Kamis, 14 November 2019

Follow us:

infobrand

infobrand

WFA Percaya Merek Waralaba Indonesia Bisa Berkembang di Pasar ASEAN

Posted by: 03-10-2019 17:20 WIB 378 viewer

WFA Percaya Merek Waralaba Indonesia Bisa Berkembang di Pasar ASEAN
Troy Franklin, COO South East Asia World Franchise Associates (WFA)

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Troy Franklin, COO South East Asia World Franchise Associates (WFA) meyakini kalau merek waralaba Indonesia memiliki peluang yang cukup besar untuk bisa berekspansi secara internasional di kawasan ASEAN bahkan juga di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara serta masuk ke pasar negara berkembang seperti India, Pakistan dan Bangladesh.

Menurut Troy, peluang ini sangat beralasan mengingat Indonesia sendiri memiliki banyak bisnis dan merek waralaba yang sangat baik. Hanya saja, karena ukuran pasar Indonesia dan faktor-faktor lain sehingga tidak semua merek waralaba Indonesia telah berkembang secara internasional.

Troy menyebut, ada beberapa merek waralaba Indonesia yang cukup dekat dengan WFA seperti Indomaret, Alfamart, Kebab Turki Baba Rafi, Es Teler 77, CFC, Quick Chicken, Air Minum Biru, Johnny Andrean, Salon Rudy, Ganesha Operation serta brand waralaba kopi seperti Excelso dan yang lainnya.

“Untuk merek waralaba Indonesia yang ingin berekspansi ke luar negeri, mereka harus terlebih dahulu memiliki model dan konsep bisnis yang sudah teruji dan terbukti di Indonesia. Pengamat waralaba bisa menjelaskan terkait hal ini, tapi WFA percaya bahwa poin yang paling penting adalah apakah mereknya menguntungkan? Apakah mereknya kompetitif? Dan terakhir, apakah pemilik dan tim manajemen dari merek tersebut berkomitmen untuk ekspansi ke luar negeri? Kalau tiga pertanyaan tersebut jawabannya ya, ya dan ya, maka merek tersebut harus memiliki sumber daya dan keyakinan yang kuat untuk mempersiapkan ekspansi ke luar negeri,” kata Troy.

Sementara untuk merek waralaba Indonesia yang telah berkembang, lanjut Troy, mereka telah memiliki pemahaman yang baik meliputi faktorfaktor sosial ekonomi dan geografis yang dapat menciptakan tantangan ketika merek tersebut tumbuh. Hal ini tentu akan berimbas juga untuk merek asing berkembang di Indonesia.

“Mereka (merek asing) dapat melakukan penelitian yang bisa membantu mereka untuk mengetahui strategi pasar mereka. Tapi yang paling baik adalah jika mereka menemukan master franchise di Indonesia yang bisa membantu menumbuhkembangkan brand mereka di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Troy, pasar Indonesia sangat menarik bagi merek ASEAN untuk berkembang. Dia menyebut, pasar Indonesia merupakan salah satu negara dengan populasi terbesar di dunia, salah satu populasi termuda dengan pertumbuhan tercepat di dunia dan salah satu pusat kota terbesar di dunia yang meliputi Jabodetabek. (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

“Beberapa tantangan terbesar untuk merek asing saat ini adalah rupiah yang melemah dan terkait dengan peraturan waralaba. Selain itu, tantangan logistik dan impor produk juga berpengaruh, tapi biasanya ukuran dan peluang pasarnya lebih besar dari tantangan-tantangan ini,” jelas Troy.

Terkait dengan strategi agar bisnis waralaba tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, Troy mengatakan, perlu dibangunnya fondasi yang kuat untuk merek-merek tersebut. Apalagi, kata dia, Indonesia adalah pasar yang kompetitif dan semakin kompetitif jika merek Indonesia ekspansi ke luar negeri.

“Untuk bisa berhasil di dalam negeri maupun di luar negeri, suatu merek membutuhkan kepemimpinan yang kuat, tim yang berkualitas, tim yang mampu dan bisa berkomitmen, fokus strategis yang luas di organisasi, selaras, menguntungkan dan menumbuhkembangkan franchisee serta tentu saja ada banyak faktor lainnya,” tutup Troy.[]


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


3 Dompet Digital Terpopuler di Indonesia, Go-Pay Masih Juaranya!

3 Dompet Digital Terpopuler di Indonesia, Go-Pay Masih Juaranya!
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan teknologi yang semakin masif telah berhasil membawa perubahan pada semua aspek di kehidupan manusia, tak terkecua...


Perhimpunan WALI Ingin Bisnis Franchise Indonesia Go Internasional

Perhimpunan WALI Ingin Bisnis Franchise Indonesia Go Internasional
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Berdiri sejak 20 tahun lalu, Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia (WALI) masih menjadi asosiasi andalan yang menjadi ruj...


Emir Pohan: Legalitas, Instrumen Keberhasilan Franchise

Emir Pohan: Legalitas, Instrumen Keberhasilan Franchise
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Hukum menjadi sesuatu yang sangat penting dalam berkehidupan di negara ini. Semua kegiatan maupun aktivitas harus mengacu pada...


WFA Percaya Merek Waralaba Indonesia Bisa Berkembang di Pasar ASEAN

WFA Percaya Merek Waralaba Indonesia Bisa Berkembang di Pasar ASEAN
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Troy Franklin, COO South East Asia World Franchise Associates (WFA) meyakini kalau merek waralaba Indonesia memiliki peluang y...