang hadir,” jelas Atdag Roma Silvi Charlote Sumanti.

IKLAN INFOBRAND.ID

HOMI merupakan pameran internasional di bidang kerajinan dan dekorasi rumah di Italia yang melibatkan seluruh pihak terkait, mulai dari produsen hingga pelaku distribusi. Pada penyelenggaraannya kali ini, HOMI 2021 menampilkan 300 peserta yang berasal dari 22 negara. Pendiri Aladdin Srl Massimo Vento menyampaikan, dirinya sangat puas terhadap hasil pameran ini.

Produk Indonesia yang merupakan produk yang indah dan unik serta jarang ditemukan di Italia, membuatnya sangat diminati dan diapresiasi di Italia. “Minat pasar pada produk kerajinan akar dan kayu teak amat besar. Kami tetap mendapat banyak permintaan meskipun ada beberapa kendala terkait pengiriman,” ungkap Massimo.

Kepala ITPC Milan Sri Bimo Adhi Yudhono menjelaskan, setelah terhambat pandemi Covid-19 dan penguncian ketat yang ditindaklanjuti vaksinasi besar-besaran, ekonomi Italia kini kembali
berdenyut. Hal ini harus dimanfaatkan Indonesia untuk meraih pasar sebagai salah satu negara penghasil kerajinan berkualitas tinggi. “Terlebih, saat ini pemerintah Italia memberikan potongan harga bagi mereka yang membangun atau membeli rumah. Sehingga, membuat peluang sektor dekorasi rumah semakin besar,” imbuh Bimo.

Tren tahun 2021 dalam bidang desain interior adalah produk ramah lingkungan serta produk yang berkelanjutan. Produk Indonesia memiliki dua karakter tersebut karena terbuat dari bahan alami dan bukan dari bahan buatan atau produk industri kimia. Tahun ini, animo masyarakat terhadap furnitur dan produk untuk beranda, teras, dan pekarangan rumah meningkat tajam karena masih banyak masyarakat yang harus bekerja dari rumah.

“Sejak pandemi, kehidupan masyarakat Italia banyak berubah. Mereka tidak lagi bekerja di kantor atau di perusahaan, namun bekerja dari rumah dan banyak yang memutuskan untuk mengubah rumahnya menjadi ruang kerja,” pungkas Bimo.

IKLAN INFOBRAND.ID

Total perdagangan Indonesia-Italia pada periode Januari—Juli 2021 sebesar USD 2,40 miliar atau meningkat 31,54 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke Italia sebesar USD 1,39 miliar. Sedangkan, impor Indonesia dari Italia sebesar USD 1,01 miliar. 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pacu Integrasi Bisnis, Mandiri Capital Tuntaskan Zenith Accelerator

Pacu Integrasi Bisnis, Mandiri Capital Tuntaskan Zenith Accelerator
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu perusahaan modal ventura di bawah Mandiri Group telah menggelar Zenith Graduati...


Gelar Inabuyer Expo, Kemenkop UKM  Bidik Transaksi Rp2 Triliun

Gelar Inabuyer Expo, Kemenkop UKM  Bidik Transaksi Rp2 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) kemba...


Toyota Kembangkan Bisnis Daur Ulang Baterai

Toyota Kembangkan Bisnis Daur Ulang Baterai
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan otomotif Jepang Toyota, melalui anak perusahaan Toyota Chemical Engineering (TCE) tengah mengembangkan bisnis daur...


Januari Lalu, AP I Layani 5,5 Juta Penumpang

Januari Lalu, AP I Layani 5,5 Juta Penumpang
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I melayani 5,5 juta penumpang di 15 bandara yang dikelola perseroan itu selama Januari 202...