Jum'at, 29 Maret 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Usung Eco-Wisata Di Desa Apar, Pertamina Raih Penghargaan Indonesia Green Awards 2020

Posted by: 2471 viewer

Usung Eco-Wisata Di Desa Apar, Pertamina Raih Penghargaan Indonesia Green Awards 2020
dok. Indonesia Green Award 2020

Jakarta, INFOBRAND.ID – Program tanggung jawab sosial perusahaan seyogyanya mampu menciptakan kemandirian, bukan menciptakan ketergantungan. Melalui program CSR, perusahaan melihat peluang untuk menambah pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan masyarakat di suatu wilayah. 

Melihat potensi wisata yang ada di Desa Apar, Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Pertamina Minangkabau mengembangkan wisata berbasis alam di Kecamatan Pariaman Utara, Sumatera Barat. Potensi yang dikembangkan adalah konservasi mangrove serta penyu. Para wisatawan pun diajak untuk berpartisipasi untuk melestarikan kawasan dengan ikut merawat dan menjadi donatur.

Desa Apar sendiri dikembangkan dengan melakukan program penanaman mangrove. Untuk memaksimalkan pelestarian tersebut, program ini menggandeng Komunitas Tabuik Diving Club (TDC) dengan membuat konsep wisata edukasi. Wisata edukasi ini untuk memberikan ilmu dalam bentuk konservasi langsung kepada wisatawan.

IKLAN INFOBRAND.ID

Unit Manager Communication, Relations, & CSR Marketing Operation Region (MOR) I, Roby Hervindo, mengungkapkan sudah ada dampak positif dari program ini. Tak hanya meningkatkan wisatawan untuk menjaga mangrove, namun juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

“Bersama komunitas TDC, wisatawan diajak untuk ikut menanam mangrove. Kami ingin membuat kesan untuk wisatawan kalau melestarikan alam itu asyik dan menyenangkan,” tutur Roby.

Roby juga menambahkan, dari sisi perekonomian juga membuka lapangan pekerjaan seperti berjualan diarea tracking mangrove, sudah adanya pedagang keliling, tukang foto keliling, dan juru parkir. Potensi ekonomi menjadi aspek yang tumbuh selain konservasi lingkungan yang dilakukan.

Berkat pengembangan yang terus dilakukan, CSR Desa Apar menuju Desa Wisata berhasil memperoleh Indonesia Green Awards (IGA) 2020. Program ini berhasil memperoleh penghargaan pada kategori bidang pengembangan keanekaragaman hayati.

IGA 2020 sendiri merupakan ajang penghargaan khususnya pada bidang CSR yang diselenggarakan oleh The La Tofi School of CSR. Terdapat 7 kategori yang dilombakan pada ajang ini yang ditujukan untuk perusahaan-perusahaan perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan melalui berbagai ragam kreativitas atau kepada siapa saja yang dianggap berprestasi dan berjasa bagi lingkungan sekitar.

IKLAN INFOBRAND.ID

Selain penghargaan IGA, pada tahun 2019 CSR Desa Apar Menuju Desa Wisata juga mendapat penghargaan Nusantara CSR Awards untuk kategori pengembangan wisata. CSR ini juga mendapatkan penghargaan PROPER untuk kategori hijau pada tahun 2019. 

“Pertamina bangga dapat memberikan dampak positif dari program-program CSR yang kami buat. Program CSR kami bertujuan membuat masyarakat jadi dapat lebih mandiri dalam mengelola potensi yang dimiliki lingkungannya sehingga berpengaruh juga pada peningkatan ekonomi masyarakat. Selain itu, kami juga terbuka akan keterlibatan pemerintah dalam program-program CSR kami,” tutup Roby.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Popular di Ranah Digital, Simba Sabet Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Popular di Ranah Digital, Simba Sabet Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand sereal yang berada di bawah naungan PT Simba Indosnack Makmur, Simba, berhasil menyabet penghargaan Indonesia Digi...


Hadirkan Produk Andal, Cosmos Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Hadirkan Produk Andal, Cosmos Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand produk peralatan rumah tangga Cosmos berhasil memperoleh penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA)...


Hadirkan Konten Relevan, Hansaplast Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Hadirkan Konten Relevan, Hansaplast Raih Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Brand plester luka Hansaplast sukses meraih penghargaan Indonesia Digital Popular Brand 2024 dari media INFOBRAND.ID bek...


Untuk ke-32 Kalinya, INFOBRAND.ID Sukses Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award 2024

Untuk ke-32 Kalinya, INFOBRAND.ID Sukses Gelar Indonesia Digital Popular Brand Award 2024
INFOBRAND.ID, JAKARTA – Di tengah persaingan yang semakin sengit, tingkat popularitas brand menjadi salah satu kunci sukses penjualan produk seb...