Rabu, 24 April 2024

Follow us:

infobrand
10th INFOBRAND

3 Hal yang Perlu Disiapkan Agar Dana Pendidikan Anak Tidak Jadi Masalah

Posted by: 794 viewer

3 Hal yang Perlu Disiapkan Agar Dana Pendidikan Anak Tidak Jadi Masalah
BAF DS Dana Pendidikan

INFOBRAND.ID-Dana Pendidikan anak menjadi salah satu anggaran masa depan yang perlu disiapkan sedini mungkin. Bukan tanpa alasan, faktanya uang sekolah cenderung naik dari tahun ke tahun.

Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), rata-rata kenaikan biaya pendidikan mencapai 10-15 persen per tahunnya. Belum lagi inflasi dari sektor pendidikan di Indonesia yang jumlahnya mencapai 3,81 persen.

Hal ini tentu menjadi kekhawatiran bagi orang tua –terutama saat anak-anaknya sudah menginjak usia sekolah. Untuk itu, penting memastikan dana pendidikan anak selalu cukup. Sebab, tanpa persiapan yang matang, masa depan anak bisa jadi dapat terancam.

IKLAN INFOBRAND.ID

Sebagai orang tua, ada beberapa strategi yang bisa dilakukan. Apa saja?

 

3 Strategi Siapkan Dana Pendidikan Anak

 

1. Siapkan sedini mungkin, bila perlu setelah menikah

Tak ada salahnya menyiapkan dana sekolah dan pendidikan anak sejak awal menikah. Anda bisa menyiapkan dengan berbagai cara, mulai dari menabung atau melalui instrumen investasi lainnya.

Hitung perkiraan biaya pendidikan anak dengan memperhatikan inflasi atau kenaikan harganya secara berkala. Dengan begitu, Anda juga mempunyai nominal pasti dalam mengumpulkan dana pendidikan anak.

IKLAN INFOBRAND.ID

2. Alokasikan penghasilan bulanan 10-20 persen untuk dana pendidikan anak

Dilansir Forbes, dana pendidikan anak cenderung dua kali lebih tinggi mengalami inflasi daripada barang-barang lain. Meski begitu, mengumpulkan tabungan ini sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan finansial orang tua.

Agar tidak terlalu berat, Anda dapat mengalokasikan 10-20 persen penghasilan untuk mengumpulkannya. Jangan lupa untuk mengumpulkannya secara bertahap, sebab perencanaan finansial yang matang akan mencapai tujuan yang lebih optimal di kemudian hari.

 

3. Manfaatkan dana tambahan

Ada beberapa situasi yang membuat orang tua memerlukan biaya pendidikan anak lebih dari perkiraan. Bila dihadapkan pada situasi ini, Anda bisa memanfaatkan dana tambahan dari sumber lain. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan BAF Dana Syariah.

BAF Dana Syariah merupakan produk dari BAF yang memberikan fasilitas pembiayaan dengan memanfaatkan BPKB kendaraan, baik itu mobil atau motor. Dengan menggunakan akad syariah yaitu Ba'i wal Ijarah Muntahiya Bit Tamlik (akad jual dan sewa balik), Anda bisa menggunakannya untuk dana pendidikan anak.

IKLAN INFOBRAND.ID

Untuk nominal yang diberikan tidak tanggung-tanggung lho, Anda bisa mendapatkan sampai dengan Rp 30 juta untuk jaminan menggunakan BPKB motor dan plafon hingga 90 persen dari harga mobil untuk jaminan menggunakan BPKB mobil.

Bayangkan saja, Anda bisa membayar segala kebutuhan maupun perlengkapan anak sekolah dengan dana tersebut. Jadi tidak perlu pusing lagi, kan?

Selain dapat dipergunakan untuk mempersiapkan dana pendidikan anak, BAF Dana Syariah juga bisa Anda manfaatkan untuk modal usaha, tambahan biaya pernikahan, biaya melahirkan, kebutuhan medical check-up hingga anggaran traveling.

Anda juga bisa lho upgrade skill dengan memanfaatkan pembiayaan dari BAF Dana Syariah. Ada pun tenor dari produk BAF Dana Syariah, yaitu maksimal 48 bulan.

Informasi lengkap mengenai BAF Dana Syariah bisa ditemukan di sini. Anda juga dapat berkunjung langsung ke Kantor Jaringan BAF terdekat atau mengajukan melalui agen BAF Dana Syariah, XTRA BAF.

IKLAN INFOBRAND.ID

Tak perlu khawatir, PT Bussan Auto Finance telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Jadi, Anda tak perlu ragu untuk #CicilAjadiBAF agar segala persiapan dana pendidikan anak bisa lebih ringan.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi layanan konsumen BAF Care di 1500750 atau melalui WhatsApp resmi BAF di nomor 0811-801-8873. Jangan lupa download aplikasi BAF Mobile di Google Playstore dan App Store ya!

 

Baca berita lainnya di Google News


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV

Article Related


Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia

Pendiri Puteri Indonesia, Mooryati Soedibyo Tutup Usia
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Pendiri Yayasan Puteri Indonesia, politisi, serta tokoh jamu tradisional, Mooryati Soedibyo Rabu (24/4/2024) ini meninggal dun...


Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas

Bergabungnya Tiktok-Tokopedia akan Membuka Pasar UMKM Lebih Luas
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Edy Misero menyatakan, bergabungnya dua perusahaan raksasa, Tiktok dan...


Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen

Hari Bumi 2024, Blibli Gandeng EcoTouch kelola Limbah Fesyen
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Blibli menggandeng EcoTouch untuk mengelola limbah fashion melalui Fashion Take Back Program pada 22 April - 3 Mei 2024 untuk...


Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën

Kenalan dengan C3 Aircross Yuk, SUV 7-Seater Terbaru dari Citroën
INFOBRAND.ID, JAKARTA - Citroën Indonesia hari telah meluncurkan mobil SUV 7-seater terbaru yakni Citroën C3 Aircross SUV, menyusul penampil...