Sabtu, 15 Februari 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

UMKM Akui Implementasi AI Tingkatkan Pendapatan Usaha

Posted by: Alvin Pratama | 22-01-2025 15:11 WIB | 415 views

UMKM Akui Implementasi AI Tingkatkan Pendapatan Usaha UMKM Akui Implementasi AI

INFOBRAND.ID-Salesforce telah merilis laporan terbarunya berjudul Small & Medium Business Trends. Survei ini berisikan insight dari 3.350 pemimpin SMB (Small and Midsize Business) yang tersebar di 26 negara dalam hal hal pengimplementasian kecerdasan buatan (AI) pada bisnisnya. Survei tambahan dilakukan di Indonesia dengan melibatkan 150 pemimpin bisnis UKM pada 8-13 November 2024.

Penelitian ini menyoroti bagaimana pelaku SMB memanfaatkan AI untuk mendorong pertumbuhan di tengah tren agen AI otonom. Beberapa fakta menarik yang muncul dari penelitian ini di antaranya:

SMB telah menggunakan AI

Secara global, 75% pelaku SMB mengaku telah melakukan eksperimen atau telah mengimplementasikan AI dalam bisnisnya. Mereka mengakui bahwa AI telah berdampak positif pada perolehan pendapatan, produktivitas, dan pengalaman pelanggan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Di Indonesia, 77% SMB telah menggunakan atau bereksperimen dengan AI. Mereka menggunakan AI untuk mesin pencarian berbasis teks, optimalisasi kampanye marketing, dan rekomendasi otomatis bagi pelanggan. 

Mayoritas SMB di Indonesia (97%) mengaku bahwa implementasi AI dapat meningkatkan pendapatan bisnisnya. Sekitar 41% pemimpin SMB di Indonesia pun khawatir perusahaannya menjadi tertinggal jika belum mengimplementasikan AI. 

SMB Bergulat dengan Kompleksitas Teknologi yang Terus Berkembang

Seiring dengan munculnya beragam penawaran solusi teknologi dan kapasitas yang terus bertambah, pemimpin SMB menghadapi tekanan untuk mengelola teknologi dengan efektif. Sekitar 77% pemimpin SMB di Indonesia menyatakan mengikuti perkembangan teknologi penuh tantangan. 

Namun, 29% dari mereka menyatakan tidak memiliki waktu yang cukup untuk menguasai seluruh teknologi yang digunakannya di perusahaan. Mayoritas (92%) SMB di Indonesia menyatakan peningkatan kualitas berimbas positif pada peningkatan pendapatan mereka.

Kepercayaan Konsumen Kunci dalam Era AI

Dalam beberapa tahun terakhir ini kepercayaan konsumen berada pada titik terendah. SMB pun mulai gencar mencari partner kompeten yang membantu mereka bernavigasi di dunia digital yang penuh risiko keamanan dan perkembangan teknologi yang pesat.

IKLAN INFOBRAND.ID

Mayoritas (87%) SMB di Indonesia akan meluangkan waktu lebih banyak untuk teknologi dengan melibatkan partner yang dapat dipercaya. Terkait implementasi AI, setidaknya ada 3 kekhawatiran SMB di Indonesia di antaranya masalah keamanan, ketidakpercayaan pelanggan terhadap AI, dan masalah etika penggunaan AI.

Iman Muhammad, Country Leader, Indonesia, Salesforce mengatakan bahwa SMB memainkan peranan yang sangat vital bagi perekonomian Indonesia. Namun, dengan sumber daya yang terbatas mereka mengalami banyak tantangan dalam mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya. 

Seiring dengan perkembangan AI menuju agen otonomus, SMB kini memiliki kesempatan untuk mengatasi segala tantangan yang selama ini ada dengan bantuan dari tenaga kerja yang tak terbatas.

“Agen AI secara mandiri dapat menjangkau pelanggan dan mengerjakan pekerjaan rutin di saat yang bersamaan, memungkinkan bisnis kecil bertindak lebih di tengah keterbatasan,” ujarnya.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!