Sabtu, 20 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

"Vaseline Healing Project" Bantu Perbaiki Kualitas Hidup Masyarakat Pengungsi Erupsi Gunung Sinabung Di Desa Batukarang

Posted by: 2957 viewer


Vaselin Healing Project

Vaseline, merek perawatan kulit produksi PT Unilever Indonesia Tbk. hari ini menyelenggarakan sebuah kegiatan sosial sebagai bukti nyata dari misi global Vaseline untuk memperbaiki kulit dan kualitas hidup masyarakat yang membutuhkan di seluruh dunia. Kegiatan bernama “Vaseline Healing Project” ini digelar di Balai Desa Batukarang, dimana Vaseline bekerjasama dengan HeartIndo bersama-sama menyebarluaskan edukasi tentang kesehatan kulit serta membantu memperbaiki kondisi kulit para pengungsi erupsi Gunung Sinabung yang tinggal di desa tersebut.

Mahnessa Siregar selaku Brand Manager Vaseline menuturkan, “Vaseline ingin selalu menginspirasi masyarakat di seluruh dunia untuk lebih peduli kepada kesehatan kulit dan percaya bahwa kulit yang sehat dapat dimiliki oleh semua orang – tanpa terkecuali. Sementara, bagi orang-orang yang tinggal di daerah bencana, gangguan kulit yang paling sederhana dan sebenarnya dapat dicegah ternyata masih sering mereka derita, dan hal ini telah menyulitkan mereka dalam menjalani keseharian, yang tentunya juga akan memengaruhi produktivitas dan kualitas hidup mereka.” Katanya dalam siaran persnya.

“Oleh karena itu, Vaseline menggelar program ‘Vaseline Healing Project’ sebagai upaya untuk membantu memberikan perawatan dermatologis pada orang-orang tersebut. Secara global, program ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi kulit 5 juta orang di seluruh dunia pada tahun 2020, sebagai bagian dari komitmen Unilever Sustainable Living Plan. Bekerjasama dengan mitra global kami, yaitu Direct Relief – organisasi global yang bertujuan meningkatkan kesehatan dan kehidupan orang-orang yang terdampak kemiskinan dan situasi darurat – kami memanfaatkan skala dan keahlian dalam menjaga kulit sehat selama lebih dari 140 tahun untuk membantu memperbaiki masalah kulit mereka, sehingga kualitas hidup merekapun menjadi lebih baik,” terang Mahnessa.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebagai informasi, program ini diawali tahun 2015 berkat pengalaman dua orang ahli dermatologi Dr. Grace Bandow dan Dr. Samer Jaber saat mereka melakukan misi kemanusiaan ke Yordania. Mereka menemukan bahwa ternyata Vaseline Repairing Jelly adalah salah satu prioritas tertinggi yang dibutuhkan tenaga kesehatan untuk mengobati orang-orang yang menderita masalah kulit di kamp-kamp pengungsian.

Kandungan petrolatum pada Vaseline Repairing Jelly terbukti sangat berguna untuk memperbaiki kondisi kulit mereka, seperti melembapkan kulit yang ekstra kering, mempercepat penyembuhan luka, dan lainnya. Selain itu, di tengah himpitan masalah yang mereka hadapi, stress adalah sesuatu yang sering mereka alami, dan kondisi ini dapat memicu masalah kulit seperti eksim. Kandungan petrolatum juga mampu memperbaiki dan meminimalisir kekambuhan masalah eksim ini. Berangkat dari fakta tersebut, Vaseline dan Direct Relief akhirnya secara kontinyu menyelenggarakan “Vaseline Healing Project” dengan menyediakan Vaseline Repairing Jelly dan obat-obatan lainnya kepada orang-orang di daerah miskin atau terkena krisis dan bencana di seluruh belahan dunia.

Pada dasarnya, program ini terdiri dari tiga pilar utama, Pertama: menyumbangkan lebih dari 1 juta produk Vaseline Repairing Jelly melalui klinik dan rumah sakit jaringan mitra Direct Relief di seluruh dunia, Kedua: memberikan pelatihan mengenai kesehatan kulit bagi tenaga kesehatan, dan Ketiga: melaksanakan misi untuk memperbaiki kondisi kulit masyarakat yang tinggal di daerah-daerah yang paling membutuhkan.

Di Indonesia sendiri, program ini secara perdana digelar di Kabupaten Bangkalan, Madura bulan Januari lalu. Selain memberikan layanan kesehatan kulit dan pemberian donasi berupa produk Vaseline Repairing Jelly dan obat-obatan lainnya kepada 154 orang masyarakat Bangkalan, Vaseline bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Dr. Soetomo juga telah mengadakan sesi Training of Trainers mengenai kesehatan kulit untuk para petugas kesehatan setempat sehingga di kemudian hari bekal pengetahuan yang diberikan akan menjadikan para pesertanya berkompeten untuk membantu mencegah dan memperbaiki masalah kulit masyarakat yang lebih luas.

Sebagai kali penyelenggaraan kedua, Desa Batukarang terpilih sebagai target penerima manfaat dari program ini karena memiliki jumlah kepadatan penduduk tertinggi yang terkena dampak cukup berat dari bencana erupsi Gunung Sinabung. Hingga saat ini, bantuan yang diterima masyarakat masih sangat minim, dan mereka juga tidak memiliki sumber air bersih dari PDAM sejak 2010 atau sejak erupsi pertama kali terjadi. Akibatnya, berbagai permasalahan kesehatan pun bermunculan, seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas, diare, dan beragam masalah kesehatan kulit yang tentunya makin memperburuk produktivitas dan kualitas hidup masyarakat setempat. Khusus untuk mengatasi masalah kulit, saat ini warga Desa Batukarang saat ini hanya bisa mengandalkan tiga orang bidan desa yang bertugas disana karena bagi mereka biaya perjalanan menuju Puskesmas menggunakan transportasi umum dinilai cukup mahal.

IKLAN INFOBRAND.ID

“Vaseline Healing Project” di Desa Batukarang diselenggarakan bekerjasama dengan HeartIndo, sebuah NGO yang bertujuan menjadikan Indonesia khususnya Sumatera menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang. Bersama Unilever Indonesia sebagai salah satu mitra utama, HeartIndo telah memiliki jam terbang yang tinggi dalam menjalankan berbagai program sosial di bidang kesehatan, pendidikan, pertanian, maupun teknis.

dr. Apsari Diana Kusumastuti, MARS selaku pendiri HeartIndo dan Ketua Tim Panitia Vaseline Healing Project di Desa Batukarang menerangkan, “Untuk pelaksanaan program ‘Vaseline Healing Project’ ini, kami telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Tanah Karo untuk memastikan segala sesuatunya berjalan dengan lancar dan efektif. Hari ini, kami mengerahkan tim medis yang terdiri dari 13 orang dokter spesialis dan dokter umum untuk memberikan edukasi dan sosialisasi mengenai kesehatan kulit kepada 200 orang masyarakat setempat – termasuk di antaranya 20 orang petugas kesehatan dari Puskesmas setempat. Selanjutnya, kami langsung memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat, terutama dalam membantu memperbaiki masalah kulit yang mereka miliki. Di akhir program, kami juga membagikan sembako dan paket obat-obatan – termasuk Vaseline Repairing Jelly – agar masyarakat dapat terus memelihara kesehatan mereka.”

Hari ini, pelaksanaan “Vaseline Healing Project” turut dihadiri oleh Roin Andeasi Bangun selaku Kepala Desa Batukarang, Kawal Maha, SSi, Apt. MKes selaku Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan Tanah Karo, dan dr. Florencia sebagai Kepala Puskesmas Kecamatan Payung.

“Kami berharap program ‘Vaseline Healing Project’ dapat membantu masyarakat Desa Batukarang untuk menikmati hidup yang lebih berkualitas dengan kulit yang sehat. Tak kalah pentingnya, semoga program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengonsultasikan kondisi kulit mereka kepada para ahli sehingga permasalahan kulit mereka dapat diperbaiki sebelum menjadi masalah yang lebih serius,’’ tutup Mahnessa.

Tentang PT Unilever Indonesia Tbk

IKLAN INFOBRAND.ID

PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933 dan telah menjadi perusahaan fast moving consumer goods terdepan di pasar Indonesia. Unilever Indonesia memiliki 42 brand yang terbagi dalam 4 kategori, Personal Care, Home Care, Food dan Refreshment. Unilever Indonesia telah ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Per Desember 2017, penjualan bersih Unilever Indonesia mencapai Rp 41,2 triliun dimana HPC dan FNR bertumbuh sebesar 1,6% dan 5,8% YoY. Di tahun 2017, Unilever menutup pertumbahan Perseroan pada tingkat 2,9% YoY. Profitabilitas semakin meningkat dengan laba bersih lebih tinggi 9.6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Unilever memiliki sembilan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut. Pada tahun 2016, seluruh pabriknya telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Secara global, pada tahun 2010 Unilever meluncurkan Unilever Sustainable Living Plan, strategi untuk terus mengembangkan bisnisnya seraya mengurangi setengah dampak lingkungan yang ditimbulkan dan meningkatkan dampak sosial bagi masyarakat.

 

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka

Asik, Pokémon Playlab Kini Hadir di Kota Kasablanka
INFOBRAND.ID, JAKARTA - AKG Entertainment, pemegang lisensi utama brand Pokémon di Indonesia bekerja sama dengan The Pokémon Company men...


Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan

Kolaborasi dengan Lembaga Kemanusiaan, Tokopedia Permudah Masyarakat Berbagi Kebaikan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Tokopedia terus mengedepankan kolaborasi dengan berbagai lembaga kemanusiaan untuk mempermudah masyarakat menjalankan ibadah s...


Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,

Omega Hotel Management Luncurkan Restoran Cultural Taste of Indonesian,"Ramela"
INFOBRAND.ID-Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, &q...


Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher

Santap Pizza Lebih Hemat, Voucher Pizza Hut Sudah Tersedia di Ultra Voucher
INFOBRAND. iD-PT Trimegah Karya Pratama Tbk (Ultra Voucher) dan PT Sarimelati Kencana Tbk (Pizza Hut Indonesia) menjalin kerja sama dalam menyediakan&...