Ahad, 09 Agustus 2020

Follow us:

infobrand

infobrand

Tri Raharjo: Bisnis Terbaik Harus Menguntungkan dan Sustainable

Posted by: 30-09-2019 09:59 WIB 635 viewer

Tri Raharjo: Bisnis Terbaik Harus Menguntungkan dan Sustainable
Chairman TRAS N CO Indonesia sekaligus founder INFOBRAND GROUP, Tri Raharjo

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan bisnis Franchise, Lisensi dan Kemitraan dalam kurun waktu lima tahun belakangan ini cukup menggembirakan. Berbagai brand bermunculan menawarkan segala potensi ekonomi serta iming-iming cuan yang bisa diraih. Tak pelak, sistem franchise dan kemitraan menjadi alternatif terbaik bagi calon investor untuk menanamkan modalnya.

Chairman TRAS N CO Indonesia sekaligus founder INFOBRAND GROUP, Tri Raharjo mengatakan bisnis franchise yang diminati oleh para investor adalah bisnis yang paling berhasil mendatangkan untung.

“Bagaimana bisa mengidentifikasikan bahwa franchise itu telah terbukti menguntungkan? Bisa dengan mengetahui lama berdirinya. Yang paling baik adalah franchise yang telah survive lebih dari lima tahun. Hal tersebut bisa menjadi pembuktian bahwa skema usaha yang telah berjalan dapat survive,” ujarnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

Adapun, sektor makanan dan minuman (food and beverage) masih menjadi primadona di industri franchise Tanah Air. Dalam catatannya, F&B berkontribusi 40% dari keseluruhan bisnis franchise untuk saat ini dan beberapa tahun mendatang. Kemudian diikuti oleh sector jasa yang tumbuh cukup pesat seiring dengan makin masifnya penggunaan teknologi informasi.

Sementara bagi franchisor sendiri, dalam memasarkan bisnis franchise-nya, franchisor bisa memanfaatkan beberapa saluran, diantaranya adalah mengikuti sejumlah pameran usaha. Strategi ini dinilai Tri menjadi cara terbaik dalam menjual sebuah franchise kepada khalayak.

Lalu, cara yang paling efektif kedua adalah dengan memanfaatkan media digital. Sebagai informasi, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia, yang mencapai 170 juta orang. Strategi ini juga penting karena bisa membuka peluang dalam meng-grab franchisee milenial.

“Franchisor dapat menjaring franchisee melalui ranah digital. Kemudahan akses informasi melalui internet sangat tinggi dan mempunyai jangkauan yang luas serta masif. Selain itu para franchisor juga harus menguasai search engine optimization agar website mereka dapat tampil di halaman pertama mesin pencarian sehingga mudah ditemukan oleh calon franchisee,” ungkap Tri.

Lebih lanjut Tri mengatakan, franchisor wajib men-support dan memonitoring jalannya usaha franchisee, membangun success rate diatas skala 90%, melindungi mitra melalui aspek legal, serta melakukan delivery knowledge secara optimal agar terbentuk SDM yang handal.

“Dari sisi franchisee sendiri mereka harus taat terhadap SOP serta sistem yang telah diberlakukan oleh franchisor. Kalau sinergi ini berjalan bagus maka hampir bisa dipastikan bisnis tersebut akan berhasil. Perlu diingat juga bahwa ketepatan memilih franchisee adalah awal kesuksesan franchise itu sendiri,” tutupnya.


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Hasil Riset Kredivo & Katadata Insight Center: Peningkatan Transaksi Tahun 2019 Tunjukkan Kepercayaan Masyarakat Indonesia terhadap E-Commerce

Hasil Riset Kredivo & Katadata Insight Center: Peningkatan Transaksi Tahun 2019 Tunjukkan Kepercayaan Masyarakat Indonesia terhadap E-Commerce
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Peningkatan jumlah rata-rata transaksi e-commerce per bulan dari kuartal pertama menuju kuartal terakhir pada 2019 menunjukkan...


Optimisme Bisnis Jasa Kurir di Masa Pandemi

Optimisme Bisnis Jasa Kurir di Masa Pandemi
JAKARTA, INFOBRAND.ID – Bisnis jasa kurir masih tetap bertahan di tengah merebaknya wabah COVID-19 di Indonesia. Terlebih sejak pemerintah membe...


Hasil Survei TRAS N CO Indonesia: Marketplace Menggeliat!

Hasil Survei TRAS N CO Indonesia: Marketplace Menggeliat!
JAKARTA, INFOBRAND.ID – TRAS N CO Indonesia sebagai entitas yang kredibel dalam penelitian brand di tanah air melakukan survei kepada 154 katego...


Merek-Merek Paling Banyak Dipilih Konsumen di Indonesia, Siapa Juaranya?

Merek-Merek Paling Banyak Dipilih Konsumen di Indonesia, Siapa Juaranya?
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kantar Worldpanel Indonesia, sebuah perusahaan riset pasar, meluncurkan hasil pemeringkatan merek-merek di industri fast movin...


Sign In
VIP Members

OPINIONS




Index

INFOBRAND LETTER




Index

BRAND PRACTITIONERS




Index
NABATI