Ahad, 15 September 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

UMKM Indonesia Masih Belum Maksimal Garap Peluang Go Digital, Kenapa?

Posted by: 12-02-2019 17:06 WIB 441 viewer

UMKM Indonesia Masih Belum Maksimal Garap Peluang Go Digital, Kenapa?
Ilustrasi digital

INFOBRAND.ID – Di era digital ini, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) perlu mendapat dukungan maksimal dari pemerintah. Hal ini sejalan dengan  perkembangan industri 4.0 yang saat ini serba digital. Apalagi UMKM tengah dijadikan sebagai salah satu pilar dan tonggak ekonomi Indonesia. Sehingga pelaku UMKM harus bisa memaksimalkan peluang tersebut.

Pengamat ekonomi digital yang juga menjabat sebagai CEO PT Duta Sukses Dunia, Yudi Candra mengatakan, pelaku UMKM yang sudah go digital masih sangat sedikit. Menurutnya, hingga akhir tahun 2018, jumlah usaha mikro sebanyak 58,91 juta unit, usaha kecil 59.260 unit dan usaha besar 4.987 unit. Meski demikian, hanya 5 persen yang sudah go digital dan sisanya masih konvensional.

“Ada beberapa faktor yang menyebabkan pertumbuhan UMKM di Indonesia melambat seperti masalah modal, sumber daya manusia dan menembus pasar. Itulah pentingnya UMKM melek media supaya mampu merambah pasar lebih luas,” ujar Yudi pada wartawan di Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Meski saat ini media sosial bisa dijadikan sebagai wadah promosi secara gratis, tapi tetap saja banyak pelaku UMKM yang tak bisa memanfaatkan peluang tersebut. Hal itu, lanjut Yudi, karena minimnya pendampingan dari pemerintah akan pemahaman tentang digitalisasi dan potensi media sosial sebagai sarana promosi.

“Masih banyak pelaku usaha yang tidak punya media sosial. Bahkan tidak sedikit yang sudah punya tapi tidak bisa mengoperasikannya karena dibuatkan orang lain. Lantas, bagaimana mereka bisa mempromosikan produknya kalau tidak punya akun media sosial atau tidak mengoperasikannya,” jelasnya.

Dengan adanya pendampingan maksimal dari pemerintah, Yudi berharap, UMKM nasional bisa mendongkrak ekonomi dan taraf hidup masyarakat luas.

“Karena UMKM butuh perhatian lebih, bukan dibiarkan liar jalan sendiri-sendiri,” pungkasnya. [ded]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Ini Strategi BNI Syariah dalam Mengoptimalkan Bisnis Pembiayaan Konsumer

Ini Strategi BNI Syariah dalam Mengoptimalkan Bisnis Pembiayaan Konsumer
JAKARTA, INFOBRAND.ID – BNI Syariah memaparkan sejumlah strategi yang dilakukannya dalam mengoptimalkan bisnis pembiayaan konsumen. Salah satuny...


Bekraf dan Kemenlu Inisiasi Pembentukan Komite Khusus Ekonomi Kreatif ASEAN

Bekraf dan Kemenlu Inisiasi Pembentukan Komite Khusus Ekonomi Kreatif ASEAN
Wakil-wakil negara ASEAN berkomitmen untuk memajukan kerja sama bidang ekonomi kreatif di Kawasan. Kerja sama tersebut diharapkan dapat meningkatkan i...


Siap Menanti Produksi Massal Mobil ESEMKA

Siap Menanti Produksi Massal Mobil ESEMKA
INFOBRAND.ID - PT Solo Manufaktur Kreasi (PT SMK), produsen lokal yang memproduksi mobil ESEMKA telah bekerjasama dengan lebih dari 30 industri penyed...


Singapura Diprediksi Jadi Calon Destinasi Halal Favorit di Asia pada 2026

Singapura Diprediksi Jadi Calon Destinasi Halal Favorit di Asia pada 2026
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Potensi wisata halal diperkirakan mencapai 200 miliar US Dollar pada tahun 2020 dan meningkat 300 miliar US Dollar pada 2026....