Kamis, 28 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

UKM Indonesia Tampil di Seoul Food and Hotel 2022

Posted by: 1485 viewer

UKM Indonesia Tampil di Seoul Food and Hotel 2022
Pembukaan ASEAN Trade Fair 2022 untuk meningkatkan akses pasar ke Korea Selatan.

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) bekerja sama dengan ASEAN–Korea Centre (AKC) memfasilitasi perusahaan makanan dan minuman (mamin) dan peralatan makan kayu asal Indonesia mengikuti kegiatan ASEAN Trade Fair 2022 untuk meningkatkan akses pasar ke Korea Selatan. 

Acara yang berlangsung pada pameran Seoul Food and Hotel 2022 ini diselenggarakan di Korea International Exhibition Center (KINTEX), Seoul, Korea Selatan, 7—10 Juni 2022. Pameran secara resmi dibuka oleh Sekretaris Jenderal AKC Kim Hae-yong didampingi Duta Besar 10 negara ASEAN untuk Korea Selatan, dan Direktur Jenderal PEN Kementerian Perdagangan. 

“Program ASEAN Trade Fair diharapkan dapat meningkatkan akses pasar dan internasionalisasi usaha kecil dan menengah (UKM) ASEAN yang merupakan salah satu tujuan strategis ASEAN Strategic Action Plan for SME Development 2016—2025,” terang Dirjen PEN Kementerian Perdagangan Didi Sumedi. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Didi menjelaskan, sejak 2014, Indonesia dan negara-negara ASEAN telah mendorong para pelaku UKM untuk memasuki pasar Korea Selatan melalui partisipasi pada berbagai pameran dagang. Dalam kegiatan kali ini, selain mengikuti pameran ASEAN Trade Fair, para pelaku usaha juga berkesempatan mengikuti seminar peningkatan kapasitas untuk mendapatkan informasi terkini mengenai peluang pasar Korea Selatan, tren yang berkembang, dan ketentuan impor yang berlaku. 

Tahun ini, Paviliun Indonesia pada ASEAN Trade Fair menampilkan produk minuman serbuk coklat dari Indo Universal Spice; produk minuman air kelapa, santan, dan minyak kelapa dari PT Jagad Kelapa Nusantara; produk makanan ringan berbahan kentang dengan berbagai varian rasa dari PT Pacific Food Indonesia; serta produk peralatan makan kayu dari Art Classic International. 

ASEAN Trade Fair merupakan program pameran dagang tahunan yang diselenggarakan AKC dengan tujuan mendorong promosi produk UKM negara-negara ASEAN masuk ke pasar Korea Selatan. Tahun ini sektor mamin dipilih karena sektor tersebut dinilai sebagai industri yang paling terdampak pandemi Covid-19. Sektor mamin juga dinilai memiliki kesempatan yang besar di masa pemulihan ekonomi global, mulai dari jenis produk makanan yang mudah dimasak (easy-to-cook food) sampai peluang perdagangan melalui sistem elektronik (e-commerce). 

Selain produk mamin, AKC juga ingin mendorong promosi produk organik dan produk ramah lingkungan untuk merespon tren belanja generasi MZ (milenial dan Z) di Korea Selatan yang menginginkan produk ramah lingkungan dan sadar akan pentingnya ‘nilai’ sebuah produk (value conscious consumption). 

Direktur Kerjasama Pengembangan Ekspor Ni Made Ayu Marthini berharap, pemanfaatan berbagai program promosi yang diselenggarakan AKC dapat memberikan kontribusi dalam peningkatan nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Korea Selatan. Pada 2021, nilai ekspor nonmigas Indonesia ke Korea Selatan mengalami kenaikan sebesar 41,8 persen. 

IKLAN INFOBRAND.ID

“Kinerja ini merupakan kabar baik dalam mendorong percepatan pemulihan ekonomi Indonesia pascapandemi, khususnya karena Indonesia dan Korea Selatan memiliki Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA),” lanjut Made. 

Melalui IK-CEPA, pada perdagangan barang, Korea Selatan akan mengeliminasi hingga 95,54 persen pos tarifnya yang mencakup 97,33 persen nilai impor Korea Selatan dari indonesia. Sementara Indonesia mengeliminasi 92,06 persen pos tarifnya. Pada sektor perdagangan jasa, Indonesia dan Korea Selatan berkomitmen membuka lebih dari 100 subsektor, serta meningkatkan integrasi beberapa sektor jasa di masa depan, antara lain pada sektor konstruksi, layanan pos dan kurir, hingga franchise. Sementara, di bidang investasi, IK-CEPA juga akan mendorong terjadinya investasi dua arah. 

ASEAN–Korea Center (AKC) adalah organisasi antar pemerintah yang dibentuk untuk mendukung dan meningkatkan kemitraan ASEAN-Korea Selatan, mengembangkan saling pengertian melalui pertukaran kebudayaan dan people-to-people contact, serta mendorong upaya integrasi ASEAN. AKC berdiri pada pada 13 Maret 2009 berdasarkan nota kesepahaman yang ditandatangani dalam Konferensi Tingkat Tinggi ke-11 ASEAN-Republic of Korea (ROK) dan beranggotakan 10 negara anggota ASEAN serta Korea Selatan. 

Dewan (council) ditetapkan sebagai lembaga pemegang kuasa tertinggi dalam pengambilan keputusan yang terdiri atas 11 Direktur Dewan (Council Director) yang ditunjuk dari masing-masing negara anggota. Untuk Indonesia, yang bertindak sebagai Direktur Dewan adalah Dirjen PEN Kementerian Perdagangan. Terdapat tiga pilar kegiatan AKC yakni perdagangan dan investasi, budaya dan pariwisata, serta hubungan masyarakat dan pertukaran informasi. 

Nilai total perdagangan Indonesia—Korea Selatan pada 2021 tercatat sebesar USD 18,40 miliar. Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke Korea Selatan sebesar USD 8,98 miliar. Sedangkan, impor Indonesia dari Korea Selatan sebesar USD 9,42 miliar. Sementara, total perdagangan Indonesia—Korea Selatan pada periode Januari—Maret 2022 telah mencapai USD 6,09 miliar. Ekspor Indonesia ke Korea Selatan tercatat sebesar USD 3,11 miliar. Sedangkan, impor Indonesia dari Korea Selatan sebesar USD 2,98 miliar. 

IKLAN INFOBRAND.ID

Adapun produk ekspor nonmigas utama Indonesia adalah batu bara, tembaga, minyak nabati, alat pemancar sinyal TV, dan amonia. Sedangkan produk impor nonmigas utama Indonesia dari Korea Selatan adalah komponen elektronik (memori), suku cadang elektronik, tanker, komponen elektronik (prosesor), dan propylene.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


WOM Finance Gelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa

WOM Finance Gelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan dan Luar Biasa
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Wahana Ottomitra Multiartha, Tbk (“WOM Finance”), menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) da...


Pacu Integrasi Bisnis, Mandiri Capital Tuntaskan Zenith Accelerator

Pacu Integrasi Bisnis, Mandiri Capital Tuntaskan Zenith Accelerator
INFOBRAND.ID, JAKARTA - PT Mandiri Capital Indonesia (MCI), salah satu perusahaan modal ventura di bawah Mandiri Group telah menggelar Zenith Graduati...


Gelar Inabuyer Expo, Kemenkop UKM  Bidik Transaksi Rp2 Triliun

Gelar Inabuyer Expo, Kemenkop UKM  Bidik Transaksi Rp2 Triliun
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) kemba...


Toyota Kembangkan Bisnis Daur Ulang Baterai

Toyota Kembangkan Bisnis Daur Ulang Baterai
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan otomotif Jepang Toyota, melalui anak perusahaan Toyota Chemical Engineering (TCE) tengah mengembangkan bisnis daur...