Sabtu, 02 Juli 2022

Follow us:

infobrand

infobrand

WIKA Dan PELINDO III Mulai Pengerjaan Flyover Terminal Teluk Lamong

Posted by: 07-03-2018 14:50 WIB 1470 viewer

WIKA Dan PELINDO III Mulai Pengerjaan Flyover Terminal Teluk Lamong
PT Wika

PT WIJAYA KARYA (Persero) Tbk. (“WIKA”) bersama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) (Pelindo III) resmi memulai pengerjaan pembangunan aksesibilitas darat flyover (jembatan layang) dan tapper Terminal Teluk Lamong. Proyek strategis nasional senilai Rp1,3 triliun ini dimulai dengan pemancangan pertama tiang beton yang disaksikan oleh Direktur Utama Pelindo III Ari Askhara dan Direktur WIKA Chandra Dwiputra serta manajemen kedua BUMN di Surabaya, Rabu (7/3).

Sesuai dengan kontrak yang disepakati antar kedua BUMN, WIKA dipercaya untuk membangun akses sepanjang 2 km yang akan menghubungkan Terminal Teluk Lamong dengan Tol Surabaya–Gresik melalui Jalur Lingkar Luar Barat (JLLB). Pengerjaan proyek tersebut akan berlangsung selama 365 hari kalender kerja dan dilanjutkan dengan masa pemeliharaan selama 720 hari kalender.

Pekerjaan proyek flyover (jembatan layang) akan mencakup aktivitas perencanaan Detail Engineering Design (DED) atau desain teknis secara detail hingga teknis pelaksanaan pembangunan. Dalam hal konstruksi, WIKA akan menggunakan sistem jembatan "unibridge" yakni jembatan balok beton (girder) komposit yang menggunakan pin pada setiap sambungan antar girder dengan konsep modular. Sistem ini tidak memerlukan pengencangan berkala, seperti halnya penggunaan baut pada model konvensional. Selain itu, material jembatan memiliki desain yang kompak dan ringan, serta lebih efisien dan lebih cepat dalam proses pembangunannya.

CEO Pelindo III Ari Akshara berharap dengan dibangunnya aksesibilitas darat berupa flyover dan tapper (radius untuk belokan jalan) di Terminal Teluk Lamong merupakan solusi yang ditunggu pengguna jalan karena akan lebih mempercepat pergerakan arus barang baik secara lokal maupun regional dari dan menuju pelabuhan.

“Selain itu, kemacetan di jalan raya yang biasa digunakan oleh para pengguna kendaraan roda dua akan berkurang karena langsung terhubung ke jalan tol,” imbuh Ari di Terminal Teluk Lamong.

Pada kesempatan yang sama, Direktur WIKA Chandra Dwiputra menyampaikan harapannya agar proses pengerjaan pembangunan flyover Terminal Teluk Lamong dapat berjalan lancar dan mengikuti jejak kesuksesan WIKA saat mengerjakan pembangunan container yard tahap II di tempat yang sama pada tahun 2017.

“WIKA punya pengalaman baik bekerjasama dengan Pelindo III. Semoga sinergi kedua BUMN ini dapat memberikan manfaat bagi semua pihak dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” jelas Chandra

Chandra juga menekankan penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) pada proyek flyover Teluk Lamong. Sebagai BUMN terdepan dalam membangun infrastruktur terbaik, WIKA memiliki standar K3 yang tinggi dan selalu menjadi fokus utama pada setiap pengerjaan proyeknya. Manajemen secara rutin melakukan kunjungan ke setiap proyek untuk meninjau kesiapan setiap proyek dalam menerapkan K3.

Pembangunan flyover terminal teluk lamong menambah deretan proyek pengerjaan konstruksi layang Perseroan di tahun 2018. Tercatat pengerjaan konstruksi layang yang sedang dibangun Perseroan di tahun 2018 antara lain infrastruktur Automated People Mover System (APMS) Bandara Internasional Soekarno Hatta sepanjang 3 km, Light Rail Transit (LRT) Jakarta Kelapa Gading – Velodrome sepanjang 5,8 km, Mass Rapid Transportation (MRT) Elevated sepanjang 4,7 km dan jalan tol Bogor Outer Ring Road (BORR) sepanjang 2,66 km.

 


Kirimkan Press Release berbagai kegiatan aktifitas Brand Anda ke: infobrandindonesia@gmail.com



Article Related


Perbaiki Sanitasi Lingkungan, FIFGROUP Bangun IPAL

Perbaiki Sanitasi Lingkungan, FIFGROUP Bangun IPAL
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Federal International Finance (FIFGROUP), anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, yang...


Bank DBS Indonesia Hadirkan Digital Banking untuk Nasabah Ritel korporasi dan UKM

Bank DBS Indonesia Hadirkan Digital Banking untuk Nasabah Ritel korporasi dan UKM
JAKARTA, INFOBRAND.ID - Perkembangan transformasi digital menuntut industri perbankan untuk menyediakan produk dan layanan digital yang mudah, terjang...


Gelar Virtual Run & Ride, Bluebird Dukung Program Ketahanan Pangan

Gelar Virtual Run & Ride, Bluebird Dukung Program Ketahanan Pangan
JAKARTA, INFOBRAND.ID - PT Blue Bird Tbk (Perseroan), penyedia layanan transportasi terdepan dan terpercaya di Indonesia, sukses mengajak 7.000 orang...


Promo 7.7, McDonald’s Beri Diskon 50% melalui Indodana Payleter

Promo 7.7, McDonald’s Beri Diskon 50% melalui Indodana Payleter
JAKARTA, INFOBRAND.ID - McDonald’s, restoran cepat saji terkemuka di dunia, menghadirkan promo 7.7 dengan memberikan diskon hingga 50%. Konsumen...