Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

20 Tahun, Alfamart Optimis Bisnis Minimarket Kian Melejit

Posted by: 3264 viewer

20 Tahun, Alfamart Optimis Bisnis Minimarket Kian Melejit
Alfamart di Pameran Franchise & License Expo Indonesia 2019 (Foto: Hafizh/ Franchiseglobal.com)

INFOBRAND.ID - Selama pameran Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2019, Alfamart mendulang antusiasme yang luar biasa dari para pengunjung. Alfamart menawarkan kerjasama waralaba dengan mengajak calon investor baru, tentunya selama pameran adanya promo khusus free franchise fee Rp 45 juta untuk 5 tahun ke depan.

Franchise Marketing General Manager PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Tomy Sugianto mengatakan promo yang berlaku di pameran FLEI itu juga dalam rangka menyambut ulang tahun Alfamart pada Oktober nanti yang ke 20 tahun. Taglinenya “20 Tahun Alfamart Untuk Indonesia”. Alhasil booth Alfamart mendapatkan antusiasme penuh dari pengunjung di banding pameran di tahun- tahun sebelumnya.

“2 tahun lalu pertumbuhan bisnis minimarket memang bercermin pada kondisi perekonomian Indonesia. Tahun 2017, masyarakat baru sekedar tanya - tanya karena tantangan kondisi ekonomi di depan mata, sebab ketika membuka minimarket pun belum tentu hasilnya optimal di tahun itu. Tahun 2018, investor mulai percaya diri. Tahun ini, sesuai hasil survey Nielsen meskipun di bisnis ritel kurang bagus, namun pertumbuhan di bisnis minimarket jauh di luar dugaan justru bertumbuh lebih besar,” ungkapnya di sela- sela pameran di JCC, Minggu, (15/9/2019).

IKLAN INFOBRAND.ID

Dia menjelaskan pertumbuhan bisnis minimarket itu kemudian membangkitkan kepercayaan investor untuk memulai bertanya dan banyak yang bergabung. Terbukti hingga kini Alfamart telah memiliki gerai sebanyak 13.950 yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan diyakininya di bulan ini dapat mencapai 14 ribu gerai.

“Dari total jumlah gerai itu kurang lebih 26% nya merupakan milik franchisee atau masyarakat,” ujarnya.

Tomy menilai pertumbuhan ini juga dipengaruhi oleh perubahan model belanja masyarakat dari bulanan menjadi mingguan. Di mana pada saat ini orang lebih berhati- hati dalam spending moneynya, bahkan enggan untuk menumpuk barang belanjaan. “Artinya yang biasa belanja sebulan misal bisa habis Rp 2 juta ke supermarket, kini beralih belanja mingguan Rp 500 ribu ke minimarket.”

Bagi anda yang berminat di bisnis minimarket, Alfamart menawarkan investasi sebesar Rp 400- 500 juta di luar biaya property. Dana tersebut nantinya dikembalikan kepada investor dalam bentuk renovasi electrical, pembelian asset pendukung (AC, Rak, Genset dan lain- lain), surat perizinan, dan support barang dagang 100% dari Alfamart, artinya investor tidak perlu lagi membayar sepeserpun guna membeli barang dagang.

“Jadi nanti yang di dapatkan franchisee adalah Surplus Kas. Surplus Kas ini merupakan keuntungan yang sebelumnya telah dikurangi dengan biaya operasional seperti biaya beli barang dagangan, biaya royalty, biaya upah karyawan, biaya listrik dsb. Pengelolaan keuangan pun di kuasakan kepada kami sehingga franchisee benar-benar mendapatkan keleluasaan. Keuntungan di bisnis bukan hanya laba tetapi juga keleluasaan waktu yang dimiliki investor karena bisnis ini auto pilot,” terangnya.

IKLAN INFOBRAND.ID

20 tahun Alfamart hadir, artinya Alfamart berkomitmen untuk terus melayani masyarakat Indonesia dan juga berkontribusi bagi negara dalam bentuk penyerapan tenaga kerja. Tentunya harapan Alfamart dapat disupport oleh pemerintah melalui peraturan- peraturan yang memudahkan, sebab usaha ini bukan milik Alfamart semata melainkan milik masyarakat luas.

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen

Gelar RUPST, Astragraphia Tetapkan Pembagian Dividen 45 Persen
INFOBRAND.ID, JAKARTA – PT Astra Graphia Tbk (Astragraphia) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Catur Dharma Hall, Menara...


Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI

Public Relations Harus Mampu Beradaptasi dengan Perkembangan AI
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Di era digital seperti sekarang ini, insan kehumasan (public relations) harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi...


Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan

Indodana Finance-BCA Kerja Sama Pembiayaan
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Perusahaan pembiayaan PT Indodana Multi Finance (Indodana Finance) bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dalam ra...


Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda

Hadir dengan Harga Variatif, realme 12 Series 5G Pas Buat Anak Muda
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Momentum akhir bulan menjadi kesempatan terbaik bagi para anak muda untuk beralih ke smartphone baru, terlebih jika smartphone...