JAKARTA, INFOBRAND.ID - PPKM Darurat yang kini diberlakukan hingga 2 Agustus 2021 di wilayah Jawa-Bali mendorong masyarakat lebih banyak beraktivitas dari rumah, termasuk dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Belanja online pun semakin menjadi andalan.
“Selama tiga minggu pertama masa PPKM Darurat berlangsung, kategori Kesehatan, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga merupakan tiga kategori di Tokopedia dengan lonjakan penjualan paling signifikan,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.
Pada kategori kesehatan umumnya banyak masyarakat yang mencari obat-obatan atau vitamin guna menambah imun di masa covid fase kedua ini agar daya tahan tubuh lebih kuat dan sehat, sedangkan makanan dan minuman sebagai penghilang rasa stress saat masyarakat harus beraktivitas di rumah saja. Dengan cemilan dan minuman segar bisa membuat pikiran kembali fresh meski tidak bepergian.
Selanjutnya, alat rumah tangga juga berfungsi sebagai penambah aktivitas yang bisa dilakukan dirumah saja, seperti bercocok tanam, memasak, membersihkan kamar atau rumah sekalipun supaya lebih aman untuk anggota keluarga. Oleh karena itu, Tokopedia selalu berdedikasikan diri untuk selalu bisa memenuhi permintaan masyarakat bahkan di saat masa sulit seperti ini sekalipun.
Untuk produk kesehatan seperti oximeter, vitamin dan masker menjadi produk yang paling banyak diburu masyarakat lewat Tokopedia selama 3 minggu pertama PPKM Darurat berlangsung. Hal itu diterangkan oleh Ekhel. “Masyarakat bisa mengunjungi ‘Tokopedia Peduli Sehat’ untuk mendapatkan produk kesehatan pilihan yang sudah terkurasi dengan deretan kemudahan lainnya, termasuk diskon hingga 90%,”
Selanjutnya, selama masa PPKM Darurat berlangsung, produk kopi, paket dan parsel makanan, serta bumbu dan bahan makanan merupakan beberapa produk di kategori Makanan dan Minuman di Tokopedia yang paling banyak diburu masyarakat. Masyarakat pun bisa menemukan beragam pilihan makanan dan minuman dari para pegiat usaha, khususnya UMKM lokal makanan dan minuman, melalui ‘Tokopedia NYAM!’.
“Di sisi lain, pada kategori Rumah Tangga, produk-produk yang paling populer di antaranya handuk, bantal tidur, serta cairan desinfektan,” ujar Ekhel.
Kesadaran masyarakat akan proteksi kesehatan di rumah pun terus meningkat. Hal ini terlihat dari cairan desinfektan yang semakin banyak diburu oleh masyarakat. Mulai dari kemasan botol kecil yang mudah dibawa-bawa, hingga cairan desinfektan refill dalam kemasan besar.