Kamis, 25 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

Viral BTS Meal, Pakar Sebut McD+BTS The Power of Fans Marketing

Posted by: 2465 viewer

Viral BTS Meal, Pakar Sebut McD+BTS The Power of Fans Marketing
Menu varian spesial edisi ‘BTS Meal’ McD. (Foto: IG @yuswohady)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Hari ini 9 Juni 2021 jagat netizen di Indonesia diramaikan dengan peluncuran perdana menu varian spesial edisi ‘BTS Meal’. Yang menghebohkannya lagi, sejumlah postingan berseliweran di media sosial seperti instagram yang menggambarkan kerumunan dan kehobohan kang ojol di sejumlah outlet McDonald’s (McD).

Rupanya para penggemar K-Pop di Indonesia tidak mau melewatkan untuk mendapatkan menu baru tersebut di hari pertama. Banyaknya masyarakat yang ingin mendapatkan menu tersebut, tidak sedikit memanfaatkan jasa pesan-antar makanan, yang membuat kerumunan di sejumlah outlet McD. Saking ramainya, postingan keramaian pun viral di media sosial.

Tagar #BTSMeal pun menggema dengan berbagai penuturan pengakuan para netizen terkait order menu spesial tersebut.

IKLAN INFOBRAND.ID

Viral peluncuran perdana menu varian spesial edisi ‘BTS Meal’ itupun tak luput dari sorotan pakar marketing di Indonesia. Yuswohadi, Pakar Marketing dan Managing Partner Inventure dalam postingan di akun instagram @yuswohady menulis McD + BTS The Power of Fans Marketing.

“Ini lho yang membuat anak saya HISTERIS,” tulis Yuswohady.

Diungkapkan bahwa anaknya yang juga ngefans sama BTS mengetahui adanya menu spesial McD edisi BTS itu langsung histeris dan minta untuk memesannya.

“Baru pesen aja sudah HISTERIS,” imbuhnya.

Tidak sampai di situ, begitu petugas antaran McDelivery nyampek di rumah, anaknya kembali histeris untuk yang kedua kali. Dan begitu foto di atas diposting di IG, maka pecah HISTERIS ke-tiga kali.

IKLAN INFOBRAND.ID

Mengomentari hal tersebut, lanjut Yuswo, menurutnya itulah cerdasnya McD memahami suasana psikologis "BTS Army" untuk meroketkan penjualan dan melakukan brand building.

Menurutnya McD selalu memiliki taktik jitu yang selalu dikeluarkan di saat-saat tertentu. Taktik itu dinamakan Tormenting The Customer, yaitu menyiksa konsumen dengan cara membatasi availibility atau ketersediannya.

“Yaitu hanya utk tiga channels: drive-thru, order delivery, dan online delivery,” katanya.

Tujuannya jelas, yaitu untuk menciptakan exclusivity akibatnya gampang ditebak semua org penasaran dan merasa istimewa. Tak heran jika begitu dibuka pemesanan jam 11 siang, jagat sosial media langsung gempar oleh aneka ragam postingan foto McD BTS Meal. Antrean drive-thru McD mengular di berbagai kota, menjadi sasaran empuk viral media sosial.

“The most powerful salesman is your customers di era HOR (horizontal marketing),” tutup Yuswohady.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat

Hari Bumi, Allianz Indonesia Jaga Bumi melalui Pelestarian Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Memperingati Hari Bumi, 22 April, Allianz Indonesia senantiasa berkomitmen pada tanggung jawab sosial perusahaan, terutama dal...


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...